alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf8a65bd9d770f55a8b458d/polandia-kembalikan-batas-maksimum-usia-pensiun-hakim

Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim

Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim

Warsawa, Polandia, IDN Times - Polandia kembali mengubah aturan kebijakan usia pensiun seorang hakim sesuai dengan Pengadilan Eropa. Pasalnya, jika sebelumnya usia pensiun mencapai 65 tahun dengan protes keraas para hakim, kini Polandia mengembalikan aturannya menjadi maksimum usia 70 tahun. Bagaimana awal ceritanya?


1. Akhirnya beberapa hakim yang dipaksa pensiun kembali bekerja
Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim
Dilansir dari Telegraph, pemerintah Polandia tampaknya tunduk dengan peraturan Pengadilan Eropa atas perubahan yang menimbulkan kontroversial di kalangan hakim. Hal ini menimbulkan kekhawatiran atas proses independensi peradilan di Polandia. Dengan kembali ke aturan yang lama, kini beberapa hakim yang dipaksa pensiun sebelumnya kembali bekerja. 

Pada hari Rabu waktu setempat, pemerintah mengajukan rancangan amandemen kepada parlemen mengenai Undang-Undang Pengadilan asli yang sebelumnya adalah 65 tahun menjadi 70 tahun. Aturan maksimal usia pensiun 65 tahun ini sendiri sebenarnya sudah diterapkan pada awal tahun ini, namun menimbulkan protes keras sehingga sebanyak puluhan hakim yang sudah melewati batas usia tersebut dipaksa pensiun dari profesi pekerjaannya.


2. Menteri Kehakiman Polandia mengatakan pemerintah telah menaati aturan Uni Eropa
Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim
Pemerintah Polandia telah menyatakan bahwa Undang-Undang itu diperlukan dengan membasmi hakim era komunis dan bahwa serangan terhadapnya datang dari Brussel lebih berkaitan dengan motif politik ketimbang legalitas. 

Namun berbicara di parlemen pada hari Rabu lalu, Menteri Kehakiman Polandia, Zibgiew Ziobro, mengatakan bahwa pemerintah Polandia telah menaati dan menghormati aturan dan prinsip Uni Eropa. Sebelumnya, hakim agung Malgorzata Gersdorf yang berusia 65 tahun menolak pensiun pada saat aturan tersebut diberlakukan dan menilai reformasi tersebut sebagai "pembersihan".


3. Meski kembali ke profesi lama mereka bukan jaminan kembali ke posisi saat menjabat terakhir
Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim
Menurut peneliti Amnesty International untuk Polandia, Barbora Cernusakova, menilai pengembalian aturan lama soal maksimum pensiun usia hakim ini yang disampaikan pada hari Rabu lalu hanya membahas sebagian kecil dari kekhawatiran serta tidak sepenuhnya mempertimbangkan kekhawatiran Pengadilan Eropa. 

Meski para hakim yang sebelumnya dipaksa pensiun bisa kembali bekerja seiring aturan lama kembali dijalankan, namun itu juga tidak menjamin apakah mereka akan kembali menempati posisi jabatan terakhirnya. "RUU itu juga tidak menjamin mereka [para hakim] akan dipulihkan di posisi lama mereka," ungkap Cernusakova seperti yang dikutip dari Aljazeera.com. Selain itu juga, amandemen juga tidak menghilangkan apa yang disebut tindakan rekrutmen yang digunakan oleh pemerintah untuk menggantikan hakim yang ada dengan yang mereka pilih.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim Aniaya Sopir Taksi, Mantan Pemain Arsenal Ini Dihukum Penjara

- Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim Pasukan Keamanan Kamerun Bebaskan 9 Orang Siswa dan Guru Dari Sandera

- Polandia Kembalikan Batas Maksimum Usia Pensiun Hakim CEO Victoria's Secret Mengundurkan Diri, Apa Alasannya?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di