alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf7744260e24b5b618b4578/eksotis-hingga-ekstrim-5-goa-di-pacitan-ini-patut-kamu-jelajahi

Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi

Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi

Julukan "Kota 1001 Goa" memang layak disandang oleh daerah Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur ini. Pasalnya, jumlah goa yang terdapat di kota ini cukup banyak sekali. Hal tersebut dikarenakan letak Pacitan berada di wilayah yang dikelilingi perbukitan karst, sehingga sangat berpotensi ditemukan banyak goa di sini.

Sayang sekali, baru segelintir goa saja yang sudah dikembangkan sebagai objek wisata. Meski baru sedikit sekali goa yang dapat dijadikan objek wisata, dibalik itu semua masih banyak goa dengan pesona yang tak kalah menawan dan menakjubkan untuk kamu datangi. Berikut ini sederet nama goa di Pacitan yang bisa kamu jelajahi.


1. Goa Peden
Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi
Goa yang berada di Dusun Seso, Desa Pringkuku, Pacitan ini dikenal karena terdapat sebuah stalagmit menyerupai pocong yang terbentuk akibat kumpulan kalsit dari tetesan air dalam goa. Tidak banyak yang tahu perihal keberadaan Goa Peden ini karena lokasinya yang berada di daerah terpencil sehingga belum dapat terkelola dengan baik.

Ketika masuk, kamu akan melihat keindahan batuan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi langit serta lantai goa. Dibutuhkan sekali alat bantu penerangan, sebab keadaan di dalam goa yang masih cukup gelap.

Berhati-hatilah ketika sedang menelusuri goa ini karena terdapat beberapa jurang yang curam serta lintasan yang mengharuskan kamu memanjat bebatuan di dalam goa.


2. Goa Gong
Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi
Goa yang memiliki pemandangan yang sangat eksotik ini merupakan objek wisata yang paling terkenal di Pacitan. Awal mula diberi nama "Gong" karena terdengar suara menyerupai alat musik tradisional gong yang bersumber dari tetesan air yang menyentuh bebatuan stalaktit dan stalagmit.

Goa sepanjang 256 meter ini menyuguhkan bebatuan stalaktit dan stalagmit berusia ratusan tahun yang menghiasi seluruh dinding goa. Belum lagi segarnya kolam alami yang juga terbentuk berkat tetesan air serta lampu warna-warni yang disediakan pengelola turut menghiasi objek wisata ini.

Tidak seperti goa lain, disini sudah tersedia fasilitas yang cukup memadai demi kenyamanan pengunjung. Jika tertarik mengunjungi Goa Gong kamu bisa datang ke Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.


3. Goa Somopuro
Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi
Goa dengan pemandangan aduhai selanjutnya berlokasi di Dusun Sempu, Samapuro, Bungur, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Eksotika bebatuan stalaktit nan runcing menggantung bebas menghiasi langit-langit disepanjang jalur Goa Somopuro. Tak ketinggalan pula batuan stalagmit yang ikut serta menghiasi bagian bawah dari goa ini.

Konon, goa ini pertama kali ditemukan pada abad ke 18. Untuk menikmati panorama bawah tanah yang menakjubkan ini kamu perlu menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Meski sedikit jauh, pemandangannya tak akan membuat kamu kecewa.


4. Goa Luweng Ombo
Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi
Goa Luweng Ombo dengan pintu masuk berbentuk vertikal ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan para pecinta alam. Posisi mulut goa ini jaraknya dekat dengan jalanan, sehingga akan mudah sekali ditemukan. Dibutuhkan nyali serta peralatan lengkap yang dapat menunjang agar kamu bisa menikmati keindahan dari Goa Luweng Ombo.

Efek cahaya matahari yang masuk melalui mulut goa menambah keindahan yang tak ternilai di goa ini. Tak lupa pula lumut hijau turut tumbuh menghiasi bagian dinding goa yang cukup lembab. Lokasi goa yang berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 130 meter.

Buat kamu yang suka dengan hal ekstrim, bisa coba sensasi menegangkan saat menjelajahi Goa Luweng Ombo ini.


5. Goa Luweng Jaran
Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi
Dusun Kasri, Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan menjadi lokasi dari Goa Luweng Jaran. Tidak sembarang orang dapat masuk ke dalam goa dengan medan yang cukup ekstrim ini. Hanya orang bernyali besar, memiliki pengetahuan alam yang cukup dengan peralatan memadai, serta sudah mengantongi izin dari pihak terkait yang boleh menjelajahinya.

Saat hujan lebat, mulut goa yang berupa celah-celah kecil dan merupakan satu-satunya akses masuk ke dalamnya akan dipenuhi oleh air hujan dan berubah menjadi pusara air. Sangat beresiko sekali ketika mengeksplor goa vertikal ini tanpa persiapan yang matang. Goa ini masih belum banyak dijamah orang karena letaknya yang juga sulit diakses. Buat kamu yang tidak memiliki cukup keyakinan, jangan sekali-kali coba memasuki goa ini, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi 10 Potret Keindahan Pantai Teluk Asmoro Malang, Dijamin Terpesona!

- Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi 6 Wisata Seru di Pujon Malang ini Bikin Liburan Jadi Gak Terlupakan!

- Eksotis Hingga Ekstrim, 5 Goa di Pacitan Ini Patut Kamu Jelajahi 12 Potret Serunya Berlibur ke Mojosemi Forest Park, Penak Tenan Rek!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantul bisa pertamax!!! emoticon-Kaskus Banget


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di