alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf78febc1d770900f8b456d/5-duet-bek-tengah-tangguh-yang-pernah-berjaya-di-sepak-bola-eropa

5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa

5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa

Sir Alex Ferguson pernah berkata “Attack wins you game, defense wins you title”, menyerang memenangkan pertandingan, bertahan memenangkan gelar. Petuah dari manager legendaris Manchester United tersebut jelas menunjukkan betapa pentingnya arti bertahan atau memiliki pertahanan yang kuat dalam permainan sepakbola.

Pertahanan yang kuat tak bisa dipisahkan dari adanya bek tengah tangguh yang menjadi benteng utama di depan penjaga gawang. Untuk membentuk lini pertahanan yang kuat tentunya tak cukup hanya memiliki seorang bek tengah yang tangguh, ia pun memerlukan partner ideal yang sama tangguhnya untuk menggalang pertahanan timnya. 

Jika dua bek tengah tangguh telah bersatu dalam satu tim, maka mereka akan menjadi tantangan terbesar atau bahkan bisa menjadi mimpi buruk bagi para penyerang lawan.

Sepakbola telah melahirkan banyak duet bek tengah tangguh dalam perjalanannya, berikut beberapa di antaranya.


1. Franco Baresi dan Paolo Maldini
5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa
Akhir 1980an dan awal 1990an merupakan puncak kejayaan bagi AC Milan, merekalah klub pertama yang dijuluki the dream team, tim impian. Kesuksesan besar Milan di masa itu tak lepas dari kokohnya lini pertahanan mereka. Layaknya tim dari Italia, lini pertahanan menjadi faktor paling penting bagi Milan.

Franco Baresi dan Paolo Maldini menjadi aktor utama dibalik ketangguhan lini belakang Milan, duet senior junior yang begitu serasi ini merupakan tembok kokoh yang sulit ditaklukkan penyerang lawan.

Selama belasan tahun, dari 1985-1997 mereka mengawal lini belakang Milan dan menjadikan Milan sebagai salah tim dengan pertahanan terbaik di Eropa. Kerjasama mereka tak hanya terjadi di Milan, namun juga di timnas Italia.


2. Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand
5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa
Selama delapan musim mereka menjadi andalan lini pertahanan Manchester United, duet bek tangguh ini membantu United memenangkan banyak gelar di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Keputusan Sir Alex untuk membeli Vidic di tahun 2006 terbukti tepat, karena ia bisa menjadi tandem sehati bagi Ferdinand di lini belakang setan merah. Penampilan Ferdinand semakin bagus dengan kehadiran bek asal Serbia ini.

Kecepatan dan ketenangan Ferdinand dipadukan dengan kegarangan dan kelihaian dalam duel udara milik Vidic, menjadikan mereka duet bek tengah yang saling mengisi satu sama lain. 

Di rentang tahun 2006-2014 mereka dikenal sebagai salah satu duet bek tengah terbaik di Liga Inggris bahkan di sepakbola Eropa.


3. John Terry dan Ricardo Carvalho
5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa
Kesuksesan Jose Mourinho bersama Chelsea di pertengahan tahun 2000an tak bisa dilepaskan dari ketangguhan lini belakang The Blues. John Terry dan Ricardo Carvalho merupakan duet bek tengah andalan Mourinho saat itu. Penampilan gemilang keduanya menjadi salah satu alasan mengapa gawang Chelsea sulit dibobol lawan.

Ketika menjuarai Liga Primer Inggris 2004/2005 yang mana itu merupakan gelar Liga Inggris pertama Chelsea dalam 50 tahun terakhir, mereka hanya kebobolan sebanyak 15 kali sepanjang musim dan itu adalah rekor kebobolan paling sedikit dalam sejarah Liga Inggris.

Kerjasama dua pemain ini selama enam tahun di Chelsea telah memberikan dua titel Liga Primer Inggris, dua gelar Piala FA dan tiga gelar Piala Liga Inggris.

John Terry dan Ricardo Carvalho berperan besar dalam membawa Chelsea menjadi klub yang disegani di tanah Inggris.


4. Carles Puyol dan Gerard Pique
5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa
Di akhir tahun 2000an dan di awal 2010an, Barcelona menjelma menjadi tim yang paling ditakuti di Eropa berkat tiki taka Josep Guardiola, mereka mendominasi Liga Spanyol dan tercatat tiga kali berhasil menjadi juara Liga Champion.

Penguasaan bola dan kehebatan menyerang ala tiki taka berhasil diseimbangkan dengan kehadiran duet bek tengah Carles Puyol dan Gerard Pique yang tangguh dalam bertahan.

Duet senior junior ini menjadi tembok kokoh di jantung pertahanan Barca, mereka juga turut tampil gemilang ketika memperkuat timnas Spanyol.


5. Sergio Ramos dan Pepe
5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa
Berduet sejak tahun 2007, Sergio Ramos dan Pepe telah banyak membantu Real Madrid meraih berbagai gelar bergengsi. Kekompakan dan ketangguhan mereka di lini belakang Real Madrid membuat mereka selalu menjadi pilihan utama siapapun pelatih Madrid kala itu.

Gaya bermain yang lugas dan tak kenal kompromi menjadi ciri khas mereka. Keduanya menjadi bagian tim ketika Madrid meraih la decima, trofi kesepuluh Liga Champion.

Itulah beberapa duet bek tengah tangguh yang pernah berjaya pada masanya, semoga kelak semakin banyak penerus-penerus mereka, termasuk dari Indonesia juga.


Sumber : https://www.idntimes.com/sport/socce...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa Tampil Beda, Inilah Alasan Sergio Aguero Merubah Warna Rambutnya

- 5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa Tampil Moncer, Liverpool Perpanjang Kontrak Sadio Mane

- 5 Duet Bek Tengah Tangguh yang Pernah Berjaya di Sepak Bola Eropa Semakin Mendekat, Ibrahimovic Dikabarkan Telah Sepakat dengan AC Milan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantul bisa pertamax!!! emoticon-Kaskus Banget


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di