alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf8afd2ddd770d24b8b4567/kpu-penderita-gangguan-jiwa-boleh-mencoblos

KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos

KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos
Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan hak pilih para penderita gangguan jiwa akan dipenuhi. Dalam UU Pemilu tidak ada larangan penderita gangguan jiwa untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi 5 tahunan itu.

"Tidak ada larangan bagi gangguan jiwa (untuk memilih)," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Jakarta, Kamis (20/3/2014).

Kendati begitu, Husni menjelaskan, hingga saat ini memang belum ada koordinasi dengan pihak rumah sakit yang merawat penderita gangguan jiwa untuk pembuatan tempat pemungutan suara (TPS).

"Memang belum ada info merata di Indonesia, tapi kalau diizinkan pengelola rumah sakit umum dan rumah sakit jiwa maka akan dibangun (TPS)," tambah Husni.

Sementara itu, komisioner KPU Sigit Pamungkas mengatakan setiap warga negara wajib mendapatkan hak pilihnya, termasuk juga penderita gangguan jiwa. Namun, dia mengakui adanya warga penderita gangguan jiwa yang sudah masuk daftar pemilih tetap (DPT) dicoret dengan pertimbangan tertentu.

"Tapi pada dasarnya mereka tidak akan kehilangan hak pilihnya. Meski dia tidak terdaftar dalam DPT termasuk yang dicoret, asalkan hari H dia bawa identitas, mereka akan dicatat dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb)," ujar Sigit.

Sebelumnya, organisasi Perhimpunan Jiwa Sehat meminta KPU tidak mencoret para penderita gangguan jiwa atau orang dengan Disabilitas Mental (ODDM) dari DPT Pemilu 2014.


Menurut mereka, Undang-undang Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu menyebutkan bahwa warga negara Indonesia yang pada hari pemungutan suara telah genap berumur 17 tahun atau lebih atau sudah/pernah kimpoi mempunyai hak memilih.

Mereka menilai stigma yang beredar di masyarakat bahwa penderita gangguan jiwa adalah orang-orang yag tidak mempunyai kesadaran dan tidak bisa membuat keputusan sendiri, merupakan pandangan yang tidak benar. (Ismoko Widjaya).


SUMBER : https://www.liputan6.com/news/read/2...1lU-0FtdcdCXRk 

Yakin deh gw kalau kelompok oposisi dan pembenci Jokowi itu otaknya menciut sejak kekalahan 2014. Bukan amnesia akut lagi tapi sudah sinting akut.. 


Pusing pala Marimar..... 
KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ternyata ada orang gila ngaku ustad emoticon-Takut (S)



KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos

KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos
Diubah oleh kasbos
KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos
Setiap Warga Negara yang sah sih seharusnya boleh memilih, tanpa terkecuali. Karena berdasarkan Hak Azasi Manusia..

nanti kalau ga bisa milih ada yg teriak Hamburger fast food
yang udah meninggal aja boleh nyoblos koq, masa yang gila ga boleh emoticon-Wakaka
Balasan post cebong2019
Quote:


bong emoticon-Takut (S)
KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos
KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos

Sejak kapan emang dia antara mulut sama faktanya sejalan?
KPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh MencoblosKPU: Penderita Gangguan Jiwa Boleh Mencoblos

Horeeee emoticon-Ultah
Quote:
haha panik mrk putus asa tak berdaya melawan keperkasaan golput emoticon-Cool
komunal farming

misal perhutani menyewakan lahan

dr jadi romawi juga sudah ada

overdongo
Balasan post khloekarmike
Quote:

Terbukti keputusan kpu menguntungkan wowo emoticon-Ultah (boleh sujud sukur)
oke deh boleh uga



suara NASTAK emang sangat dibutuhkan ngoahahahhahaha emoticon-Ngakak



terbukti kan KPU idiot dan isinya freemason emoticon-Angkat Beer
Quote:


emoticon-Ngakak

alhamdulillah sesuatu ya

br ada orang bilang alhamdulillah langsung dikira islam

inilah ciri orang goblok emoticon-Angkat Beer
Mukanya kok serasa ada vibe nya si jonru? Kwkwwkkw
Quote:


emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di