alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Uji Tabrak Asean NCAP Wuling Conference Diganjar Bintang 1
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf75a0dded770f3258b4573/uji-tabrak-asean-ncap-wuling-conference-diganjar-bintang-1

Uji Tabrak Asean NCAP Wuling Conference Diganjar Bintang 1

Jakarta - ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) telah mengeluarkan hasil uji tabrak untuk Wuling Confero, Proton X70, dan mobik pikap TATA Super Ace. Lembaga pemeringkatan keselamatan ini memberikan Bintang 5 untuk Proton X70, bintang 1 untuk Wuling Confero, dan Pikap TATA Super Ace tidak mendapatkan bintang pada uji tabrak tersebut.

Uji tabrak ASEAN NCAP secara garis besar terbagi dalam 3 kategori, yaitu Adult Occupant Protection, Child Occupan Protection, dan Safety Assist. Untuk arah tabrakan dilakukan dari sisi depan dan samping.

Baca juga: Mau Beli Mobil LCGC? Perhatikan Dulu Uji Tabraknya



Wuling Confero

Setelah melewati uji tabrak ASEAN NCAP, Wuling Confero mungkin cukup mengecewakan dalam hasil yang mereka dapat. Mobil tersebut hanya mendapatkan satu bintang dari maskimal 5 bintang, tentu ASEAN NCAP punya jawabannya.

Dinilai dengan cara yang sama seperti mobil-mobil yang sudah diuji tabrak sebelumnya, MPV buatan China ini mendapat nilai nol untuk perlindungan penumpang dewasa dan perlindungan kepala penumpang. Untuk tabrakan samping Wuling Confero mendapatkan nilai yang bagus 14,64 dari maksimal 16. Tidak mendapatkan nilai di dua indikator, total nilai dari hasil uji tabrak pada penumpang dewasa pada Wuling Confero hanya 14,64.

Uji tabrak Wuling Confero. Foto: Dok. ASEAN NCAP



Untuk penumpang anak-anak dalam uji tabrak Wuling Confero tidak seburuk pada penumpang dewasa dengan total skor 21,66 dari total 49. Safety Assist pun juga mendapatkan nilai yang buruk hanya mendapatkan nilai 4 dari maksimal 18. Pada penilaian ini Wuling Confero tidak mendapatkan nilai dari Blind Spot Techonoloy dan Safety Assist Technology.

Wuling Confero adalah model pertama di bawah merek Wuling yang diuji oleh ASEAN NCAP. MVP ini dilengkapi dengan Seatbelt Reminder System untuk pengemudi dan penumpang depan sebagai standar di seluruh varian. Meskipun Electronic Stability Control tidak tersedia dalam varian apa pun, Anti-lock Braking System menjadi paket opsional dalam pembelian Wuling Confero. Dengan skor keseluruhan 36,94 poin, Wuling Confero mendapatkan satu bintang dari ASEAN NCAP.

Baca juga: Uji Tabrak Dapat 1 Bintang, Ini Fitur Keamanan Wuling Confero



Proton X70

SUV asal Malaysia, Proton X70 mendapatkan hasil terbaik dalam uji tabrak ASEAN NCAP. Untuk penumpang dewasa Proton X70 diberikan nilai 15,27 dari nilai maksimal 16. Pada tabrakan dari samping, Proton X70 mendapatkan nilai maksimal 16. Nilai maksimal juga diraih pada perlindungan kepala dengan nilai 4 yang merupakan skor tertinggi untuk bagian tersebut.

Kompartemen penumpang dari kendaraan tetap stabil di tabrakan depan. Data dari boneka percobaan menunjukkan kendaraan yang diuji sudah memberikan perlindungan bagus ke penumpang depan dan pengemudi. Sedangkan dada pengemudi, kaki bagian bawah dan pergelangan kaki mendapatkan perlindungan yang cukup.

Proton X70. Foto: Dok. ASEAN NCAP



Kinerja Head Protection Technology (HPT) telah dikonfirmasi dengan tes tambahan dengan skor yang ditentukan berdasarkan Fitment Sistem Pemeringkatan (FRS).

Perlindungan terhadap penumpang anak-anak juga mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Dari total nilai terbaik 49, Proton X70 mampu menorehkan angka 40,78. Untuk nilai Safety Assist mendapatkan total skor 14 dari maksimal 18. Penilaian safety Assist meliputi Effective Braking & Avoidance, Seatbelt Reminder, Blind Spot Technology, dan Advance SATs.

Proton X70 adalah SUV pertama yang diproduksi oleh Proton dan yang terbaru dari modelnya yang menjalani pengujian ASEAN NCAP. X70 hadir dengan enam airbag sebagai standar. Proton melengkapi SUV ini dengan beberapa fitur aktif keselamatan sebagai standar seperti Electronic Stability Control dan Seatbelt Reminder System untuk penumpang di barisan bangku depan. Selain itu, X70 juga menawarkan Advanced Safety Assist Technologies. Dengan skor keseluruhan 89,24 poin, Proton X70 telah berhasil memperoleh 5 bintang dari ASEAN NCAP.

Baca juga: APM Sempat Terperangah Saat Mobil Mereka Diuji Tabrak



TATA Super Ace

Selain mobil penumpang, mobil komersial jenis pikap juga diuji oleh ASEAN NCAP. Perbedaan pengujian hanya tidak adanya penilaian terhadap penumpang anak-anak pada mobil ini.

Setelah melewati serangkaian uji tabrak, TATA Super Ace tidak mendapatkan bintang sama sekali. Untuk tabrakan dari depan dan perlindungan kepala mendapatkan nilai 0, sedangkan tabrakan dari samping 10,34 dari total maksimal 16. Dengan rincian tersebut, nilai total uji tabrak penumpang dewasa hanya 10,34 dari nilai maksimal 36.

Uji tabrak Pikap Tata Super Ace. Foto: Dok. ASEAN NCAP



Dalam uji dampak depan, berpotensi menderita luka parah pada seluruh tubuh. Penumpang depan hanya memiliki marjinal perlindungan ke dadanya dengan kemungkinan cedera serius pada kaki bagian bawah. Hasil tes dummy dari tabrakan samping menunjukkan lemahnya perlindungan terhadap kepala pengemudi. Pada Safety Assist Tata Super Ace tidak mendapatkan nilai sama sekali.

Ini adalah model Tata kedua yang menjalani uji tabrak di ASEAN NCAP. Sebelumnya Tata Vista pernah diuji pada tahun 2014 yang memperoleh 3 bintang untuk Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection (COP). Super Ace yang diuji di bawah penilaian saat ini tidak dilengkapi dengan airbag, Electronic Stability Control, ABS dan Seatbelt Reminder System. Dikarenakan Tata Super Ace adalah kendaraan single cab, ASEAN NCAP tidak melakukan penilaian perlindungan penumpang anak. Oleh karena itu, skor keseluruhan dari 19,15 poin hanya dikontribusikan oleh poin dari penilaian di bawah kategori perlindungan penumpang dewasa. Berdasarkan skor ini, Tata Super Ace tidak mendapatkan bintang dalam rangkaian uji tabrak ASEAN NCAP.

https://oto.detik.com/mobil/d-431345...njar-bintang-1

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
yakin gw esemkah dapet bintang 5 atau 6 malah...
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Penting tuh, safety factor. Jgn asal murah
Esemghoib dpt berapa bintang?
Ya wajarlh no airbag..
Calya sama Sigra juga beda hasilnya hanya gara2 airbag.. Yg g ada airbag udah otomatis g akan lebih dari satu bintang..
emoticon-Ngakak
mumer kalo minta full perlindubgan nambah lg
Quote:
hahahhaa mobil yg kalo lewat rel ka pasti mati.
Balasan post namima
Quote:


dan calya sigra gak pernah di rilis hasil tes crash nya emoticon-Embarrassment
Balasan post sudarmadji-oye
kenapa ya tidak pernah di rilis ?

avanza juga

di balik deh , mobil jepang yang lolos harganya berapa aja ?

hahaha
Ane ngubek2 pabrikan mainstream yg lowend kok kaga nemu ya..
pemberian nilai juga dipengaruhi peralatan keselamatan seperti airbag
kalau wuling ga punya airbag jelas itu berdampak besar pada nilai nya
kalau mau aman mending beli yang udah branded seperti BMW emoticon-Leh Uga
udah hukumnya, ono rego, ono rupo...emoticon-Traveller
Balasan post ksatriabajaputi
Quote:


Avanza bintang 4 gan diuju july 2013
Xenia bintang 4 diuji july 2013
Livina bintang 4 diuji des 2015
Xpander bintang 4 diuji jan 2018
Ertiga bintang 4 april 2016. Belum yg gen terbaru
Confero bintang 1 nov 2018
Carry bintang 0

LCGC
Datsun Go 2 bintang sep 2015, gagal saat uji tabrak samping
Calya 4 bintang sep 2016
Sigra 2 bintang okt 2016
Agya 4 bintang sep 2015
Ayla 1 bintang sep 2015

Yg lain:
CRV, ECLIPSE, CHR, RUSH, Jazz, Sienta, Innova, Altis, Vios dpt 5 bintang
Swift, Mirage dpt 4 bintang

Semua ada kok di web NCAP

Jadu bukannya ga pernah dirilis.. pada males cari tau aja
Balasan post sirmalvinas
Quote:



https://autonetmagz.com/ini-dia-daftar-mobil-wuling-yang-di-rebadge-chevrolet/74428/
Itu kan yang di tes versi paling murah as known as wuling formo

Coba wuling yang standar pasti bintang 4 ke atas karena yang global ncap bintang 4 atau 5
sudahlah, masyarakat indonesia rata rata gak peduli fitur safety mobil
yang penting gaya dulu bos walau "melarat' emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik
semka dapet bintang 7 lah..kalo jempol kasih lah jempol 5..emoticon-Leh Uga
Balasan post dwisuli
iya nih ane yang salah ,
berarti yang 2013 bintang 4 ,

kalau avanza 2010 ada gan ratingnya ?

Balasan post ksatriabajaputi
Quote:


Nah kalo ini ane ga nemu gan, pas di web NCAP nyari avanza keluarnya ya hasil tes terbaru blm nemu yg dibawah 2013 itu

Tapi kalo liat speknya yg ga ada airbag. Paling bagus bintang 1 kayaknya
Quote:


Sales yoyota ? emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di