alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Faisal Basri Samakan Pembangunan Ekonomi ala Jokowi dan SBY
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf73d1d98e31b095e8b4568/faisal-basri-samakan-pembangunan-ekonomi-ala-jokowi-dan-sby

Faisal Basri Samakan Pembangunan Ekonomi ala Jokowi dan SBY



TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri menilai tak ada perbedaan signifikan di bidang pembangunan ekonomi pada era Presiden Jokowi dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya. Hal ini khususnya terkait pusat perekonomian masih berkutat di wilayah Pulau Jawa.

"Jadi di era Pak Jokowi ini dan di era Pak SBY, share Jawa (kontribusi ke pertumbuhan ekonomi nasional) itu naik terus," kata Faisal di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Hal tersebut Faisal sampaikan dalam acara The Consumer Banking Forum "The Bank's Journey as a Platform and New Business Model: Menangkap Peluang di Tengah Ketidakpastian Global dan Tekanan Nilai Tukar Rupiah Serta Suku Bunga Tinggi.

Memang, kata Faisal, dari barat sampai ke timur berjajar pulau-pulau sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia. "Tapi yang maju cuma Jawa," ujarnya. "Katanya ngomongnya akan dimulai dari pinggiran lah, kawasan timur, tidak ada itu. Share Jawa yang naik terus".

Padahal, menurut Faisal, pemersatu pulau-pulau adalah laut. Dan pemerintah sudah membicarakan soal tol laut, namun hingga saat ini tidak ada efeknya terhadap biaya logistik.

Hal tersebut terbukti dari porsi biaya logistik yang menempati urutan tertinggi. "Logistic cost tetap paling tinggi, 24 persen dari PDB, karena tidak terjadi shifting angkutan barang dari darat ke laut," ujar dia.

Masih tingginya porsi biaya logistik ini pula, menurut Faisal, menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan dari tol laut yang sering disebut-sebut pemerintahan Jokowi. "Karena 90 persen barang diangkut dengan truk melalui jalur darat." Padahal Indonesia merupakan negara maritim dan di dunia saat ini 70 persen barang diangkut dengan menggunakan kapal.

sumber

32+10+4 tahun yg sia-sia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gak buat trit kurs dolar shuw ?

emoticon-Ngakak
hasilnya sama tapi utangnya itu lo, 4thn berkuasa utangnya 2x lipat dari yg 10thn berkuasa..eh ngeklaim sukses lagi emoticon-Najis (S) emoticon-Busa
ya hanya dipulau jawa saja
Quote:

tawain aja bre emoticon-Big Grin
Quote:


Tenang aja bre.....ude ade yg siap nglunasin. Mau dicicil kok.
Quote:
bikin pelabuhan juga masih belum maasif nanti kalau bikin pelabuhan banyak di nggap minjem aseng kebanyakan ,

hahaha
Bapak dosen gw ini sepertinya melihat secara makro. Dan emang betul secara Jokowi belum bisa menggerakkan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi Pulau2 lain secepat di Jawa, namun Jokowi sudah memulai sesuatu yg dilalaikan selama pemerintahan2 sebelumnya, yaitu Pemerintah Pusat memberikan perhatian lebih intensif kepada Pemerintah Daerah untuk mendorong pembangunan daerah.

Efeknya memang hanya mikro namun terasa bagi masyarakat lokal. Contoh kecilnya di Papua dan daerah2 perbatasan. Tapi secara statistik, hal-hal kecil ini ga bakal teraba. Apalagi di Pulau Jawa pun juga belum cukup baik juga untuk tidak diberikan perhatian oleh Pemerintah Pusat. Kasus stunting di Jawa masih ada, bayang kan...

Soal biaya logistik dimana darat lebih murah, yah selama truk2 bisa Over Dimension Over Loading, tol laut antar Sumatra - Jawa atau Jakarta - Surabaya ga akan laku. Biaya ketidakefisienan karena rusaknya jalan akibat truk ODOL sebesar 43 T per tahun sebenarnya punya imbas positif dengna harga bahan2 pokok yg lebib terjangkau. Jadi sekarang emerintahan Jokowi mesti memilih yang mana akan diteggakan di 2019.

Kalo Wowok mah kelaut aja nyebur emoticon-Najis
Balasan post azirma.ayrus
Quote:


ya iyalah jalan yg baru dibangun gak langsung rame, bertahap dan paling cepat 1 tahun baru rame. Ya kali begitu jalan jadi orang ngirimi barang sampe banyak. yang ada harga barang jadi anjlok secara daerah yg dibuka ekonominya belum naik juga.
numpang nyimak gan emoticon-Traveller


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di