alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ridwan Kamil Wajibkan Sekolah Terapkan Kurikulum Tanggap Bencana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf77f8b582b2ed3488b4571/ridwan-kamil-wajibkan-sekolah-terapkan-kurikulum-tanggap-bencana

Ridwan Kamil Wajibkan Sekolah Terapkan Kurikulum Tanggap Bencana

detiknews
jumat, 23 november 2018

Ridwan Kamil Wajibkan Sekolah Terapkan Kurikulum Tanggap Bencana
Sejumlah santri di Karawang melakukan simulasi penanganan bencana. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)

Karawang - Gubernur Jabar Ridwan Kamil bakal mewajibkan seluruh sekolah menerapkan kurikulum tanggap bencana. Sebab, kata Emil, sapaannya, wilayah Jabar rawan bencana alam. Maka itu, keterampilan siaga bencana sangat diperlukan untuk meminimalisir jumlah korban. 

"Mulai Januari (2019), seluruh sekolah di Jabar saya wajibkan melakukan kegiatan kurikulum tanggap bencana agar kita belajar pada sejarah, menjadi bangsa yang pintar untuk hidup lebih selamat di masa depan," kata Emil saat meresmikan Program Pelajar Siaga Bencana Tahun di Yayasan Kharisma Darussalam Jalan Raya By Pass Jomin Timur, Kabupaten Karawang, Jabar, Jumat (23/11/2018). 

Menurut dia, pelaksanaan kurikulum itu akan diwajibkan di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga SMA. "Semua jenjang diwajibkan mulai dari TK sampai SMA. Nanti diperintahkan seluruh kadis yang mengurusi TK,SD di pemerintahan tingkat dua, kalau SMA nanti di tingkat provinsi," ujar Emil. 

Saat ini, kata Emil, kurikulum tersebut sudah mulai dilajukan di beberapa sekolah di Jabar. Salah satunya ialah Sekolah Islam Terpadu Kharisma Darussalam, Karawang. Di sekolah itu, Emil melihat langsung ratusan santri melakukan simulasi penanganan bencana, mulai dari evakuasi korban hingga bermacam langkah antisipasi saat terjadi gempa dan kebakaran.

Ridwan Kamil Wajibkan Sekolah Terapkan Kurikulum Tanggap Bencana
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)

Adapun saat ini, sambung dia, Pemprov Jabar tengah menjajaki kerja sama dengan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) dan pemerintah Yokohama untuk menentukan kurikulum tanggap bencana. "Kita bekerja sama dengan JICA juga Yokohama untuk memberikan asistensi kurikulum bencana. Karena karakter bencana di Jepang paling mirip dengan kita, wilayah mereka masuk ring of fire," tuturnya. 

Dia menjelaskan kurikulum itu sangat penting lantaran Jabar merupakan provinsi yang rutin terkena bencana alam. Ia mencatat, dalam satu bulan ini terjadi 90 bencana di berbagai daerah. 

"Sebagai provinsi yang rutin kena bencana, anak sekolah di Jabar harus siap, tanggap dan punya ilmu menghadapi gempa bumi, gunung meletus, banjir dan semacamnya untuk meminimalisir korban di kemudian hari," ucap Emil.

(bbn/bbn)


original link ;

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4313706/ridwan-kamil-wajibkan-sekolah-terapkan-kurikulum-tanggap-bencana
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Ana prihatin sama saudara saudara ana di jabar bakal dipimpin sama orang model begini selama 5 tahun ke depan
Balasan post ndoromuda
Quote:


prihatin? otak lu kebalik ya?
apa yang salah dari mendidik orang untuk siap siaga terhadap bencana? lu maunya gubernur macem aher yang cuma bisa doa tanpa usaha tiap kali ada banjir?
Quote:


mungkin dia sukanya sama yg berjenggot dan bertanduk
.
khan tiap spesies punya ciri khas masing2. kalo agan sukanya yg gimana?
bener nehh... sebagai negara yg berada di RoF, harus tahu tanggap bencana... Banyak juga kearifan² lokal perihal misalnya akan ada tsunami...
betul nih kang, supaya korban jiwa bisa diminimalisir, sukur2 gak ada korban jiwa... emoticon-Cool
sisipin di pelajaran penjas mantap kayaknya
harusnya dari dulu, seenggaknya belajar dari bencana gempa & tsunami 2004/2006
boleh uga


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di