alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Spanyol Tolak Kesepakatan Brexit Jika Status Gibraltar Tidak Diklarifikasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf75faf94786813058b4572/spanyol-tolak-kesepakatan-brexit-jika-status-gibraltar-tidak-diklarifikasi

Spanyol Tolak Kesepakatan Brexit Jika Status Gibraltar Tidak Diklarifikasi

Spanyol Tolak Kesepakatan Brexit Jika Status Gibraltar Tidak Diklarifikasi
[MADRID] Kontroversi mengenai naskah kesepakatan Brexit dengan Uni Eropa (UE) terus mendominasi agenda politik Inggris, termasuk topik mengenai wilayah Gibraltar yang telah memancing kekesalan Spanyol. Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez menyatakan negaranya akan menolak rancangan perjanjian Brexit antara Inggris dan UE pekan lalu jika tidak ada klarifikasi di teks tersebut untuk pembicaraan masa depan mengenai status Gibraltar.


Gibraltar adalah wilayah luar negeri kecil dengan kedaulatan Inggris di lepas pantai selatan Spanyol. Kesepakatan Brexit atau secara resmi dikenal sebagai “Kesepakatan Penarikan”, mencakup banyak elemen terkait penarikan Inggris dari UE, termasuk hak-hak warga negara, perjanjian keuangan dan periode transisi (21 bulan setelah Maret 2019 ketika Inggris dijadwalkan meninggalkan UE), serta protokol-protokol atas Irlandia, Gibraltar, dan Siprus.

Spanyol ingin memastikan status Gibraltar tidak ditinggalkan dalam pembicaraan masa depan UE-Inggris. Lewat pesannya di Twitter, Selasa (20/11), Sanchez menyatakan pembicaraan mengenai status Gibraltar, setelah periode transisi berakhir, harus dilakukan antara Spanyol dan Inggris.

Ditambahkan, perubahan-perubahan ini harus dilakukan pada Minggu (25/11), ketika Dewan Eropa (terdiri dari kepala-kepala UE) bertemu untuk pertemuan khusus mengenai Brexit.

Wilayah Gibraltar yang didominasi oleh Batu Gibraltar (Rock of Gibraltar), diserahkan kepada Inggris pada awal tahun 1700-an setelah ditangkap dari Spanyol. Kedaulatan wilayah itu telah menjadi rebutan antara Inggris dan Spanyol sejak berbagai upaya oleh Spanyol untuk mengambil kembali tanah tersebut.

Spanyol menegaskan klaim atas Gibraltar meskipun penduduknya menolak dalam dua referendum terpisah, yang terakhir pada 2002. Lalu, Pemerintah Inggris mengajukan berbagi kedaulatan dengan Spanyol, tapi memberikan hak pemungutan suara kepada warga Gibraltar dengan hasil 98,9 persen menolak usulan tersebut. Dengan referendum Brexit pada 2016, masa depan Gibraltar pun kembali muncul ke permukaan.[CNBC/BBC/C-5]

NO BREXIT WITHOUT SPAIN AGREEMENT. VIVA ESPANA !!!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
brexit ini alot banget terutama daerah-daerah perbatasan inggris
pintar juga ni Espana..

main dengan 2 kaki
bilang ae pengen wilayah gibraltar.

YE KAN, YE KANN?? emoticon-Ngakak
numpang nyimak gan emoticon-Traveller
Balasan post ffffffffffffffu
Quote:


Iya laah. Siapa yang gak pengen wilayah strategis kaya gt. emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
Kepingin tapi malu
Balasan post lauda.9396
Quote:


Perang aja nggak takut. Ngapain musti malu ?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di