alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikat Tanah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf94de99252334f328b4570/pemberdayaan-masyarakat-melalui-sertifikat-tanah

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikat Tanah

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikat Tanah

JPP, LAMPNG TENGAH – Mengawali acara penyerahan sertifikat tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengadakan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui sertifikat tanah secara langsung kepada 1.300 masyarakat penerima sertifikat di Gedung Lapangan Tenis Indoor Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (23/11/2018).

Pemberdayaan Masyarakat melalui sertifikat tanah merupakan bentuk dukungan Kementerian ATR/BPN dalam membantu pelaku usaha kecil menengah untuk memanfaatkan sertifikat tanah yang dimilikinya sehingga memperoleh akses pembiayaan dari Lembaga Keuangan/Bank dengan cara diagunkan.

Hal tersebut telah dirasakan oleh beberapa pelaku usaha yang menceritakan kisah suksesnya saat menjadi narasumber pada sosialisasi pemberdayaan masyarakat tersebut.

Ahmad (37), seorang pengusaha keripik dari Bandar Lampung mengatakan bahwa dulu ia merintis usaha kecil dengan kios yang masih sewa. Ia merasakan bahwa usaha di tempat sewa itu tidak enak rasanya, di mana sudah bertahun-tahun berjualan tetapi tetap harus mengeluarkan uang untuk sewa kios.

"Meskipun usaha tapi tetap tidak tenang," ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad bercerita bahwa kios yang ditempatinya tersebut akan dijual, lantas ia dan istri menjadi bingung harus pindah kemana, padahal usahanya sudah maju di tempat itu.

"Akhirnya saya berkonsultasi dengan teman saya pegawai Bank BRI, kemudian teman saya menyarankan untuk membeli kios itu menggunakan uang dari Bank dengan agunan sertifikat," ujar Ahmad.

Ahmad pun bersyukur dengan mengagunkan sertifikat saat ini ia sudah punya kios sendiri. "Saya berterima kasih juga terhadap BPN sehingga usaha saya jadi bisa meningkat dan saya tenang berwirausaha tanpa harus membayar sewa kios lagi,” tuturnya.

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga melakukan pendampingan kepada pelaku-pelaku usaha kecil melalui kerja sama dengan dinas terkait memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan dan lainnya.

Hal tersebut telah dirasakan oleh Alisah, pengusaha Kerajinan Kain Tapis asal Metro Lampung. Alisah mengaku bahwa usahanya sangat didukung oleh BPN setempat dengan diberikan pelatihan.

“Saya berawal dari tahun 2012 dahulu semuanya menyulam sendiri, sekarang dibantu dengan BPN, Dinas Koperasi, dan Dinas Sosial, dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan sehingga usaha kami dapat berkembang,” ujarnya.

“Dengan adanya program-program dari BPN yang mengadakan program pemberdayaan atas Pemberian Sertifikat Tanah, pihak BPN Metro Lampung sering datang kepada kami, membeli, dan ikut memasarkan melalui pameran. Sehingga menambah semangat kami pelaku UKM untuk dapat berkembang lagi,” tambah Alisah.

Kendati demikian, pada kesempatan tersebut Presiden tetap mengingatkan untuk menghitung dan mengalkulasi terlebih dahulu sebelum mengagunkan sertifikat ke Bank.

“Saya ingatkan, kalau mau diagunkan ke Bank silakan, tapi ingat dikalkulasi dulu, dihitung dulu, kalau tidak bisa jangan dipaksakan, apalagi uang agunannya digunakan untuk beli mobil atau beli motor, ini gak bener. Paling-paling kalau dapat pinjaman 300 juta terus 150 jutanya untuk beli mobil, paling-paling gagahnya 6 bulan, setelah itu mobilnya diangkut sama dealer, sertifikatnya disita sama Bank, tanahnya hilang," pesan Presiden. (atr)


Sumber : https://jpp.go.id/46-umkm/327732-pem...rtifikat-tanah

---

Kumpulan Berita Terkait UKM :

- Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikat Tanah Masuk Pembangunan SDM, Presiden Minta Kurikulum SMK Dirombak Besar-Besaran

- Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikat Tanah Respons Perubahan Global, Presiden: Anak-Anak Muda Tak Perlu Takut Bersaing

- Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sertifikat Tanah Diikuti 2.000 Pelajar, Presiden Hadiri Pembukaan Muktamar XXI IPM

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di