alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf78786d44f9f553e8b4573/hey-anak-kosan-pemalas-bersihkan-tuh-kipas-angin-kamu-biar-gak-sakit

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Biar Kamu Gak Sakit!

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!


Sebagai perantau yang sudah menghabiskan nyaris 10 tahun di Depok dan Jakarta, hidup di kosan tanpa kipas angin itu kayaknya enggak mungkin banget deh. Apalagi di Jakarta yang kemungkinan cuacanya dingin tuh kayak jarang banget. Kecuali ya beberapa waktu yang lalu, pas momen Aphelion di bulan Juli. Di mana kalau menurut Thread dari agan Vidyan bahwa "bumi berada pada titik terjauh orbit". Penurunan suhu drastis terjadi di beberapa wilayah di Indonesia saat itu. Bahkan kristal es juga terbentuk di daerah-daerah pegunungan. Jakarta pun terkena imbasnya. Kota panas ini jadi lumayan sejuk. Tapi ya kan Aphelion nggak terjadi setiap hari. Setelah itu selesai ya balik lagi Jakarta panasnya membuatku ingin ngumpat tapi nggak bisa karena takut dosa.

Kipas angin adalah sahabat sejati mereka yang tinggal di kosan. Apalagi kalau mereka nggak bisa afford untuk tinggal di kamar sewaan yang menyediakan AC. Kehidupan gue di kamar pun sangat bergantung pada kipas angin. Nggak bisa deh sehari tanpa itu soalnya jadinya bakalan pengap dan wah bawaannya emosi dan pengen ngumpat terus. Daripada melakukan kegiatan tidak berfaedah dengan mengucapkan kata-kata kotor, yaudah kan mending beli kipas angin. Pernah suatu hari kipas angin gue mendadak mengeluarkan suara yang sangat berisik banget ketika dinyalakan. Semacam suara berdesing yang mengganggu banget gitu. Kayaknya diakibatkan karena ada yang macet di bagian mesin soalnya nggak bisa geleng kiri geleng kanan (?) lagi. Karena kesal dengan suaranya, alih-alih mengumpat, gue tampar aja dia. Akhirnya dia nggak bersuara lagi dan sengklek. Hanya beberapa saat. Sebelum akhirnya dia berisik lagi. 

Tak ingin menyakiti tangan gue lebih lanjut. Malam itu pun gue beli kipas angin yang baru.

Penting buat lo yang anak kosan juga untuk membeli kipas angin yang mudah dibersihkan Gan. Soalnya, meskipun mitos tidur dengan kipas angin menyala bisa bikin meninggal dunia itu nggak benar adanya, tapi kemungkinan masalah kesehatan datang dari kipas angin ini besar banget. Apalagi kalau kipas anginnya kotor dan sudah jadi sarang debu. Pada dasarnya kan kita menggunakan kipas angin untuk membuat udara di sekitar jadi lebih segar. Sehingga oksigen mengalir dari udara di luar ke dalam. Nah di sinilah sebenarnya ada kemungkinan-kemungkinan debu ikut masuk ke kamar kita. Alih-alih  bersih, udaranya malah jadi terkontaminasi.

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!


Debu yang masuk ke kamar ini akan menempel di banyak permukaan di kamar. Apalagi kalau kamar lo kayak kamar gue yang isinya barang-barang basian kuliah sejak tahun 2009 yang nggak tahu harus dikemanain. Debu-debu ini akhirnya akan terus berputar-putar di kamar setiap kali kipas angin menyala. Belum lagi debu yang menempel di bagian belakang, depan, dan di bagian kipas dari si kipas anginnya. Ini ternyata bahasa lho!

Begitu menurut dr Frans Abednego Barus, SpP, mengutip berita yang ditulis dari detikHealth. Katanya, "Debu yang menempel di dinding kamar, masuk ke kamar dan oleh kipas angin akan diputar-putar terus. Suatu saat bisa mengenai kita yang berada di dalam kamar dan menyebabkan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), serangan asma, penyakit paru jangka panjang dan lain-lain," jelas pak Dokter.

Itulah kenapa kita harus membersihkan kipas angin dengan rajin GanSis. Terutama di bagian dalam kipas anginnya (bagian baling-baling). Memang sih ini pekerjaan yang sangat membuat lelah dan malas. Apalagi kalau kipas anginnya harus dibuka dulu pake obeng dan segala macam. Siapa coba yang mau meluangkan waktu di akhir pekannya untuk membersihkan kipas angin? Hahahaha. Tapi ya demi kesehatanmu, mas, jadi haruslah kau lakukan. Beberapa alat yang kamu butuhkan untuk membersihkan kipas angin antara lain:

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!


1. Obeng - yang sesuai dengan ukuran baut di kipas anginnya. Selain perlu untuk kegiatan membersihkan kipas angin sebulan sekali, perlu kiranya seorang anak kos untuk punya obeng di kamarnya untuk hal-hal lain. Seperti misalnya mengeratkan baut apapun yang longgar di kamar, memukul kecoa yang kebetulan lewat, atau sekedar mengaduk teh panas kalau tidak ada sendok dan kalau semua sendok di kamarmu sedang kotor dan kamu terlalu malas membersihkannya.

2. Kain microfiber - ya sebenarnya nggak harus kain microfiber sih. Bisa kain apa aja. Gue biasanya pakai baju dalam bekas untuk dijadikan lap. Tapi kain microfiber bisa membersihkan dengan cepat dan nggak meninggalkan sisa-sisa debu. Basahkan dengan air atau semprotan pembersih kaca untuk hasil bersih yang maksimal. 

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!


3. Sikat cuci - bagian yang paling menyebalkan dari kegiatan membersihkan kipas angin adalah ketika sampai di bagian jeruji-jerujinya. Selain karena banyak dan jaraknya yang kecil-kecil satu sama lain, debu-debu juga kadang masih menempel di bagian dalam kalau hanya dibersihkan dengan lap doang. Di sinilah lo membutuhkan sikat cuci. Alirkan air keran ke bagian jeruji dan gunakan sikat cuci untuk membersihkannya. Kalau di bagian belakang yang dekat kabel listrik, jangan dialirkan air ya hahahaha. Sebaiknya bungkus dulu kabelnya dengan plastik, lalu gunakan sikat cuci yang bulu-bulunya basah dan sikat perlahan. Keringkan sampai benar-benar kering kalau perlu pakai hair dryer di bagian dekat kabel listrik di badan kipas angin untuk menghindari korslet saat digunakan.

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!


4. Kanebo - nggak cuma motor yang butuh kanebo. Membersihkan kipas angin juga butuh kanebo untuk mengeringkan setelah dicuci. Karena kalau langsung dinyalakan dan dibiarkan berputar, nanti sisa-sisa airnya bisa muncrat ke mana-mana. Mengeringkan dengan kanebo juga buat memastikan bahwa tidak ada sisa debu yang basah dan kotor sebelum memasang lagi jeruji dan menyalakan lagi kipas angin.

Hey, Anak Kosan Pemalas! Bersihkan Tuh Kipas Angin Kamu Biar Gak Sakit!


Nah itu tips dari gue yang belakangan jadi rajin bersihin kipas angin. Ayo anak kosan, jangan malas ya!

Hihihi.
Diubah oleh ronzstagram
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
ya jangan mager buat bersihin
Balasan post edsixteen
tapi sering mager emoticon-Frown
kalo cuman debu sih mudah pake lap langsung bersih,
yang repot kalo debu kecampur ama gemuk yg muncrat dari motornya kipas itu
ane di kota yg dingin, jadi kagak pake kipas gan emoticon-Embarrassment
Quote:


Kalo muncrat begitu yg jadi masalah kalo muncratannya kemana mana, apalagi kalo kena muka.
Langsung di lap pake tissue aja emoticon-Malu (S)
Ane pernah lihat kipas hitam banget..


Geli lihatnya. emoticon-Leh Uga
ane bukan anak kosan, perlu bersihin kipas angin ane yg kotor nggak Gan?
jgn dibersihin,diemin aja
Sebulan sekali selalu bersihin kipas angin, 1 bulan aja debunya dah numpuk.
Ane jarang pake kipas angin listrik, paling pake koran atau kalender bekas buat kipas kipas, lebih alami rendah risiko
Quote:


Hehe kebetulan hari minggu
Siap pas libur dibersihin, klw ingetemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Wah ternyata gak cman sempak aja yg dicuci ya gan emoticon-Ngakak
Kotor beli lagi daripada ribet ribet
Ane buka kipas angin, eh penasaran di bongkar semua, malah gak nyala lagi emoticon-Ngakak
mejeng dulu di trit nya anak kost emoticon-Hot News
Ahahaha kadang lbh suka mager buat bersih in emoticon-Leh Uga
Balasan post 4ltha
ane juga gan..
anak gunung..
Ane rutin sebulan sekali bersihin kipas sih emoticon-Big Grin
Tapi kipas yg standing yak, kalo yg digambaran TS ya susah juga tuh bersihin nya.. butuh tukang
Gue ngontrak selama 4 tahun baru 2x bersihin kipas gan
Dan alhamdulillah sampai lulus juga ga terjadi apa apa gan
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di