alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Permen PANRB tentang Penerapan Sistem Ranking dalam Seleksi CPNS 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf7ab20dcd770bd498b4579/permen-panrb-tentang-penerapan-sistem-ranking-dalam-seleksi-cpns-2018

Permen PANRB tentang Penerapan Sistem Ranking dalam Seleksi CPNS 2018

Permen PANRB tentang Penerapan Sistem Ranking dalam Seleksi CPNS 2018

JPP, JAKARTA - Dengan pertimbangan bahwa tingkat kesulitan Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)Tahun 2018 sangat tinggi dibandingkan dengan soal Seleksi Kompetensi Dasar pada tahun sebelumnya, sehingga mengakibatkan terbatasnya jumlah kelulusan peserta Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 dan terjadinya disparitas hasil kelulusan antar wilayah sehingga berpotensi tidak terpenuhinya kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan.

Sementara, alokasi penetapan kebutuhan/formasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D) perlu dioptimalkan untuk pemenuhan kebutuhan pegawai negeri sipil yang memadai dan tetap mempertimbangkan kualitas agar fungsi pelayanan pemerintah kepada masyarakat dapat lebih baik.

Atas pertimbangan tersebut, pada 19 November 2018, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin telah menandatangani Peraturan Menteri PANRB (Permenpan) Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi CPNS Tahun 2018.

Dalam Permenpan itu ditegaskan, peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Peserta SKB sebagaimana dimaksud, menurut Permenpan ini, terdiri atas: a. Peserta SKD yang memenuhi Nilai Ambang Batas; dan b. Peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas, namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD diatur berdasarkan Peraturan Menteri ini.

Peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD, menurut Permenpan ini, berlaku ketentuan sebagai berikut: a. Nilai kumulatif SKD formasi Umum paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima); b. Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Dokter Spesialis dan Instruktur Penerbang paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima);

c. Nilai kumulatif SKD formasi Umum untuk jabatan Petugas Ukur, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, Penjaga Mercu Suar, Pelatih/Pawang Hewan, dan Penjaga Tahanan paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima); d. Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude) dan Diaspora paling rendah 255 (dua ratus lima puluh lima);

e. Nilai kumulatif SKD formasi Penyandang Disabilitas paling rendah 220 (dua ratus dua puluh); f. Nilai kumulatif SKD formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat paling rendah 220 (dua ratus dua puluh); g. Nilai kumulatif SKD formasi Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II paling rendah 220 (dua ratus dua puluh).

“Ketentuan sebagaimana dimaksud diberlakukan, apabila: a. tidak ada peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, pada kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan; atau b. belum tercukupinya jumlah peserta SKD yang memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, untuk memenuhi jumlah alokasi kebutuhan/formasi yang telah ditetapkan,” bunyi Pasal 4 Permenpan Nomor 61 Tahun 2018 ini.

Permenpan ini menyebutkan, peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang, berlaku ketentuan sebagai berikut: a. peserta yang memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dan berperingkat terbaik sesuai dengan jenis formasi jabatan diikutsertakan sejumlah paling banyak 3 (tiga) kali jumlah alokasi formasi; b. apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); dan c. apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama, serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali alokasi formasi, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

Peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang sebagaimana dimaksud berlaku ketentuan sebagai berikut: a. peserta yang telah memenuhi nilai ambang batas diikutsertakan sebagai peserta SKB kelompok pertama; b. apabila jumlah peserta SKB pada kelompok pertama masih berada dibawah jumlah alokasi formasi, dibuat peserta SKB kelompok kedua yang berasal dari peserta lain yang memenuhi ketentuan dan berperingkat terbaik.

“Jumlah peserta SKB pada kelompok kedua paling banyak 3 (tiga) kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama,” bunyi Pasal 6 ayat (1c) Permenpan itu.

Apabila terdapat peserta pada kelompok kedua mempunyai nilai kumulatif SKD sama, menurut Permenpan ini, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK; dan e. apabila terdapat peserta pada kelompok kedua mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali dari selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

Ditegaskan dalam Permenpan ini, peserta SKB berkompetisi pada kelompoknya masing-masing. Sedangkan peserta SKB pada kelompok kedua berkompetisi untuk mengisi formasi sebanyak selisih antara jumlah alokasi formasi dengan jumlah peserta pada kelompok pertama.

“Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 8 Peraturan Menteri PANRB Nomor 8 Tahun 2018, yang telah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Widodo Ekatjahjana, pada 21 November 2018 itu. (stkb/panrb/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/regulasi/32...eksi-cpns-2018

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Permen PANRB tentang Penerapan Sistem Ranking dalam Seleksi CPNS 2018 Pemerintah Wajibkan Devisa SDA Masuk Sistem Keuangan Indonesia

- Permen PANRB tentang Penerapan Sistem Ranking dalam Seleksi CPNS 2018 Bekraf Berharap Bekfest 2018 Berdampak Positif Ekosistem Ekonomi kreatif

- Permen PANRB tentang Penerapan Sistem Ranking dalam Seleksi CPNS 2018 Presiden di KTT APEC: Pengurangan Ketimpangan adalah Prioritas

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
(TKB CPNS TERLENGKAP SEMUA FORMASi!!!)
Manggo Silahkan yang Mencari Soal Latihan TKB CPNS lengkap dengan butir pembahasan soalnya

#TkbPendidikan
Tkb Guru SD 1 https://bit.ly/2PI02zk
Tkb Guru SD 2 https://bit.ly/2DE6U9t
Tkb Guru SD 3 http://bit.ly/2KppPGv
Tkb Guru Olahraga http://bit.ly/2OTFBu0
Tkb Guru Ipa SMP http://bit.ly/2QciY8D
Tkb Guru Ips SMP http://bit.ly/2QbsdpK
Tkb Guru Kimia SMA http://bit.ly/2DRHExF
Tkb Guru TIK http://bit.ly/2BqwUE0
Tkb Pedagogik http://bit.ly/2DRGWjJ
Tkb Guru Kelas http://bit.ly/2DDwT0N
Tkb Guru PPKN http://bit.ly/2Bpchb8
Tkb Guru Fisika SMA http://bit.ly/2zndzSO
Tkb Guru Bahasa Inggris http://bit.ly/2S7hJox
Tkb Guru Bahasa Indonesia http://bit.ly/2Brd2k5
Tkb Kependidikan 1 http://bit.ly/2DE7uEb
Tkb Kependidikan 2 http://bit.ly/2Qcj5RB
Tkb Kependidikan 3 http://bit.ly/2S6qCPj
Tkb Kependidikan 4 http://bit.ly/2OZo2sm
Tkb Guru Pkn SMP http://bit.ly/2Tv980y
Tkb Guru PKn SMA http://bit.ly/2R4nraW
Tkb Guru MTK SMK http://bit.ly/2DCVXVN
Tkb Guru MTK SMA http://bit.ly/2AaCoAV
Tkb Guru Kelas http://bit.ly/2BoJ1Bw

#TkbGuruAgama
Tkb Guru PAI http://bit.ly/2Ae87kL

#TkbHukum
Tkb Hukum dan UU https://bit.ly/2AgsHkC
Tkb kejaksaan https://bit.ly/2DSb5jg

#TkbKesehatan
Tkb Kebidanan https://bit.ly/2PK8o9B
Tkb perawat https://bit.ly/2QfWYtu
Tkb Apoteker dan Farmasi https://bit.ly/2qYiV1Z
Tkb Dokter Umum https://bit.ly/2FzTIVL
Tkb Dokter Gigi https://bit.ly/2FCyqH6
Tkb Tenaga Kesehatan https://bit.ly/2zmdNcN
Tkb Kesehatan https://bit.ly/2S88OmZ

#TkbKementerian
Tkb Ketahanan Pangan https://bit.ly/2OXU1t9
Tkb kepegawaian dan sumber daya manusia https://bit.ly/2zoVJi7
Tkb Kemenkes https://bit.ly/2FA5nnz
TKb Kemenkas 1 https://bit.ly/2A8owXG
Tkb hubungan internasional https://bit.ly/2BoK7gy
Tkb BPOM https://bit.ly/2qZDhbt
Tkb Perindustrian https://bit.ly/2S7ehKB

#TkbTeknologi
Tkb Ilmu Teknologi https://bit.ly/2DR85mX
Tkb Pranata Komputer https://bit.ly/2OXqU9c

#TkbPerpustakaan
Tkb Perpus https://bit.ly/2DAFBx4
Tkb Kearsipan https://bit.ly/2QfofMW

#TkbKeuangan
Tkb Keuangan https://bit.ly/2zkUqAU
Tkb Ekonom https://bit.ly/2POdRw3
Tkb Akuntansi https://bit.ly/2TyGpYQ
Tkb Administrasi Kantor https://bit.ly/2R8rsew
Tkb Administrasi Negara https://bit.ly/2DRFFJt

#TkbPertanian
TKb Pertanian 1 https://bit.ly/2TxgW1T
Tkb Pertanian 2 https://bit.ly/2DV97OW
Tkb Pertanian 3 https://bit.ly/2S40m8j
Tkb Pertanian 4 https://bit.ly/2DV95GO

#TkbPemprov
Tkb Pegawai Pemprov https://bit.ly/2zlbM0m
Tkb Administrasi Umum https://bit.ly/2Qbjgg9

Semoga membantu semuanya.. 😃


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di