alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Jalan Keluar Jika Pacar Beda Keyakinan :'(
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf974c8902cfe77678b457f/jalan-keluar-jika-pacar-beda-keyakinan

Jalan Keluar Jika Pacar Beda Keyakinan :'(

Selamat pagi. Gan. Sist. Yang cantik dan ganteng2...

Lansung aja...

Ane akan buat thread ini se simpel mungkin...

Ane 23 thn. ( cwok )
Pacar ane 21 thn ( cwek )

Ane ngejalanin hub ane skrg jalan 1 tahun 1 bulan..

Ane dan dia berbeda keyakinan emoticon-Mewek

Ane nasrani dan dia muslim..

Dr awal pacaran kita ud ngomongin hub kita bakalan di bawa kemana.. dan masing2 tau akan ada bom waktu dimana kita harus memutuskan siapa yg mengalah..

Tetapi...

kita memilih untuk saling memegang komitmen utk jalanin dulu aja dan berharap Tuhan buka jalan yg terbaik untuk kita berdua..

Tahun depan kita uda sda rencana buat nyicil rumah dan bnr bnr ingin ke jenjang yg selanjut nya.. tapi belum ada omongan ttg kelanjutan perbedaan kita..

Jujur ane bukan org yg fanatik atw radikal trhadap agama ane dan sebaliknya cewe ane juga begitu..
Tapi masing2 Orang tua kita ingin salah satu dr kita yg mengalah.. entar dr pihak cewe dan ane..
Menurut ane Tuhan cuma satu dan agama itu banyak.. so mnurut ane itu semua sama aja.. CMIIW

Ane bener bener sayang gan ama cewe ane.. ane rasa ini jodoh ane. Dan banyak yg bilang kalo cewe ane jodoh ane..

Yang ane mau tanya dan minta saran buat kalian..

1. Apa yg harus ane lakukan

2. Bagaimana cara ngomong ke org tua ane jika seandainya ane yg ikut cewe ane.

3. Resiko apa yg ane atau cewek ane terima jika ada yg mengalah



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Temen ane ada yg udah pacaran 7 taun dan mereka beda agama..
Dia sendiri jg bingung kedepannya bakal gmn..
Tp kalau menurut pendapat pribadi ane sih, beda agama kyknya berat buat dihadepin.. Anggep aja salah satu dr kalian ada yg mau ngalah, tp tetep aja itu bakal jadi bom waktu suatu saat nanti, terlebih kalau sdh berumah tangga dan ada masalah, bukan tak mungkin masalah "ngalah" ini bakal diungkit2 lg..
Lha wong yg dr awal agamanya sama aja sering beda pendapat, apalagi beda..

IMHO
Nyimak aja ane gan emoticon-Mewek

Kita berada di situasi yang sama
Quote:


Iya gan.. jika ada yg ngalah pasti jika ada cekcok pasti ada yg ungkit.. tp gimana yah ane uda bener2 terlanjur sayang..
Hmm. Makasih saran dan masukannya
Quote:


Agan tau pasti rasanya gimana emoticon-Mewek
1. lupa dg komitmen ya? jalani dulu aja emoticon-Embarrassment
2. ngomong ya ngomong. piye sih? emoticon-Bingung (S)
3. mungkin banyak yg menentang, tdk suka, tdk setuju, mempersulit, dan berakhir mengucilkan. mungkin emoticon-Thinking
1. cari yg seiman.
2. paling kamu gak dianggap anak.
3. salah satu dari kalian bakal dikucilin ama keluarga besar. dan keluarga kalian bakal marah besar.
Susah klo keluarga besar belom ada contoh nikah beda agama.
Di keluargaku sendiri udah banyaaaaaak yg nikah beda agama. Kebanyakan sih ga convert...masih agama masing2.
Sepupuku ada yg istrinya masuk kristen, pdhl keluarga istrinya termasuk agamis...ya istri sepupuku ini dikucilkan. Ga diterima keluarga besarnya lagi. Skrg anaknya udah SD....yg luluh baru ibu mertua...mau main ama anaknya yg kristen, cina lagi emoticon-Big Grin
Kakak laki2ku juga pindah islam...keluargaku awalnya ga suka tapi ya mau gmn lagi kan udah pilihan dia.
Mending kamu obrolin ke ortu dulu deh....liat2 ortu gmn reaksinya klo kamu pindah agama. Toh tetep jadi anak mrk kan. Yakinkan aja klo ga ada yg berubah. Cuma agama aja.
Ane juga nikah ma suami beda agama....tapi ya itu tadi...keluarga besar ane rata2 beda agama. Jd we got no problem moving on to marriage level emoticon-Big Grin
Oiya nambahin....sebelum ma suami. Ane pacaran ma co muslim...5 taon. Tpi ga lanjut krn keluarga dia muslim garis keras. Aku diminta nikah src islam tpi gpp klo mo tetep katolik...tpi klo hari raya sholat ied rame2 ya biar keluarga gatau klo masih katolik...lucu kan hehe
Ya...akhirnya i decided to let him go. Even i still love him so. Tapi klo sampe disuruh bohong ke semua kaya gtu jelas ane gamau.
Quote:

tergantung keluarga ya..
Misal ente ikut cewek ente. Pastinya cewek ente akan bangga, dan lagi kalo liat ente gak patah semangat buat belajar agama, meski dikit dikit. Cewek ente, san bahkan
Keluarga cewek ente akan bangga juga.
Kalo di sisi ente, yaa kerenggangan dengan anggota keluarga ente mungkin kalo gak setuju ente pindah agama. Yaa anak cewek yaa pasti bakal butuh ibunya disaat saat kritis, seperti mengandung, melahirkan. Dan lainnya. Kebanyakan akan dekat dengan ibunya, i mean, kalo minta tolong gak sungkan..
Kalo ke ibu ente kan masih ada rasa sungkan, gitu bree.
cari seiman aja
Quote:


Makasih ka.. klo dari bokap ane dia bebas sih sist kasih pilihan ke ane , asal ane bahagia. Tp dr nyokap pernah ada omongan kalo bisa cari yg seiman..
Memang musti mantepin hati yah ane buat ngambil keputusan nya..
Quote:



Bener sih bre.. ane ud ada pandangan kalo misal dia yg ikut ane pasti keluarga nya utk sementara wktu akan shock dn mengucilkan dia...

Tapi gan.. emoticon-Frown kita punya prinsip yg ngejalanin hub kan kita bukan ortu kita..
Quote:



Iya.. tapi terkadang ada beberapa waktu keinget akan masalah ini .. hahah
Quote:


Sampai mati pun masih akan ada timbal balik gan. Saling membutuhkan.
Manusia kodratnya mahluk sosiaal.
Emang bener bukan ortu yg ngejalani, .
Dan itu sebuah ke egoisan kalo menurut ane.
Akan menjadi bom waktu kedepannya, seperti yang sudah sudahemoticon-Turut Berduka
Ga menyarankan lanjut karena konfliknya sangat banyak. Terlebih kalau diri sendiri dan pasangan hidup dengan prinsip agamanya.

Lawan jenis yang seiman, baik, single masih sangat banyak. Jadi masih banyak pilihan.
Ane jawab yg nomer 2 saja. Ngomong saja apa adanya kan katamu ortu pengen salah 1 yg mengalah siapapun itu.
Gimana kalo dua2nya pindah ke agama yang sama.. misal budha
Quote:




Boleh juga ente emoticon-Ngakak

Fair enough emoticon-Recommended Seller


Ya gausah bingung. Sebetulnya yg ngeributin soal beda agama itu orgtua/sodara2/masyarakat kan?

Pelakunya sendiri biasanya santai aja. Mrk akan blg: Loh saya yg cinta dan memilih pasangan, kok anda yg ribet? Apa jika seagama anda bisa memastikan akan LEBIH BAIK drpd yg beda agama?
Atau: "saya sudah pernah mencoba berkali2 menjalin hub.dg yg seagama dan selalu kandas. Masa saya tdk boleh mencoba menjalin dg yg beda?"

Nanti kl pny anak ya sm2 ajarin kebaikan kedua agama, apapun yg dipilih juga baru nanti dicantumin waktu pembuatan KTP si anak itu sendiri kan? (lgpl kyny cm di negara ini yg ID nya ada agama, cmiiw).

Jadi kamu dan pasanganmu punya 18 tahun utk mengajarkan dan membiarkan anak2mu memilih.

-stay powerful, stay humble-
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di