alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri Susi: Indonesia Luar Biasa, Tapi Kita telah Gadaikan Kedaulatan kita
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf7417bd9d7708d078b4568/menteri-susi-indonesia-luar-biasa-tapi-kita-telah-gadaikan-kedaulatan-kita

Menteri Susi: Indonesia Luar Biasa, Tapi Kita telah Gadaikan Kedaulatan kita

Menteri Susi: Indonesia Luar Biasa, Tapi Kita telah Gadaikan Kedaulatan kita

PILIHANRAKYAT.ID, PEKANBARU - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, dalam 20 tahun terakhir, laut Indonesia banyak didatangi kapal-kapal dari luar negeri untuk mengambil ikan. Tidak terasa pada tahun 2000-an banyak perusahaan berhenti karena jumlah ikan berkurang drastis. Hal ini juga disusul dengan menurunnya jumlah profesi nelayan.

“Banyak nelayan di Pulau Jawa beralih profesi dan memilih datang ke Jakarta, karena ikannya habis. Hari itu kita semua tidak tahu kenapa ikan kita habis,” terang Menteri Susi dalam sambutannya pada acara Parenting Akbar dan Makan Ikan di Taman Ahsantum Al-Ihsan Boarding School, Riau pada Rabu (3/10/2018) lalu.

Baca Juga:



“Setelah saya menjadi Menteri dan melihat apa yang terjadi, rupanya tahun 2001 Pemerintah mengijinkan kapal asing untuk berganti bendera menjadi bendera Indonesia dan menangkap ikan di wilayah kita. Namun karena niat mereka datang adalah untuk mencuri, ijinnya satu kapalnya ada 10-20 kapal. Kapalnya itu besar-besar. Akhirnya jumlah (produksi) ikan kita menurun hingga beberapa juta ton saja,” tambahnya.

Susi mengatakan, berbagai persoalan mengenai kelautan dan perikanan muncul, dan berujung pada terbongkarnya kasus illegal fishing yang menyeret kejahatan lainnya, seperti penyelundupan hewan-hewan langka, penyelundupan obat-obat terlarang hingga perdagangan manusia.

“Indonesia ini negara yang besar dan penduduknya begitu banyak, masa dengan jumlah penduduk yang begitu banyak ini kita tidak bisa mengelola laut kita sendiri. Kita malah membiarkan kapal-kapal asing masuk mencuri ikan dan melakukan kejahatan lainya seperti penyelundupan narkoba, miras, dan binatang-binatang langka dari Indonesia,” jelasnya.

Simak: Susi Optimis Riau Akan Kembali Menjadi Bandar Ikan

Akhirnya pada 2016 lalu, Presiden Joko Widodo meneken Perpres nomor 44 yang melarang investasi asing masuk ke dalam industri perikanan tangkap. “Pemerintah sudah putuskan asing tidak boleh tangkap ikan Indonesia, sudah ada Pepres-nya. Kita harus jaga itu, karena mafia-mafia tidak akan pernah berhenti. Dan presiden dengan komitmennya, akhirnya sudah ada 488 kapal yang ditenggelamkan,” ujar Menteri Susi.

Ia mengakui, meski sudah hampir empat tahun menjadi menteri dan banyak yang dilakukan, tapi masih banyak persoalan yang menjadi PR baginya, terutama menjalankan tiga pilar pembangunan, yakni kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan. Ia mengatakan, menjaga kedaulatan agar tetap ada, merupakan hal penting yang akan berpengaruh pada aspek keberlanjutan dan kesejahteraan.

“Indonesia ini luar biasa. Tapi ada satu hal yang kita lupa. Kita telah gadaikan kedaulatan kita. Ini yang tidak boleh terjadi!” tegasnya.

Editor: Didik Hariyanto
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
yg menggadaikan presiden2 sebelum Jokowi emoticon-Ngakak (S)
lanjutken bu emoticon-thumbsup
Presiden thn 2001 ya ... emoticon-Big Grin
Quote:



di mulai dari tahun 2001 emoticon-Leh Uga


mo di seruduk bu 😱



Quote:


Sebelum di seruduk tenggelamkeun ..
Balasan post devilianmochino
Quote:




tergantung 17 April 2019 bre emoticon-Leh Uga

kalo orang goublok masih banyak dan tetep milih caleg partai doyan Korupsi, si bu Susi yg bakal di seruduk ampe mental ke Pangandaran emoticon-Ngakak



Quote:


Maka'nya bre kita berharap dan berdoa saja semoga pintu hati mereka terketuk bahwasan'nya selama ini mereka tersesat dan tak tau jln pulang .. emoticon-Bettyemoticon-Wakakaemoticon-Leh Uga
Balasan post devilianmochino
Quote:




kalo tiap Hari di cekokin aer kobokan sampe mabok, gimana gak tersesat bre emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga emoticon-Wkwkwk



ini bu susi mak jleb bener nyindir pak petugas emoticon-Angel
Quote:


pesona sembako dan amplop bre
Balasan post cebong2019
Quote:


Berita nya di baca dong gan emoticon-Frown
2001? belom pernah diseruduk kah ibu?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di