alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
61% Koruptor Merupakan Politikus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf8b7acded7705e558b457f/61-koruptor-merupakan-politikus

61% Koruptor Merupakan Politikus

61% Koruptor Merupakan Politikus

Jakarta: Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik di Indonesia. Tema Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) itu diangkat bukan tanpa alasan.


Sejak berdiri, KPK telah menjerat 891 koruptor. Parahnya, 545 koruptor tersebut merupakan politikus.


'Jika dibaca dari data penanganan perkara KPK, sampai hari ini sekitar 61,17% orang pelaku diproses dalam kasus korupsi yang berdimensi politik,' kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu, 24 November 2018.


Baca: Penanganan Kasus Korupsi oleh KPK Meningkat


Febri memerinci 545 politikus yang dijerat KPK terdiri dari 69 orang anggota DPR RI, 149 orang anggota DPRD, dan 104 Kepala Daerah. Sedangkan 223 orang lainnya merupakan kader partai yang terlibat perkara rasuah.


'Pihak yang terkait di sini adalah pihak yang bersama-sama melakukan korupsi atau dalam perkara yang sama di mana aktor politik terjerat korupsi,' kata Febri.


Lembaga Antirasuah menyesalkan banyaknya politikus terlibat praktik rasuah. Terlebih, korupsi di sektor politik menjadi salah satu faktor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) atau Corruption Perception Index (CPI) Indonesia jalan di tempat.


'Data CPI Indonesia 2017 yang dirilis Transparency International (TI) Tahun 2017 menunjukkan stagnasi IPK Indonesia di angka 37. Salah satunya disebabkan turunnya indeks PERC (Political and Economic Risk Consultancy) hingga 3 poin,' jelas Febri.


Baca: Pengamat: Jangan Perlakukan Istimewa Napi Korupsi


KPK memelototi parpol dalam KNPK juga karena Indonesia menghadapi Pemilu Serentak 2019. Posisi parpol menjadi sangat strategis.


KPK menilai peran partai politik sangat penting menghasilkan wakil rakyat. Parpol juga menjadi tokoh utama penghasil presiden dan wakil presiden berkualitas serta berintegritas untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.


Febri menegaskan penyelenggara negara tidak korupsi. Pembangunan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) wajib dilakukan.


'Karena itulah, berdasarkan hasil kajian KPK bersama LIPI, KPK merekomendasikan agar dibangunnya SIPP yang merupakan perangkat kebijakan yang dibangun parpol untuk menghasilkan calon pemimpin yang berintegritas dan meminimalkan risiko korupsi politik dan penyalahgunaan kekuasaan,' beber dia.


Baca: Novanto Kesulitan Kembalikan Kerugian Negara


KPK dan 16 partai politik mengidentifikasi empat persoalan utama penyebab kurangnya integritas partai politik. Keempatnya ialah tidak ada standar etika politik dan politis, sistem rekruitmen yang tidak berstandar, sistem kaderisasi berjenjang dan belum terlembaga, dan kecilnya pendanaan partai politik dari pemerintah.


'Kehadiran unsur pimpinan parpol dan komitmen yang utuh untuk melakukan perbaikan ke dalam sangat diperlukan untuk mengukuhkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia,' ucap Febri.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/0k...akan-politikus

---

Kumpulan Berita Terkait :

- 61% Koruptor Merupakan Politikus Ketua Panitia Apel Pemuda Islam Indonesia Diperiksa

- 61% Koruptor Merupakan Politikus Dahnil Penuhi Panggilan Polisi

- 61% Koruptor Merupakan Politikus Petinggi PT Tower Bersama Diperiksa Sebagai Tersangka

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di