alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peningkatan Daya Saing di Tingkat Daerah, Jadi Pencapaian Kinerja Pemerintah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf87f8760e24b72698b4571/peningkatan-daya-saing-di-tingkat-daerah-jadi-pencapaian-kinerja-pemerintah

Peningkatan Daya Saing di Tingkat Daerah, Jadi Pencapaian Kinerja Pemerintah

Kemampuan dalam meningkatkan peran serta dan daya saing dari tingkat pusat hingga tingkat daerah menjadi hal penting yang harus dilakukan pemerintah agar performance atau kinerja yang dilakukan selama ini bisa maksimal dan baik di mata masyarakat. Dengan daya saing yang mumpuni dari berbagai lini yang terus dimaksimalkan maka harapan dan cita-cita untuk menjadi bangsa yang mandiri dan tak bergantung pada negara lain sangat terbuka lebar.

Atas dasar dan konsep tersebut, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kabarahanan Kemhan) Laksda TNI Agus Setiadji beberapa waktu lalu hadir mewakili Menteri Pertahanan guna menjadi Narasumber dalam acara Konferensi Pers Forum Merdeka Barat (FMB) 9.

Acara yang digelar Kamis (22/11) di kantor Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Surabaya ini memgambil tema “Membangun Indonesia Dalam Perspektif Peningkatan Daya Saing Daerah.

Sejumlah pejabat penting dari tingkat pusat hingga daerah turut hadir, seperti Menristek Dikti Muhammad Nasir, Sekjen Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring dan Bupati Banyuwangi. Forum ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dimaksudkan untuk menyampaikan program-program dan kinerja pemerintah baik yang sudah, sedang dan akan dilakukan oleh pemerintah.

Dalam forum ini, Kabaranahan Kemhan menyampaikan terkait Strategi Daya Saing Industri Pertahanan. Kabaranahan Kemhan memaparkan, strategi daya saing industri pertahanan adalah bentuk pencapaian kinerja empat tahun pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla. Melalui kebijakan pertahanan RI tahun 2015-2019, pemerintah dalam hal ini Kemhan berupaya untuk mewujudkan industri pertahanan yang kuat mandiri dan berdaya saing.

Langkah dan kebijakan yang diambil Kemhan dalam rangka mewujudkan industri pertahanan yang mandiri kuat dan berdaya saing, meliputi tiga tahap yakni pembinaan potensi teknologi dan industri pertahanan, kerjasama internasional dan implementasi kandungan lokal dan offset.

Kemhan juga telah melakukan penugasan kepada industri pertahanan untuk memproduksi first artikel, yang merupakan produk awal yang harus mendapatkan sertifikasi untuk diproduksi massal. Sesuai dengan arahan Presiden, Kemhan mendapatkan tujuh program prioritas nasional dalam pengembangan industri pertahanan yakni yang berhubungan dengan industri yang strategis.

Tujuh program itu yakni pengembangani kapal selam, medium tank, pembangunan pabrik propelan, pengembangan pesawat tempur KFX/IFX, pengembangan roket nasional dan rudal nasional. Dari data grafis didapatkan bahwa nilai transaksi ekspor yang dibukukan untuk 4 (empat) Indhan yaitu : PT. PAL, PT. Pindad dan PT. DI dan PT. Luindin (BUMS) selama kurun waktu Tahun 2015 s.d. 2018 tercatat mencapai USD 284.1 Juta.

Sementara PT. PAL, USD 86.9 Juta dari ekspor 2 (dua) unit Kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) ke Filipina. PT. Pindad, USD 32.6 Juta dari ekspor Munisi dan Senjata, dan PT. Dirgantara Indonesia, USD 161 Juta dari eskpor pesawat terbang CN-235 dan NC-212. PT. Lundin dari Indhan Swasta atau BUMS juga telah berpartisipasi juga mengekspor Kapal Sea Rider sebagai produk komersial ke Rusia dan Swedia dengan nilai USD 3,6 Juta.

Sumber Link : https://jpp.go.id/46-umkm/327597-mem...a-saing-daerah
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
yah harus begitu
jangan bertumpu pada satu daerah atau wilayah saja
kalau terjadi pemerataan di seluruh daerah kan kumpeni mau nyerang juga aman, tetap bisa di backup sama daerah lain nya


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di