alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rakornas KAHMI Ricuh Setelah Wapres JK Tinggalkan Lokasi
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf97591de2cf2e2448b4567/rakornas-kahmi-ricuh-setelah-wapres-jk-tinggalkan-lokasi

Rakornas KAHMI Ricuh Setelah Wapres JK Tinggalkan Lokasi

Rakornas KAHMI Ricuh Setelah Wapres JK Tinggalkan Lokasi

Sabtu, 24 November 2018 | 20:18 WIB


Rakornas KAHMI Ricuh Setelah Wapres JK Tinggalkan Lokasi



VIVA – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Provinsi Jambi yang diselenggarakan di salah satu hotel di kawasan Pasar, Kota Jambi, Sabtu, 24 November 2018, berlangsung ricuh.

Kericuhan terjadi usai Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninggalkan gedung tempat diselenggarakannya acara.

Diduga, kericuhan terjadi akibat buntut dari seorang pembawa acara (MC) bernama Nani yang diketahui dari Protokol Pemerintah Provinsi Jambi (Pemprov Jambi), melakukan beberapa kesalahan yang dinilai fatal bagi para alumni dan kader HMI.

Tidak hanya sekali, peserta KAHMI menilai dua kesalahan sangat fatal di mata keluarga besar KAHMI yang datang dari Sabang sampai Merauke.

Menurut salah satu panitia, Muhammad Suaib, puncak kesalahan MC, saat MC salah dalam mengucapkan salam penutup yang membuat kericuhan nyaris terjadi.

Suara gaduh dan menyoraki keluar dari seluruh peserta Rakornas. Bahkan ada pria yang memaki-maki MC, karena dianggap menodai acara Rakornas.

"Kesalahan MC yang pertama, yakni salah mengucapkan akronim dari nama HMI. MC menyebut HMI, yaitu Himpunan Mahasiswa Indonesia, padahal sebenarnya Himpunan Mahasiswa Islam," katanya Sabtu malam, 24 November 2018.

Mulanya, keluarga besar HMI yang hadir mentolerir kesalahan tersebut. Namun, yang membuat kesalahan MC dianggap fatal dan menimbulkan reaksi berontak oleh para peserta hingga nyaris ricuh, yaitu saat MC melafalkan salam penutup.

"MC melafalkan salam penutup yang merupakan ciri khas organisasi PMII dengan lafal “Allahummafik Illaakhwamitorik dan seterusnya. Menurut kami itu kesalahan fatal bagi ciri khas HMI," ujar Suaib kepada VIVA di tempat Acara Rakornas KAHMI.

Sedangkan salam penutup yang biasa di organisasi KAHMI, ungkapnya, yakni "wabillahhi taufiq wal hidayah dan seterusnya. Atas kesalahan tersebut, pihaknya menuntut pihak Pemprov Jambi atau MC meminta maaf kepada pihak KAHMI.

"Kita cari solusi terbaiklah. Ya baiknya yang bersangkutan meminta maaf kepada KAHMI," kata Suaib.


https://www.viva.co.id/berita/nasion...ggalkan-lokasi






Cuman karena Salam Penutup jadi Rusuh.... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Padahal Salam Penutupnya sama2 pakek Bahasa Arap... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka




Rakornas KAHMI Ricuh Setelah Wapres JK Tinggalkan Lokasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Ini Kisah Salam Khas NU ‘Wallahul Muwafiq’ yang Bikin Geger Rakornas KAHMI
24 November 2018



JAMBI | duta.co – Ada kabar lucu di media online Sabtu (24/11/2018) sore ini. Kabarnya acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Majelis Nasional (MN) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) I di ACC Jambi, Sabtu (24/11), oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, diwarnai keributan.

Keributan terjadi saat pembawa acara menutup acara pembukaan. Saat itu, pembawa acara mengucapkan Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq, sebuah salam khas warga NU.

Lebih lucu lagi, kalimat pembawa acara tersebut diprotes peserta Rakornas, karena identik dengan Ormas lain (NU red.). Sementara, HMI sudah biasa mengucapkan kalimat penutup Billahi Taufiq Wal Hidayah.

“Pembawa acara mengucapkan Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq yang digunakan organisasi lain,” sebut Firman, salah seorang peserta Rakornas seperti dikutip metrojambi.com.


Saat ini pihak MC diminta mengklarifikasi kalimat salah ucap tersebut, dan meminta maaf kepada peserta Rakornas KAHMI. “Kami minta agar MC meminta maaf secara terbuka, kami yakin ini sudah disusupi,” ujar pengurus KAHMI di depan mikrophon.

Billahi Taufiq Wal Hidayah Juga Punya NU

Kisah salam khas ini pernah menjadi guyonan dalam acara peringatan hari lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke-46 . Sejumlah tokoh nasional, Angkatan ’66 dan ratusan kader PMII hadir dalam acara yang digelar di Hotel Acacia, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Gus Dur, dalam sambutannya, menegaskan tentang komitmen keindonesiaan dan kebangsaan dengan cara mengawal terus Indonesia dengan Islam ala Indonesia.

Setelah berbicara panjang lebar, Gus Dur bermaksud menutup pidatonya dengan ucapan “wabillahi taufiq wal hidayah“, tetapi tiba-tiba Gus Dur diam sejenak. “Saya kok mau salah menyampaikan salam penutup, harusnya kan yang khas NU,” jelas cucu pendiri NU ini.

“Dulu ulama-ulama NU, sepakat menggunakan wabillahi taufiq wal hidayah untuk ucapan penutup acara nahdlyiin (warga NU,red) wajib mengikuti. Tapi setelah musim kampanye pemilu tahun 70-an, Golkar memakai ucapan itu untuk menutup setiap pidato kampanyenya,” ungkap Gus Dur.

Nah setelah itu, lanjut Gus Dur, para ulama NU sepakat menggantinya dengan yang lain. Muncul ide agar diganti dengan “wallohul Muwafiq ila aqwamith Thariq” dari seorang Kiai kharismatik asal Magelang lalu dipakailah hingga kini.

“Jadi Golkar minjem “wabillahi taufiq wal hidayah” dari NU dan sampai sekarang belum dikembalikan,” kata gusdur diiringi gelak tawa hadirin.

“Untuk itu saya akhiri dengan wallohul Muwafiq ila aqwamith Thariq,” begitu Gus Dur menyudahi acara.

Kalimat khas itu juga menjadi penutup dalam surat-menyurat khas warga NU, sebelum salam penutupan. Arti harfiahnya: “Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya.” Istilah ini diciptakan oleh KH Ahmad Abdul Hamid dari Kendal, Jawa Tengah.

Sebelum menciptakan kalimat Wallahul muwaffiq ila aqwamit-tharieq, Kiai Ahmad telah menciptakan istilah Billahit taufiq wal-hidayah. Namun karena Billahit taufiq wal hidayah kemudian digunakan oleh hampir semua kalangan umat Islam, maka ia merasa kekhasan untuk orang NU tidak ada lagi.

Untuk itu ia menciptakan istilah baru, Wallahul muwaffiq ila aqwamit tharieq yang dirasakan cukup sulit ditirukan oleh orang non-NU. Jadi Billahi Taufiq Wal Hidayah itu juga karya kiai NU.

KH Ahmad Abdul Hamid adalah salah satu ulama kharismatik di Jawa Tengah. Ia merupakan pengasuh Pondok Pesantren al-Hidayah dan Imam Masjid Besar Kendal. Karena peran dan ketokohannya, masyarakat Kendal menyebutnya sebagai “Bapak Kabupaten Kendal”.

Kiprah Kiai Ahmad, demikian panggilannya sehari-hari, di lingkungan NU dimulai dari tingkat daerah sampai PBNU. Beberapa posisi penting di NU yang pernah didudukinya adalah Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Kendal, Wakil Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah, Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah (dengan Katib KH Sahal Mahfudz), dan terakhir sebagai Mustasyar PBNU.

Ia juga tercatat sebagai distributor majalah Berita NO, yang terbit tahun 1930an. Dalam sebuah tulisan, Kiai Sahal Mahfudz menyebutkan bahwa Kiai Ahmad menyimpan dokumen-dokumen majalah NU seperti Buletin LINO (Lailatul Ijtima’ Nadhlatoel Oelama).

Kiai Ahmad termasuk sangat produktif menulis dan menerjemahkan kitab-kitab. Kitab-kitabnya umumnya ditulis dalam bahasa Jawa dengan tulisan Arab Pegon. Salah satu tulisannya yang cukup fenomenal adalah terjemahan Qanun Asasi Hadlratus Syech KH Hasyim Asy’ari yang ia terjemahkan atas permintaan Sekretaris Jenderal PBNU Prof KH Saifudin Zuhri.

Terjemahan tersebut telah dimulai oleh KH Mahfud Sidiq, tetapi tidak selesai sehingga PBNU meminta Kiai Ahmad untuk menyelesaikannya. Terjemahan itu oleh Kiai Ahmad dinamakan Ihyau Amalil Fudlala’ Fi Tarjamati Muqaddimatil Qanunil Asasi li-Jam’iyati Nahdlatil Ulama. KH Ahmad Abdul Hamid wafat pada 14 Februari 1998 bertepatan dengan 16 Syawal 1418 H. (Sumber: nuo, ensiklopedi NU)


https://duta.co/ini-kisah-salam-khas...akornas-kahmi/


Diubah oleh anying.kau
mendekati akhir tahun anggaran mesti banyak pertemuan dihotel yah?
Cuma karena salam dalam bahasa arab yg dikultuskan sebagai sebuah identitas semu. Ohbiya lupa inikan HMI emoticon-Ngaciremoticon-Angkat Beer
Ga ngerti juga, yg punya acara siapa panitia nya? Kok bisa MC ditunjuk bukan oleh panitia dan bikin blunder?
bukti ka(h)mi itu militan dan apapun bisa ka(h)mi jadikan sebab untuk bertempur. ka(h)mi haus pertempuran demi darah yang halal meski cinta damai.
Diubah oleh kingoftki
Rakornas KAHMI Ricuh Setelah Wapres JK Tinggalkan Lokasi

emoticon-Peace
emang artinya menjijikan bgt ya sampe ngamuk2 kaya gitu emoticon-Bingung




penistaan salam bukan nih emoticon-Leh Uga
Lafur fulisi emoticon-Smilie
Quote:
cm masalah salam, knp bs ampe kebakaran jenglot gitu ? emoticon-Bingung
beda salam penutup ricuh? emoticon-Gila
saya suka ini emoticon-Shakehand2
goblog... itu sdh... emoticon-Angkat Beer

diketawain umat agama lain tuh...! Tanpa di adu domba pun umat muslim, bisa pecah sndiri.. Jika tdk disrtai RASIONAL dalam berfikir... emoticon-shakehand
kedua kalimat itu artinya apa ya? emoticon-Hammer2
ribet amat hidup lu
Tai lah.... cuman salah ucap salam penutup doang udah jerit2 kayak jembut ketarik aja... pler!
Quote:


mank udan takdirnya kali bre agama sendiri ternodai dgn penganutnya sendiri........angkuh dan sombong penyebabnya karna merasa mayoritasemoticon-Hansip
Makruf mana makruf emoticon-Kemana TSnya?
Organisasi mahasiswa berbasis agama kok bawaaanya emosional..

bukanya agama itu membawa ketenangan kebaikan dan kesabaran
emoticon-Bingung
Diubah oleh ontapesek
Mahasiswa pekok

Yang diributin malah yang ga penting

Udah jadi penyakit turunan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di