alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Sebut Ada Desa Punya Pendapatan hingga Rp14 Miliar per Tahun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf949a5a09a39462f8b4568/jokowi-sebut-ada-desa-punya-pendapatan-hingga-rp14-miliar-per-tahun

Jokowi Sebut Ada Desa Punya Pendapatan hingga Rp14 Miliar per Tahun

Jokowi Sebut Ada Desa Punya Pendapatan hingga Rp14 Miliar per Tahun
Presiden Jokowi Dorong Pemberdayaan Ekonomi Dan Inovasi Desa

Presiden Joko Widodo menghadiri acara Sarasehan Pengelolaan Dana Desa se-Jawa Tengah Tahun 2018 di Gedung Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP), Kota Semarang, Kamis (22/11/18) lalu.

Dari program dana desa tersebut, telah terbangun 123.000 kilometer jalan di pedesaan di seluruh Indonesia. Ia juga menyampaikan bahwa sebanyak 11.500 posyandu juga telah dibangun melalui pemanfaatan dana desa.

“Ada 18.000 PAUD yang telah dibangun dari dana desa. Ada 6.500 pasar desa yang telah dibangun. Kemudian jembatan 791.000 meter, 28.000 unit irigasi, 1.900 embung, dan 26.700 kegiatan di BUMDes,” imbuh Kepala Negara.

Kepala Negara mengatakan, sejumlah infrastruktur desa yang terbangun tersebut mengindikasikan bahwa program dana desa yang digaungkan pemerintah selama empat tahun terakhir memiliki hasil konkret dalam pembangunan infrastruktur atau kebutuhan desa.

Presiden mengatakan setelah empat tahun berjalan, dana desa diharapkan dapat mulai menyentuh kepada pemberdayaan ekonomi dan inovasi desa. Beliau juga menambahkan salah satu contohnya ialah transformasi suatu desa menjadi desa wisata yang memanfaatkan potensi yang ada.

“Saya melihat banyak sekali sekarang desa-desa yang menjadi desa wisata. Ada yang income per tahunnya sudah Rp14 miliar. Ada yang income per tahun sudah Rp4 miliar. Hal-hal seperti ini yang harus dicontoh oleh desa yang lain dengan format mungkin yang berbeda,” kata Presiden.

Tak lupa Presiden menyampaikan agar implementasi program inovasi desa juga diharapkan meliputi pengembangan ekonomi lokal melalui kewirausahaan dengan memanfaatkan sumber daya yang sudah ada. Presiden berharap agar desa-desa dapat mulai berpikir untuk meningkatkan nilai tambah bagi suatu produk andalan desa dengan mengubahnya kepada barang jadi yang dikemas dengan baik.

“Misalnya di desa ada banyak kebun kopi yang dulunya dijual mentahan dalam bentuk masih hijau sekarang dijual dalam bentuk barang jadi dengan kemasan yang baik, diberi nama yang baik. Kalau tidak bisa barang jadi ya ke barang setengah jadi,” tuturnya.

Dengan cara itu, masyarakat di pedesaan akan memperoleh nilai tambah dan keuntungan yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan menjual barang mentah atau setengah jadi.

“Karena kalau kita bisa membuat produknya barang jadi itu bisa 10 sampai 30 kali lipat nilai tambah yang kita dapatkan,” tutupnya.
Spoiler for Sumber Berita:


Alhamdulillah, programnya sukses,
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
alhamdulillah.. emoticon-Shakehand2
moso? hoax kali emoticon-Embarrassment

apa nama desanya?emoticon-Embarrassment
Quote:
Balasan post geologer
berpikir saja, di bali kan ada desa yang disebut desa terindah dunia, yang teratur rapi gitu, palingan yah itu
pak Datanya dong Desa yang pendapatannya 14 M pertahun mana pak entar bisa bisa di bilang Hoak lhoooemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Balasan post MRHolmes
lah, trus Pendapatan desanya langsung 14 M?
ga ada data ya? haha
yang 4 M desa ponggok, jogja, yang 14 M desa mana nuh 🤔
sama kayak yang di atas...14 M yang mana tuh emoticon-Big Grin


klo yang 1-2 M per taun gw pernah liat sih tuh desa wisata di mana gitu di tipi....lupa nama desanya emoticon-Big Grin
14 M

emoticon-Wakaka
Balasan post hhendryz
mungkin ini kali ya

https://m.republika.co.id/berita/dpr-ri/berita-dpr-ri/17/03/28/onint1368-awalnya-tertinggal-desa-ini-kini-miliki-pad-14-miliar
https://www.jawapos.com/features/26/08/2016/tentang-desa-majasari-di-indramayu-desa-terbaik-nasional

malah disini dibilang desa di bali dpt 31M setahun
Balasan post hhendryz
Quote:


Desa Ponggok Klaten om
Balasan post geologer
Balasan post geologer
Quote:


Coba cek Desa Ponggok, Klaten, terkenal itu emoticon-Ngacir
keren tuh kepala desa nya, mudah2an jenjang karir nya bisa naik dan bisa mengatur propinsi...
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Tonton sendiri, tuh orang BUMDES nya sendiri yang ngomong kalo tutup buku di tahun 2017, 14,2 Milyar...
Kepala desa nya perlu diapresiasi, mudah2an dikasih kesempatan untuk pimpin area yang lebih luas lagi, kabupaten atau propinsi mungkin...
Diubah oleh capcayster
Quote:


Ya baguslah kalau begitu
Semoga 2018 20 M emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Quote:


Mantab seharusnya bisa jadi wakil presiden nih emoticon-Mewek
Desa Legian, Desa Kuta, Desa Seminyak.... lebih dari 14 milyar dech setahun.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di