alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf6c367947868c3688b4567/mengenal-dambe-tinju-brutal-dari-afrika-barat

Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat

emoticon-Jempol
Yo Gansis

Olahraga orisinil dari Afrika mungkin bisa dihitung pake jari, tapi kekhasannya bisa jadi otentik. Seperti Dambe, olahraga bela diri yang lahir di Afrika, dengan kebrutalan yang bisa menyaingi Muay Thai.

Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat

Dambe, yang dikenal juga dengan 'Kokawa', adalah bentuk dari tinju yang biasanya lengket dengan masyarakat Hausa di Afrika Barat. Dulunya, Dambe memasukkan elemen gulat tapi sudah berevolusi hingga menjadi seni striking (menyolok). Tradisinya didominasi oleh kelompok jagal Hausa, yang awalnya menantang desa-desa setiap musim panen, hingga sekarang menjadi hiburan musim panen lokal.

Tradisinya dulu juga dipraktikkan sebagai persiapan masyarakat sebelum berperang, dan banyak teknik dan terminologi dalam dambe menyinggung seni dalam berperang. Sekarang ini, sekelompok petinju bepergian, mempertunjukkan pertarungan outdoor dibareng dengan seremoni dan drumming (pesta), di penjuru tanah adat Hausa di bagian utara Nigeria, selatan Nigeria dan barat daya Chad. Nama Dambe artinya adalah bertinju dari bahasa Hausa. Petinjunya disebut “daæmaænga”

Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat

Senjata utama pada Dambe adalah sisi kepalan terkuat dari sang atlet. Kepalannya, ini disebut 'tombak', dibalut dengan kain yang dilingkari utas tali. Beberapa petinju mencelupkan 'tombak' mereka di getah lengket yang sudah dicampur pecahan kaca. Yang sekarang praktiknya udah menjadi ilegal. Tangan satunya lagi, menjadi pertahanan 'tameng', pose tangan diangkat sejajar dengan kepala dengan telapak tangan membuka ke arah lawan.

Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat

Meski gak ada kelas beratnya, pertarungan Dambe biasanya diatur adil sesuai postur tubuh kompetitor. Pertarungannya dalam 3 ronde, tanpa batas waktu.
Tapi ronde berakhir jika:
1. Gak ada yang mulai nonjok,
2. salah satu peserta atau penyelenggara minta berhenti, atau
3. tangan, lutut atau tubuh peserta menyentuh tanah.

Menjatuhkan lawan disebut 'membunuh'. Meskipun cuma utasan tali, kalo yang dorong tinjunya emang kuat, gesekan di muka lumayan juga sik gan..

Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat

Tertarik mau coba gan? Pake yang pecahan kaca... emoticon-Big Grin
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
brutal ya
GOKS sih

mantad dejewaemoticon-thumbsup
kok ngeri ya...
mau daptar bole gaa
waduh pake pecahan kaca gan lebih ngeri itu
dembe kyk di blacklist
lebih greget dari lambe turah tuh... :ngeri

btw, mana "source nya???
Tinju bebas
gadak mulus atlit nya shabis tanding kyk apa ??
sangar juga yah gan disana tinju'nya emoticon-Takut (S)
nice thread gan, baru nonton youtube, itu saya lihat koq uda kena tinju telak gitu , ga bisa KO ya , masih bisa berdiri adu pukul, apa karena kain balut tangannya tebal ya?
Juaranya pasti black panther
lebih brutal dari muay thai
Quote:


Hidup wakanda
Terasa kurang lengkap gan..
Tambahin lg mulusnya dund
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kalo pecahan kaca diganti permen warna warni gini gimana...masi serem gak....
Mengenal Dambe, Tinju Brutal dari Afrika Barat
emoticon-Ngakak
kayak pas jaman ane stm emoticon-Ngakak
orangnya item2 bree... takutt
Gembooklah
gokil
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di