alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf90d75947868c82f8b457d/dahnil-dan-dugaan-penggelembungan-dana-kemah

Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah

Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak usai diperiksa polisi di Gedung Krimsus, Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/11/2018). Selain memeriksa Pemuda Muhammadiyah, polisi juga memeriksa GP Anshor terkait dugaan penggelembungan dana kemah Pemuda Islam 2017.
Kepolisian Daerah Metro Jaya, DKI Jakarta memeriksa Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Jumat (23/11/2018) terkait kasus dugaan penggelembungan dana kemah dan apel Pemuda Islam 2017.

Dalam acara yang digagas Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) itu, polisi menduga, ada penggelembungan (mark up) dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana kegiatan tersebut.

Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deriyan menyatakan mereka menemukan penggunaan anggaran yang tidak sesuai fakta. "Kemudian laporan pertanggungjawabannya itu di-mark-up," kata dia kepada detikcom, Sabtu (24/11/2018).

Adi mengatakan ada potensi kerugian negara dalam penggunaan anggaran kegiatan kemah itu. Namun, dia belum bisa membeberkan jumlah kerugiannya karena masih dihitung oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

Dahnil menyatakan, pemeriksaan ini merupakan konsekuensinya mengkritik pemerintah. Selama ini Dahnil juga menjadi Koordinator Juru Bicara pasangan Capres 2019 Prabowo-Sandiaga. Pasangan capres ini melawan Jokowi-Ma'ruf yang merupakan capres petahana. Sehingga secara posisi politik, Dahnil berseberangan dengan pemerintah.

Benarkah ada motif politik dalam pemeriksaan ini?

Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan menyatakan, PP Pemuda Muhammadiyah telah mengembalikan dana sebesar Rp2 miliar kepada Kemenpora. "Hari ini mengembalikan Rp2 miliar," kata Bhakti di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2018) seperti dinukil dari Merdeka.com.

Bhakti menjelaskan, dalam kegiatan itu total ada dana sekitar Rp5 miliar. Dana itu diberikan kepada PP Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor. Karena keduanya telah mengajukan proposal untuk acara yang dilaksanakan Kemenpora RI tersebut.

GP Anshor, kata Bhakti, sudah diklarifikasi dan sudah dicek di Kemenpora. Anggota Panitia Kemah Pemuda Islam dari GP Ansor, Safaruddin kepada detikcom menyatakan, mereka sudah diperiksa polisi Senin (19/11/2018) lalu.

"Ya betul (ada dana Rp3,5 miliar), dan kami sudah sesuai prosedur. Secara prosedur kami ikuti, sesuai aturan. Dari awal sampai akhir, secara teknis GP Ansor telah terpenuhi," kata dia, Sabtu (24/11/2018). Maka, polisi juga memeriksa dari PP Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan PP Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani menyatakan, mereka telah mengambil duit Rp2 miliar dari kas untuk mengembalikan dana itu kepada Kemenpora.

Alasannya, mereka tidak mau disebut telah menyelewengkan dana dalam kegiatan itu. Pengembalian itu juga terkait dengan harga diri organisasi yang memperjuangkan antikorupsi. "Menurut kami ini adalah harga diri. Maka kami kembalikan, saya transfer ke Kemenpora suratnya hari ini," papar dia di Diretkrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/11/2018) seperti dipetik dari CNN Indonesia.

Pengembalian itu, juga lantaran ada perbedaan program kegiatan. Awalnya, Pemuda Muhammadiyah mengajukan kegiatan pengajian akbar di lima kota besar di Indonesia. Tapi Kemenpora menggantinya dengan kemah dan apel pemuda di Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain program, waktu acara pun berubah lantaran Presiden Joko Widodo tidak bisa menghadirinya.

Kemenpora membenarkan jika mereka yang berinisiatif menggelar kemah tersebut di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah pada pertengahan Desember 2017. Menurut Sekretaris Jenderal Kemenpora Gatot Dewa Broto, mereka tak tahu jika acara ini ada dugaan penyalahgunaan dana dan melebar ke proses hukum. “Kami ikuti proses hukum yang ada,” kata Gatot saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/11/2018).
Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...gan-dana-kemah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah Upaya KPK menekan jumlah politisi korupsi

- Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah Merawat cagar budaya, mencatat peradaban

- Dahnil dan dugaan penggelembungan dana kemah Jelang akhir masa jabatan, kinerja DPR tetap jeblok

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
bukan koruptor namanya, kalau tidak ada yang dijadikan kambing hitam, kambing hitam dahnil: akibat selalu mengeritik pemerintah.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di