alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPRD DKI Khawatir Jakarta Makin Macet Jika Pajak Motor Dihapus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf788af96bde658558b4567/dprd-dki-khawatir-jakarta-makin-macet-jika-pajak-motor-dihapus

DPRD DKI Khawatir Jakarta Makin Macet Jika Pajak Motor Dihapus

Jakarta - PDIP DKI tidak sepakat dengan usulan PKS yang ingin menghapus pajak kendaraan bermotor kendaraan roda dua. PDIP DKI menyebut hal tersebut akan mengakibatkan kemacetan.

"Ya itu yang kita khawatirkan itu macet. Implikasi pembebasan dari pembebasan kan luas, itu yang dipikirkan matang," kata Ketua Fraksi PDIP DKI Gembong Warsono saat dihubungi, Jumat (23/11/2018).

Gembong menuturkan pajak kendaraan bermotor masih menjadi andalan buat DKI. Dia mengusulkan, daripada menghapus pajak kendaraan bermotor, DKI seharusnya fokus pada peningkatan transportasi massal.

"Ketika belum mampu memberikan alat transportasi massal yang baik, kemudian membebaskan kendaraan bermotor. Nanti akan justru akan menumbuhkan kendaraan luar biasa banyak," jelas Gembong.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD DKI Santoso menilai usulan mengenai penghapusan pajak sangat mengada-ada. Dia mengatakan potensi pendapatan dari pajak kendaraan bermotor sangat besar.

"Bisa sampai Rp 10 triliun pajak kendaraan bermotor, PBBNKB, pajak kendaraan sampai balik nama. Kalau misalnya dihilangin, mau dari mana duit DKI pembangunan?" ucap Santoso saat dikonfirmasi terpisah.

Santoso mengatakan pajak digunakan untuk pembangunan jalan dan subsidi transportasi. Dia menuturkan pajak sangat penting untuk membangun DKI.

"Sekarang transportasi massal, disubsidi, duitnya dari mana kalau nggak dari pajak? kan saling mengisi," ucapnya.

Sebelumnya, PKS mengaku akan memperjuangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup bila memenangi Pemilu 2019. Menurut PKS, cara itu akan mengurangi beban masyarakat.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat, dengan kenaikan Tarif Dasar Listrik dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup," kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS Almuzzammil Yusuf di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (22/11).

Pajak sepeda motor yang dimaksud PKS adalah pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak bea balik nama kendaraan bermotor (PBBNKB), Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk sepeda motor ber-cc kecil.

sumber https://news.detik.com/berita/431379...-motor-dihapus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
segala cara dilakukan untuk mendulang suara, janji janji aneh di keluarkan emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Mentang bego gratis koq d brong semua

Pndpatan daerah sebagian besar dari pajak kendraan , kalau pajak di hapuskn mau dpat duit dr mana
Ide tolol dari partai tolol.
yg hoblok itu knp byr pajak aja hrs dtg ke kantor polisi? serahin dokumn ini itu? apa gk bs lwt atm saja ckp input nomor bpkb atau apaan gt...
Balasan post raul.garcia
Quote:


kl ane jd presiden, bukannya bayar pajak motor, malah dibayar negara

kl mau gila jangan tanggung
tambah macet nih
Quote:


Kayak ga tau aja gan. Harusnya skrg hal2 pajak dll dipermudah. Biar org gampang and ga ribet. Tp tau diri lah. Semakin sulit, semakin akan ada "Jalan" buat ular2 masuk
mending bebas bphtb utk kavling syurga
pajak motor dihapus masallah sekeluarga bisa punya motor sesuai anggota
pajak bermotor diapus boleh, asal bensin dinaikin! (tenang, pemerintah gak pernah abis cara untuk majakin ente)
Diubah oleh unwell
Yg percaya OOT nya over aja

Gaji guru 20 juta
Pajak motor dihapus

Jgn lah kasih janji2 yg gk masuk akal ....
kebijakan bodoh kalo bebasin pajak kendaraan (roda 2 ato 4)

semua kendaraan pribadi kalo gak dibatasin ya bikin macet, salah satu pembatasannya ya dari regulasi pajak

gw punya dan pakai keduanya, jadi tahu kelebihan dan kekurangan masing2 jenis kendaraan.
agak lucu juga orang2 yang hanya pernah naik mobil suka nyalahin kemacetan gara2 sepeda motor
"jalan tol dan jalan2 bebas motor pun tetep bisa macet walo gak ada motor sama sekali"
"volume jalan yang dipakai mobil jauh lebih besar dibandingkan motor, apalagi kalo cuma dipakai 1 orang"

penyumbang kemacetan terbesar = mobil pribadi
penyumbang kecelakaan dan kesemrawutan terbesar = sepeda motor.
Quote:


bayar pajak KB ke SAMSAT gan bukan ke Polsek, Polres atau Polda

SAMSAT itu kantor bersama Gan, Polisi, Dispenda sama DLLAJ

Polisi urusannya Identifikasi kendaraan, biar kedeteksi kepemilikan sama kontrol status kendaraan

Dispenda urusannya pungut pajak kendaraan duitnya ke Pemda bukan ke Polisi

DLLAJ ? lha kan buat mungutin iuran SWDKLLJ

Yang bodoh itu yg percaya sama janji ini lah
Quote:


Pernah urus pajak kendaraan sendiri Gan, ane sering cuma sejam kok, bahkan kalo datang pagi bisa kurang dari 1/2 jam, kalo berkas-berkas lengkap semua lancar jaya, perasaan ane gak pernah kena pungli atau bayar yang kagak jelas

Kayaknya Dispenda Jabar sudah develop sistem pembayaran pajak kendaraan online pernah baca, prosedurnya input data, bayar di ATM trus bukti pembayaran bawa ke SAMSAT untuk ambil STNKnya, tapi belon pernah nyoba sih, masih pake cara manual
Diubah oleh bravo73
Pajak haram ya akhi ukhti emoticon-Smilie
Quote:

bener gan,, setengah jam juga udah kelar kalo persyaratan udah komplit,tp kalo Indramayu mah ada 1 kantor pusat samsat,3 kantor cabang.. jadi kalo cuma perpanjang enak,g pake lama,g ada pungli..
Alah pekok, ben rameee rakpopo motore akeeeh

emngko nek rame kan puyeng dewe rakyate, macet2 meneh. Seng dipekok-pekoki mesti pemerintah.

Ben jarke cah asyuuu mbek pekok kae.

Uteke neng silid, dewe numpak busway karo LRT wae.
Jarke lah cuuuk
kalau tidak salah PKB dan BBNKB merupakan pemasukan pajak pemprov dki terbesar setelah PBB..mau dihapuskan?..sekarang saja dikejar2..dirazia..yang tidak bayar pajak dbaikang, suruh bayar..kalau mau hapus ya dendanya saja, supaya yang telat bayar mau bayar..kalau kedua jenis pemasukan pajak pemprov tersebut dihapus, digantikan pemasukan darimana?
entar pengguna mobil bisa bilang ke pengguna motor "MINGGIR LO PADE, MOBIL GUE BAYAR PAJAK, IKUT MEMBIAYAI INI JALANAN"
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di