alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Daya Saing Kuat, Moeldoko: Wujudkan Ketahanan Kelapa Nasional
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf7a5d29252336c1a8b4571/daya-saing-kuat-moeldoko-wujudkan-ketahanan-kelapa-nasional

Daya Saing Kuat, Moeldoko: Wujudkan Ketahanan Kelapa Nasional

Daya Saing Kuat, Moeldoko: Wujudkan Ketahanan Kelapa Nasional

JPP, LINGGA - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Pangsa produksi mencapai 23,42% (2014) dari total produksi kelapa dunia, terbesar kedua setalah India (31,02%). Dengan keunggulan komparatif tersebut seharusnya Indonesia memiliki daya saing yang kuat di sektor komoditi kelapa, baik dalam produk primer maupun produk olahan.

Demikian disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri Rakernas I Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) di Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (21/11/2018).

“Presiden Jokowi berpesan agar segera dilakukan langkah-langkah konkrit memperbaiki produktifitas dan membuat rencana jangka panjang agar dapat sustain dalam jangka panjang. Hal lain yang perlu dilakukan oleh kementerian/pemerintah daerah adalah segera memberikan fasilitas kebijakan dan kemudahan-kemudahan untuk memenuhi kebutuhan,” ujar Moeldoko.

Dengan adanya KOPEK, menurut Moeldoko, Indonesia diharapkan dapat menghadapi tantangan di sektor komoditi kelapa. Tantangan tersebut muncul dari sisi supply maupun demand.

Moeldoko menjelaskan, dalam sisi supply, Indonesia menghadapi beberapa tantangan antara lain:

  1. Sekitar 98,3% luas lahan perkebunan kelapa dikuasai oleh perkebunan rakyat (smallholders) yang masih merupakan kebun tradisional, dan usia pohon rata-rata sudah sangat tua;
  2. Produktivitas lahan perkebunan nasional lebih rendah dibandingkan dengan negara produsen kelapa dunia;
  3. Kesenjangan harga produsen dan konsumen; dan
  4. Lebih dari 50% tanaman kelapa saat ini usianya sudah sangat tua dan harus diremajakan untuk meningkatkan produktivitas.
Sedangkan dari sisi demand, Indonesia menghadapi tantangan antara lain:

  1. Keterkaitan antara petani kelapa dan industri belum terjadi secara efektif dan efesien, sehingga mata rantai produksi kelapa dari petani ke industri lebih panjang;
  2. Mayoritas perkebunan rakyat terletak di daerah terpencil dan konektivitas ke pasar atau industri belum terbangun secara memadai; dan
  3. Masih lemahnya inovasi di produk turunan kelapa, sehingga diverfikasi dan diferensiasi produk belum mendalam. Mayoritas produk kepala Indonesia masih berbentuk Kopra.
Untuk itu, Kepala Staf Kepresidenan berharap kabupaten-kabupaten penghasil kelapa ini membuat sistem informasi terpadu yang transparan yang memaparkan potensi di daerah masing-masing. Selain itu, dengan berkah alam atau faktor endowment yang kita miliki, seharusnya kita mempunyai daya saing yang kuat di sektor komoditi kelapa, baik dalam bentuk produk primer maupun produk olahan (manufacturing).

“Saya mengajak rekan-rekan sekalian untuk dapat bekerja bersama-sama guna mewujudkan ketahanan industri kelapa Nasional,” jelas Moeldoko.

Rakernas ini turut dihadiri oleh Pemerintah Daerah, Perwakilan Kementerian dan Lembaga, Akademisi, LSM, Petani Kelapa, Perwakilan Perusahaan dan Asosiasi Pengusaha.

Dalam kesempatan ini, Moeldoko yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) membuka Festival Kelapa Indonesia ke-2 dalam rangka perayaan Hari Kelapa Dunia ke-49 sekaligus Pembukaan Pameran. Dalam Festival kelapa tersebut dipamerkan produk-produk yang berasal dari kelapa seperti produk minuman dan makanan, kerajinan tangan dan furniture.

Lukisan Rekor MURI

Dalam festival ini, sebuah lukisan dari sabut kelapa yang bergambar Presiden Jokowi berhasil memecahkan rekor MURI sebagai lukisan terbesar dari sabut kelapa. Penghargaan ini ditandatangani Ketua Umum MURI Jaya Suprana dan diberikan perwakilan MURI kepada Bupati Kabupaten Lingga Alias Wello.

Lukisan ini menarik karena seluruh bahan pembuatannya berasal dari kelapa dan dikerjakan dalam waktu dua bulan. Lukisan lainnya berukuran kecil bergambar Moeldoko yang juga dibuat dari sabut kelapa. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/327686...elapa-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Daya Saing Kuat, Moeldoko: Wujudkan Ketahanan Kelapa Nasional Cirebon Power Kembangkan PLTU Ramah Lingkungan

- Daya Saing Kuat, Moeldoko: Wujudkan Ketahanan Kelapa Nasional Pemerintah Gandeng UI untuk Pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional

- Daya Saing Kuat, Moeldoko: Wujudkan Ketahanan Kelapa Nasional Pemerintah Meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI untuk Ketahanan Ekonomi Nasional

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di