alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf88eeb902cfef24a8b4574/boeing-paus-sperma-ibu-nuril-hingga-ranking-cpns

Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS

Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Gabungan foto untuk ringkasan berita sepekan periode 17-24 November 2018.
Pada pekan ketika November ini, sorotan terhadap insiden Lion Air JT610 terus bergulir. Boeing Company tersudut. Sorotan atas insiden jatuhnya Lion Air JT610 mengarah tajam ke perusahaan pembuat pesawat asal Amerika Serikat (AS) ini.

Sorotan lainnya adalah paus sperma. Publik dihebohkan dengan kematian paus sperma di Wakatobi. Hewan mamalia sepanjang 9,5 meter dan lebar 1,85 meter terkapar dengan perut penuh sampah plastik.

Kecaman pun berdatangan dari berbagai penjuru. Kecaman bergelombang pun harus diterima Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara Remigo Yolando Berutu. Remigo terkena operasi tangkap tangan KPK.

Selain Remigo, tokoh yang menjadi pembicaraan publik adalah Nuril Maknun, Grace Natalie, dan Andika Perkasa.

Nuril adalah mantan tenaga honorer SMAN 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat yang terkena masalah hukum. Sama seperti Ibu Nuril, Grace pun mendapat masalah hukum karena polemik Perda Syariah.

Adapun Andika Perkasa merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru diangkat Presiden Joko Widodo. Jabatan baru Andika itu diwarnai berbagai kontroversi, termasuk posisi mertuanya AM Hendropriyono.

Simak selengkapnya ringkasan berita sepekan, 17-24 November 2018
Paus sperma mati di Wakatobi dengan perut berisi sampah Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Bangkai Paus Sperma yang mati di sekitar Pulau Kapota, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (18/11/2018).
Kematian seekor paus jenis sperma di Wakatobi menjadi sorotan publik. Paus itu terkapar dengan perut penuh limbah plastik.

Peristiwa tragis itu berawal ketika warga menemukan paus terdampar di sekitar Pulau Kapota, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (18/11/2018), sekira pukul 16.00 WITA. Hewan mamalia sepanjang 9,5 meter dan lebar 1,85 meter itu ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dan berulat.

Kondisi bangkai paus saat itu berada di perairan dangkal yang berjarak 100 meter dengan bibir pantai Pulau Kapota.

Di lokasi sudah ada beberapa warga yang mendekati bangkai paus. Sejumlah warga pun membedah perut paus nahas itu dengan senjata tajam. Cukup mengejutkan karena dari dalam perut paus ditemukan berbagai jenis sampah plastik.

Pada awalnya, warga hanya mengeluarkan tiga botol plastik. Namun, lama kelamaan jumlah sampah plastik yang didapat dari dalam lambung paus semakin banyak.

Dari hasil identifikasi diketahui jenis sampah gelas plastik mencapai 115 buah dengan berat 750 gram.

Lalu terdapat 19 plastik keras seberat 140 gram, empat botol plastik seberat 150 gram, 25 kantong plastik seberat 260 gram, enam serpihan kayu potong seberat 740 gram, dua sandal jepit berbobot 270 gram, satu potong karung nilon seberat 200 gram, kurang lebih 1.000 potong tali rafia seberat 3,26 kilogram.
Korupsi Bupati Pakpak Bharat untuk mengamankan korupsi istri Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu (tengah) dikawal petugas KPK saat diamankan ke gedung KPK, Jakarta, Minggu (18/11/2018).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara Remigo Yolando Berutu dan lima orang lainnya, Sabtu (17/11/2018). Mereka ditangkap di tiga tempat berbeda, di Jakarta, Medan, dan Bekasi.

Ketua KPK Agus Rahardjo menjelaskan, Remigo diduga menerima suap sebesar Rp550 juta terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemerintah Pakpak Bharat tahun anggaran 2018.

Uang itu diterima dalam tiga kali penyerahan. Yakni Rp150 Juta pada Kamis (15/11/2018), Sehari kemudian, Jumat (16/11/2018) Rp250 juta, dan saat ditangkap tangan, Sabtu (17/11/2018) ada penyerahan sebesar Rp150 juta.

Agus menyebutkan, dalam perkara ini, Remigo diduga memerintahkan sejumlah orang dekatnya untuk mengumpulkan uang dari mitra yang mengerjakan proyek di lingkungan Kabupaten Pakpak Bharat terkait imbalan proyek.

Agus menduga, uang suap itu salah satunya akan digunakan untuk mengamankan kasus yang menjerat istri bupati.

Istri Bupati Pakpak Bharat, Made Tirta Kusuma Dewi disebut-sebut dalam kasus dugaan korupsi kegiatan fasilitasi peran serta tim penggerak PKK Kabupaten. Kasus tersebut ditangani Kepolisian Daerah Sumatera Utara.
Polemik Perda Syariah di tengah hangatnya tahun politik Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie menyampaikan orasi saat deklarasi Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) di Jakarta, Sabtu (17/11/2018).
Polemik peraturan daerah (perda) berbasis Syariah terus menjadi perbincangan publik. Saling silang perda syariah pun bergulir ke kepolisian dan dikaitkan dengan spekulasi dukung-mendukung calon presiden di tengah hangatnya tahun politik ini.

Pada Kamis (22/11/2018), Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie memenuhi panggilan kepolisian di Polda Metro Jaya.

Grace mengatakan panggilan penyidik Polda Metro Jaya itu karena laporan dari Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia pimpinan pengacara Eggi Sudjana. Grace menegaskan siap mengikuti proses hukum yang berlaku untuk memberikan keterangan yang jelas terkait tuduhan.

Eggi melaporkan Grace karena dugaan ujaran kebencian terhadap agama dan ujaran bohong. Laporan itu berdasarkan pidato Grace dalam acara ulang tahun partainya di Tangerang, Minggu (11/11/2018).

Grace mengatakan partainya akan mencegah lahirnya ketidakadilan, diskriminasi, dan seluruh tindakan intoleransi. PSI tidak akan pernah mendukung perda-perda Injil atau perda-perda syariah.

Eggi merupakan anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga. Sedangkan Grace dan PSI merupakan penyokong Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 nanti.

Pidato Grace pun menjadi "santapan" bagi kubu Prabowo. Gerindra dan PKS menyatakan PSI disebut tak paham filsafat Pancasila-UUD 1945.

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno pun mengatakan Koalisi Indonesia Adil Makmur mendukung penerapan peraturan daerah yang berlandaskan agama seperti perda syariah di Provinsi Aceh. Sandiaga mendukung sebagai bagian dari kearifan yang tidak perlu diganggu gugat lagi.

Di kubu Jokowi-Ma'ruf, pernyataan tentang perda Syariah itu tak seragam. Ma'ruf Amin tak mempermasalahkan adanya perda syariah dan perda Injil di daerah tertentu. Perda syariah dibentuk oleh daerah masing-masing, jika daerah menghendakinya.

Dukungan Perda Syariah juga muncul dari NasDem dan PPP. Kedua partai ini menganggap setiap perda dibuat untuk kebutuhan daerah termasuk perda berbasis agama.

Pernyataan berbeda datang dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Perda Syariah hanya ada di Aceh dan berlaku lantaran Aceh memiliki sejarah tersendiri.

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut menyinggung perbedaan pendapat antarpartai di koalisinya soal Perda Syariah. Menurutnya, semua partai pendukung Jokowi-Ma'ruf memiliki komitmen yang sama dalam bernegara.
Boeing masih bungkam soal peringatan AOA Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Penumpang berjalan di samping pesawat Lion Air jenis Boeing 737-900 ER, registrasi PK-LGY dengan nomor penerbangan JT633 yang terparkir setelah di "grounded" di landasan parkir pesawat Bandara Fatmawati, Bengkulu, Jumat (9/11/2018).
Boeing Company tersudut. Sorotan atas insiden jatuhnya Lion Air JT610 mengarah tajam ke perusahaan pembuat pesawat asal Amerika Serikat (AS) ini.

Buletin panduan penerbangan yang diterbitkan Boeing satu pekan pasca-tragedi berujung tudingan bahwa perusahaan telah merahasiakan informasi penting terkait anomali sistem penangkal sensor angle of attack (AOA) pada model pesawat teranyarnya, 737 Max.

Dalam tragedi yang menewaskan 189 penumpang dan kru, akhir Oktober lalu, Lion Air menggunakan pesawat Boeing model terbaru, 737 Max 8.

Boeing masih bungkam atas tuduhan tersebut. Pekan lalu, juru bicara Boeing menekankan bahwa perusahaannya sangat yakin dengan fitur keamanan pada seluruh model 737 Max.

Senin (19/11/2018), CEO Boeing Dennis Muilenburg meminta karyawannya untuk tidak memercayai pemberitaan terkait isu anomali pada sensor penangkal AOA. Muilenburg juga menegaskan bahwa perusahaan tidak pernah menyembunyikan informasi apapun kepada kliennya.

Desakan agar Boeing membuka misteri terkait peringatan sistem penangkal AOA muncul dari berbagai penjuru, mulai dari kru pesawat, maskapai operator, otoritas penerbangan, hingga pengamat aviasi.

Sorotan kepada Boeing Company dalam tragedi Lion Air JT610 menghantam kinerja saham perusahaan. Bahkan, semua aksi korporasi yang dibuat pasca-kecelakaan langsung direspons negatif oleh bursa.

Banyak dari investor Boeing yang mulai kehilangan kepercayaan dengan perusahaan. Apalagi, 737 Max adalah yang terlaris dibandingkan model-model sebelumnya.

Apalagi, salah satu keluarga korban JT610 memutuskan untuk mengajukan gugatan kepada Boeing karena dianggap memiliki desain yang tidak aman.
Penerimaan CPNS diputuskan pakai sistem ranking Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Sejumlah peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2018 di Aula Gedung Universitas Abulyatama Desa Lampoh Keude, Aceh Besar, Aceh, Senin (5/11/2018).
Pemerintah akhirnya memutuskan kebijakan baru dalam sistem penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kebijakan baru ini memakai sistem ranking, mengubah kebijakan lama yang memakai sistem ambang batas (passing grade).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengatakan, telah melaporkan kepada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo terkait perubahan kebijakan ini.

Perubahan ini dipilih karena kecilnya kelulusan peserta tes CPNS, rata-rata hanya 9 persen. Dari 1,7 juta orang peserta, per 12 November 2018, hanya 128 ribu orang yang lolos. Padahal, pemerintah membuka lowongan buat 238 ribu orang.

Sebelumnya, sistem passing grade dalam penilaian kelulusan peserta tes CPNS dilakukan berdasar Permen PAN-RB Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Menurut kebijakan lama ini, untuk lulus tes, peserta minimal memperoleh nilai 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan, 80 untuk tes Intelegensia Umum, dan tes Karakteristik Pribadi 143.
Andika Perkasa di tengah tuduhan nepotisme dan kasus Theys Eluay Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi ucapan selamat kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) seusai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018).
Presiden Joko "Jokowi" Widodo memilih perwira tinggi dari angkatan muda untuk menduduki jabatan penting di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Menantu AM Hendropriyono, Letnan Jenderal Andika Perkasa (53), pada Kamis (22/11/2018), dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Andika Perkasa menggantikan Jenderal Mulyono yang akan pensiun pada Januari 2019. Keputusan Jokowi itu membuat tiga angkatan di atas Andika dilewatkan. Jenderal Mulyono adalah Akademi Militer (Akmil) angkatan 1983, sementara Andika, 1987.

Sebelum pelantikan itu, Andika menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad). Jabatan barunya ini membuatnya menjadi jenderal penuh dengan empat bintang di bahunya.

Naiknya Jokowi dan Jusuf Kalla ke jabatan eksekutif tertinggi di Indonesia usai Pemilihan Presiden 2014, membuat karier Andika makin melejit. Jokowi menunjuknya sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Rumor merebak bahwa keputusan itu adalah keputusan politik. Pasalnya, Andika adalah menantu dari Jenderal (purn) AM Hendropriyono, mantan kepala Badan Intelijen Nasional (BIN). Suara sumbang soal peran sang bapak mertua menggelayuti kecemerlangan karier Andika.
Tunggakan First Media Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Menkominfo Rudiantara menyampaikan materi saat menghadiri kegiatan World Conference on Creative Economy (WCCE) di Nusa Dua, Bali, Rabu (7/11/2018).
Perseteruan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT First Media Tbk (KBLV) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mulai mereda, usai diajukannya proposal perdamaian oleh anak usaha Lippo Grup tersebut.

Dalam proposal perdamaian tersebut, First Media mengajukan permohonan penundaan pembayaran (restrukturisasi) utang untuk pembayaran izin frekuensi.

Kominfo pun akhirnya menunda untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) pencabutan izin frekuensi radio 2,3 GHz kepada First Media dan PT Internux (Bolt).

SK pencabutan izin rencananya akan dikeluarkan pada Senin, 19 November 2018. Penyebabnya, kedua perusahaan tersebut tidak membayar atas izin frekuensi 2,3 GHz selama 24 bulan berturut-turut hingga batas jatuh tempo yang telah ditentukan, yaitu pada tanggal 17 November 2018.

Adapun kewajiban pembayaran frekuensi pada tahun 2016 dan 2017 yang belum dibayarkan oleh First Media adalah Rp364 miliar, sementara PT Internux sebesar Rp343 miliar.
Eksekusi pidana Ibu Nuril ditunda, amnesti tetap dikejar Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS
Pegiat HAM menggelar aksi kamisan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018).
Kasus hukum Ibu Nuril Maknun, mantan tenaga honorer SMAN 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat, terkait Undang Undang Informatika dan Transaksi Elektronik (UU ITE), memasuki babak baru. Kejaksaan Agung (Kejagung) menunda eksekusi hukuman penjara bagi Ibu Nuril.

Ibu Nuril dinyatakan bersalah dalam kasasi di Mahkamah Agung (MA) pada 26 September 2018. Hakim Agung MA justru mengabulkan kasasi jaksa, dan menyatakan Ibu Nuril bersalah atas Pasal 27 ayat (1) UU ITE.

Ibu Nuril dinilai bersalah telah menyebarkan atau mentransmisikan konten asusila. Konten dimaksud adalah rekaman suara M, Kepala Sekolah SMAN 7 Mataram, yang disebut Ibu Nuril sebagai pelecehan seksual. Ia merekamnya sebagai pembelaan diri.

Dalam kasus ini, sebenarnya Pengadilan Negeri Mataram menyatakan Ibu Nuril tak bersalah dan bebas pada Juli 2017. Namun, kasasi MA menyatakan Ibu Nuril bersalah dan harus dipenjara enam bulan dan denda Rp500 juta.

Eksekusi hukuman itulah yang ditunda Kejagung dengan pertimbangan persepsi keadilan dan aspirasi masyarakat yang berkembang.

Sejumlah kalangan mendorong Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan amnesti. Artinya hukuman terhadap Ibu Nuril ditiadakan dan dianggap tak pernah ada.

Amnesti adalah satu-satunya jalan untuk membebaskan Ibu Nuril dari hukuman. Sedangkan grasi, seperti diutarakan Presiden Jokowi, tak memenuhi syarat untuk diberikan kepada Ibu Nuril.
Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-ranking-cpns

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS Jumlah investor saham melonjak

- Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS Tiongkok kembali pancing ketegangan di Laut Cina Selatan

- Boeing, paus sperma, Ibu Nuril, hingga ranking CPNS Sebagian besar sektor menghijau, IHSG ditutup naik

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di