alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf8d7a5d44f9f7f418b4571/bahaya--jangan-menggosok-gigi-dengan-soda-kue

BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE

BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE



BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
src : nakita.grid.id



Pada awalnya memang aneh dan ga masuk akal, masa sih membersihkan gigi  pakai bahan kue. Cuman cara membersihkan gigi dengan soda kue ini sempat viral diluar negeri lengkap dengan testimoni yang pernah mencoba.


Siapa sih yg ga mau punya gigi bersih putih cemerlang. Semua orang pasti mau, termasuk gw juga. So, yap cara membersihkan gigi dengan soda kue sempet gw coba selama beberapa bulan. Dan Alhamdulillah karang gigi yg sebelumnya banyak tersimpan di gigi bagian belakang memang berkurang. emoticon-Recommended Seller


Namun ketika gw browsing2 dampak kesehatan soda kue bagi gigi. Ternyata berbahaya gan-sist !!! Dont try this at home !!!


Apa Itu Soda Kue?


BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
Baking soda emoticon-Belo
Src : pixabay.com



Bagi yg belum tau, baking soda atau lebih dikenal sebagai soda kue di kalangan macan (mama cantik) biasanya dijadikan salah satu bahan penting dalam pembuatan roti atau kue. Biasanya sbg bahan pengembang adonan kue. Jadi simple saja kalau adonan kue yg sista bikin sedikit tp yg makan kuenya banyak, sista tambahin aja soda kue yg banyak biar kuenya mengembang berkali-kali lipat. Info sesat emoticon-Gila



Soda kue bikin kue mengembang emoticon-Belo
Src : giphy.com



Maaf, cuma becanda aslinya ga boleh ya sista karena ditakutkannya bukannya roti yg sista bikin makin mengembang yg ada malah sakit perut jadinya kalau kebanyakan. Tetap ikuti aturan penggunaannya ya gan-sist emoticon-Embarrassment

Lanjut lagi, soda kue atau natrium bikarbonat (NaHCO3) sering jd disebut sebagai Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. termasuk dalam kategori garam dan bersifat basa dng ph 8.2.


BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
NaHCO3
Src : wikipedia.org



Dalam dunia kedokteran soda kue juga bisa digunakan untuk menetralkan asam lambung karena sifatnya yg basa. Pi atas sepengetahuan dokter ya gan sis ( jangan sotoy ) emoticon-Blue Guy Smile (S) Dan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit ATR (asidosis tubulus renalis) yang menyerang ginjal, menyegarkan mulut, dll.


Lalu bagaimana dengan bahasan kita BAHAYA MEMBERSIHKAN GIGI DENGAN BAKING SODA

Lanjut lagi ya gan-sis emoticon-Traveller


RESIKO YANG MUNCUL AKIBAT MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE


1. Tidak Diproduksi Untuk Pasta Gigi


Soda kue mungkin bisa digunakan untuk membersihkan gigi bagian luar. Tapi tidak ada jaminan jika soda kue itu baik dan memenuhi kesehatan sbg. Pasta gigi. Karena soda kue tidak diproduksi khusus sbg. Pasta gigi besar kemungkinan manufacurenya tidak mengikuti rekomendasi kesehatan dan keselamatan untuk produk pasta gigi emoticon-Takut (S)


2. Membuat Gigi Berongga
BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
Gigi Berongga
src : dictio.id



Para ahli berpendapat bahwa baking soda tidak bisa menghilangkan flek pada gigi karena ketidakmampuannya dalam membunuh bakteri penyebab flek. Sehingga flek pada gigi akan terus meningkat dan menyebabkan gigi berongga. Soda kue juga tidak memiliki fluoride yang diperlukan untuk menutup rongga gigi. Mau giginya berongga gan-sist? emoticon-Takut (S)


3. Dapat Merusak enamel (lapisan email/pelindung gigi)


BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
enamel gigi
src : dictio.id



Karena soda kue bersifat abrasive sehingga lapisan email gigi akan terkikis sedikit demi sedikit sampe akhirnya rusak. Apalagi jika soda kue yang digunakan terlalu banyak, yang malah justru akan menyebabkan kerusakan gigi dan sakit gigi. Jadi inget lagu dangdut lebih baik jatuh hati daripada sakit gigi ini by meggi z cmiiw emoticon-Kaskus Radio


4. Dapat Merusak Gusi


Jika digunakan secara berlebihan, sifat abrasive pd soda kue juga dapat merusak gusi sehingga menyebabkan masalah gusi sampai kerusakan pada gusi.


Seperti kita ketahui gusi adalah tempat dimana gigi bersarang sehingga ketika gusi anda terkikis oleh soda buah dan terjadi kerusakan gusi. Tidak ada lagi yg menahan gigi anda pada tempatnya. Sehingga terjadilah ... Hii serem emoticon-Takut


PASTA GIGI SUDAH MENGANDUNG SODA KUE


BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
Komposisi pasta gigi favorit gw
Src : foto pribadi emoticon-Cool


Ouw emoticon-Wow

Coba lihat kolom komposisi pada wadah pasta gigi favorit gan-sis. Apakah tertulis natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat sebagai salah satu komposisinya? Jika tidak mungkin pasta gigi yang gan-sis pake menuliskan soda kue dengan sebutan lainnya. Karena keampuhannya dlm membersihkan kotoran, soda kue biasa ditemukan sbg. Bahan pasta gigi.


Sehingga sebenarnya gan-sist tidak perlu menggosok gigi langsung menggunakan soda kue emoticon-2 Jempol


MEMBERSIHKAN GIGI DENGAN SODA KUE MENURUT PARA AHLI


Karena sempet viral Cara Membersihkan Gigi dengan Soda Kue, banyak juga para ahli yg memberikan komentar lho gan-sist. Mari kita pelajari yg dikatakan ahli, sbb:



1. Membersihkan Gigi dengan Soda Kue Menurut drg. Calista Argentina dari klikdokter.com


BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE


drg Callista emoticon-Wowcantik

src : klikdokter.com


Bisa disimpulkan bahwa menurut jurnal yg disebutkan drg. Callista Argentina menggosok gigi menggunakan pasta gigi dengan sodium bikarbonat (soda kue) lebih aman daripada menggosok gigi langsung dengan soda kue.

Drg Callista ini bener juga ya, kan sudah ditemukan menjadi bahan pasta gigi, jadi lebih aman sikat dengan pasta gigi aja. Jangan langsung menyikat gigi dengan soda kue. BAHAYA !!!  emoticon-Takut


2. Membersihkan Gigi dengan soda kue Menurut Dr. Robert A. Gausmann dari AngiesList


Lagi-lagi dokter melarang membersihkan gigi langsung dengan soda kue emoticon-Hammer kurang lebih yg dikatakan dr. gausmann jg sama dengan drg. Callista, lebih baik menggunakan pasta gigi dengan kandungan soda kue daripada langsung menggosok gigi dengan soda kue. Meskipun harganya lebih murah.



3. Membersihkan Gigi dengan soda kue Menurut American Dentist Association (ADA)


American Dentist Association (ADA) tidak merekomendasikan soda kue dipakai langsung untuk menggosok gigi karena soda kue memiliki sifat abrasif (mengikis). Baking soda juga hanya membersihkan noda dan kotoran di permukaan gigi. Juga tidak membersihkan flek, sehingga flek akan terus terkumpul dan membuat gigi jadi tampak kuning dan tidak menarik. Juga bisa menyebabkan kerusakan gigi (lapisan email gigi rusak), penyakit gusi dan pembentukan rongga pada gigi (gigi berlubang) emoticon-Takut

Assosiasi Dokter Gigi Amerika aja tidak menyarankan gan-sist menggosok gigi langsung dengan soda kue, lho gan-sist. Jadi jangan sotoy ya, meskipun yap dulu pernah gw coba caranya membersihkan gigi dengan soda kue selama beberapa bulan.


Tapi gak setiap hari, paling hanya seminggu sekali saja dan gw pake berbarengan dengan pasta gigi biasa. Tapi setelah tau bahayanya sepertinya enggak banget deh ya, meskipun yap bisa dikatakan karang gigi yg sebelumnya banyak terdapat di gigi bagian dalam jadi berkurang. Tapi setelah tau bahayanya, keknya enggak deh daripada ompong nantinya emoticon-Big Grin

Quote:


Sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Natrium_bikarbonat
https://m.klikdokter.com/tanya-dokte...makai-soda-kue
https://www.angieslist.com/articles/...aking-soda.htm
http://www.biltmorecommonsdental.com...h-baking-soda/
https://orawellness.com/is-baking-so...to-brush-with/
https://food.ndtv.com/beauty/brushin...or-not-1663948


Spoiler for SS para ahli:



Quote:



BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
Diubah oleh batmanluck99
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
pertamax amankan buat update
pertamax amankan buat update
pertamax amankan buat update
baru tahu soda kue buat gosok gigi emoticon-Bingung
Quote:


Cobain aja nditz, tempelin ke pasta gigi. Bisa ngebersihin karang gigi, pi jgn terlalu banyak ma jangan terlalu sering.

Klo giginya dagean aja emoticon-Ngakak
Quote:


Ogah
Lo aj yg nyoba sono
Quote:


Udah, ni liat gigi gw bersih emoticon-Big Grin
Quote:


Males bgt liat gigi Lo.. emoticon-Takut
Quote:


Mau gw cium, ya emoticon-kisssing
Quote:


Emg Lo bisa ciuman SM cewek
Biasanya kan Lo ciumannya sm robotcapcayy emoticon-Ngakak
Quote:


najis emoticon-Busa

Gw masih normal kali BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
Quote:


Prettt emoticon-Ngakak
Quote:


Sini cobain ke"normal"an gw, nditz emoticon-Betty
Quote:


Sini sini emoticon-Malu
Quote:


Siap BAHAYA !!! JANGAN MENGGOSOK GIGI DENGAN SODA KUE
Quote:


Kabur emoticon-Ngacir
Quote:


Kabur knapa? emoticon-Bingung
Quote:


Takut ditangkap sm Lo emoticon-Betty
Quote:


Yaelah lo suka juga emoticon-Ngakak
Quote:


Suka???? Ngimpi Lo emoticon-Blue Guy Bata (L)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di