alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge
4.83 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf6b697a09a3930168b4567/inilah-6-tim-terbaik-jebolan-finhacks-2018-datachallenge

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge
Tuntas sudah rangkaian Finhacks 2018 #DataChallenge, dimana Demo Day menjadi babak terakhir yang harus dilalui oleh para finalis yang terpilih. Ga terasa nih gan, hampir 3 bulan KASKUS selalu nangkring di seluruh rangkaian kompetisi data science yang diikuti oleh ribuan data scientist dan para penggiat data yang terbagi dalam 3 kategori yang dilombakan, diantaranya Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Ribuan peserta yang ambil bagian menyisakan 15 finalis yang pada babak Demo Day mempresentasikan machine learning model didepan para juri. Tim KASKUS pun ambil bagian untuk menyaksikan 15 finalis dalam mempresentasikan karyanya, diantaranya adaTim yangmana, FullKeju, growingtaiba, untuk kategori Credit Scoring, lalu ada 4.5 Namun Tetap KerenPemula, exB202, 3M, NRGO, dan theDoctor pada category Fraud Detection, kemudian terdiri daritim dilan, Nasi Kuning, Talam, Resistance, dan tim Stat-Ion untuk kategori ATM Fraud Detection. Setiap finalis diberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikan machine learning model dan menjawab pertanyaan dari juri. Ternyata nih gan, machine learning model yang disubmit dan dipresentasikan ke juri oleh para finalis ini ada suka dukanya loh gan, dimana beberapa peserta menjelaskan berbagai uji coba dan ngerasain tingkat kegagalan yang berbeda-beda, sampai akhirnya ketemu model data yang dirasa cukup baik menurut peserta dan kemudian di-submit idea nya ke dashboard Finhacks.id. 
Dari 15 tim finalis yang telah terpilih, memang ada satu tim yang didiskualifikasi yaitu tim s1mple, dikarenakan tim ini tak hadir pada Demo Day. Sampai akhirnya, kompetisi data ini pun melahirkan 6 tim terbaik dari ketiga kategorinya nih gan, diantaranya :

Tim Terbaik Kategori Credit Scoring

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Tiba saatnya pengumaman tim terbaik untuk kategori Fraud Detection yang dibacakan oleh Mohamad Ivan Fanany selaku Chief Scientist and Founder Deligence AI, dan hasilnya adalah tim 4.5 Namun Tetap Keren keluar sebagai tim terbaik pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp80 juta, dimana tim ini mempresentasikan model machine learning yang mampu mempermudah pelaksanaan credit scoring dengan akurasi 86,6%. Model dibuat dengan teknik stacking di mana Random Forest sebagai base estimator dan di-boosting dengan Adaptive Boosting (AdaBoost). Dari preprocessing data, cleansing, hingga pemodelan, semua tahapan dapat dilakukan dengan cara yang relatif mudah serta kemampuan komputasi yang sefisien mungkin untuk industri perbankan. 

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Lalu untuk tim terbaik ke dua diisi oleh tim yangmana dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp50 juta, machine learning model yang mereka ciptakan merupakan kreativitas dalam menciptakan fitur baru atau biasa disebut feature engineering. Dengan didukung machine learning algorithm XGBoost, yang dikenal luas menjuarai kompetisi predictive modelling. Selain itu, mereka juga mampu menjelaskan apa yang terjadi pada model yang mereka buat menggunakan SHAP scoring, di mana umumnya model itu sulit dijelaskan karena black box dan kompleks. Kedua tim terbaik ini mampu mengungguli tim FullKeju dan growingtaiba yang keduanya berhak mendapatkan hadiah masing-masing senilai Rp10 juta. 

Tim Terbaik Kategori Fraud Detection

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Berikutnya adalah tim terbaik untuk kategori fraud detection yang dibacakan oleh Samuel Chan, Course Producer Algoritma, dan hasilnya adalah tim exB202 sebagai tim terbaik pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp80 juta. Model desain tim ini sangat sederhana loh gan tapi performanya sangat tinggi, dan ga butuh komputer dengan kemampuan komputasi yang tinggi untuk ngejalaninnya. Algoritma utama yang mereka pakai adalah Gradient Boosting Decision Trees (GBDT), dengan implementasi XGBoost. Mereka mendesain fitur tambahan yang dibuat khusus untuk meningkatkan performa GBDT. Pada awalnya, model tanpa fitur bantuan apapun dihasilkan, kemudian diamati strukturnya. Hasil analisa struktur pohon dipadukan dengan analisis interaksi antar variabel mampu menghasilkan sebuah fitur tambahan yang mendongkrak performa model. Fitur ini mereka beri nama “Durasi”. Pada ahirnya model mereka tersusun atas data mentah dan hanya satu buah fitur tambahan yakni “durasi” yang kemudian dimasukkan ke dalam XGBoost.

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Lalu untuk tim terbaik ke dua diisi oleh tim Pemula  dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp50 juta, tim ini menggunakan ensemble method yang dinamakan stacking. Intinya adalah dengan menggunakan prediksi dari 10 model machine learning yang berbeda. Model machine learning yang kedua juga dilatih dengan mempelajari kesalahan-kesalahan dari model machine learning sebelumnya. Lalu digunakan juga XGBoost yang hyperparameters-nya di-fine-tune dengan Bayesian Optimization. Final predictions-nya adalah dengan mengambil rata-rata dari model XGBoost dan stacked models untuk mengurangi variance dari model-model dan mencegah overfitting. Eits... untuk untuk tiga finalis lainnya dalam kategori ini ada Tim 3M, NRGO, dan theDoctor, dan ketiga nya juga berhak mendapatkan hadiah senilai Rp 10 juta. emoticon-Selamat.

Tim Terbaik Kategori ATM Cash Optimization

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Selanjutnya adalah tim terbaik untuk kategori ATM Cash Optimization yang pada kesempatan tersebut dibacakan oleh Adhitya Bhaswara, Data Scientist BCA, dan hasilnya adalah tim dilan keluar sebagai tim terbaik pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp80 juta. Model machine learning yang mereka kembangkan merupakan model gabungan terbaik yang dipilih dari 4 model XGBoost dengan skenario variabel tanggal gajian yang bermacam-macam dan 1 model Naive (150 ATM). Variabel yang paling penting untuk memprediksi penarikan uang pada periode tersebut adalah variabel tanggal gajian, dengan asumsi umum bahwa tanggal gajian di akhir bulan yang jatuh di hari libur akan dipindahkan di hari sebelumnya yang bukan hari libur. Hasil prediksi dari model yang digunakan mendapatkan hasil prediksi terbaik dari 124 model yang dikirimkan.

Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

Lalu untuk tim terbaik ke dua diisi oleh tim Resistance dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp50 juta. Tim ini memprediksi jumlah penarikan uang (withdrawals) ATM pada waktu tertentu dengan memanfaatkan data historis yang tersedia. Saat mengeksplorasi data, mereka menemukan bahwa pada umumnya jumlah penarikan pada hari Minggu dan hari libur lebih rendah daripada hari lain, sedangkan penarikan para akhir bulan (dekat tanggal penerimaan gaji) cenderung meningkat. Mereka juga mencoba mengelompokkan ATM dan menemukan adanya sejumlah ATM yang tampaknya terletak di perkantoran dan pusat perbelanjaan. Model Gradient Boosting Decision Treeyang mereka buat dilatih dengan menggunakan pola penarikan uang masing-masing ATM terhadap rata-ratanya. Misal, ATM K1 memiliki penarikan lebih rendah pada hari Minggu, karena jumlah penarikannya hanya 0.6*mean. Berdasarkan hasil pengujian pada validation set, model ini mampu menangkap pola kenaikan dan penurunan withdrawals dengan cukup baik jika dibandingkan dengan model time seriesyang mereka buat sebelumnya. Ketiga finalis lainnya dalam kategori ATM Cash Optimization adalah Tim Nasi Kuning, Talam, Stat-Ion yang berhak mendapatkan hadiah senilai Rp 10 juta.

 Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge

“Melalui Finhacks 2018 #DataChallenge, kami meyakini bakat terbaik dari para data scientist di Tanah Air dapat terjaring sehingga para talenta terbaik ini mampu berkreasi secara maksimal dengan data dan mengeksekusinya hingga menjadi rumusan solusi di bidang perbankan,” jelas Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA

Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari Dance of HaloBCA, Voice of HaloBCA, serta penampilan spesial dari Cak Lontong, yang pastinya bikin gemuruh gelak tawa seluruh hadirin di Soehanna Hall, Jakarta lewat lawakan stand-up comedian yang identik dengan ‘Salam Lemperrr’ emoticon-Big Grin. Sekali lagi selamat yah yang menjadi Tim Terbaik dalam ajang Finhacks 2018 #DataChallenge, teruslah semangat untuk berkreasi dalam data untuk hadirkan solusi. Bagi Kaskuser yang masih penasaran gimana perjalanan kompetisi data yang hadiahnya total ratusan juta rupiah ini, bisa loh cekidot info lengkapnya di http://finhacks.id.

emoticon-2 Jempol

Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3

Mantap, sundul gan emoticon-Recommended Seller
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
keren yaaa kayak tim fraud sebelah 🤣
programmer2 jago nih.
ane mah cuma butiran debu
semua butuh proses yang gak mudah, semoga ada trobosan yang nyata, dan inspiratif emoticon-Cool
Ane ucapkan selamat kepada semua tim terbaik...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge
Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge
Inilah 6 Tim Terbaik Jebolan Finhacks 2018 #DataChallenge
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Wah mantap semua.
thanks yah finhacks
Mejeng dulu di trit official emoticon-Hot News
tim mawar mana?
klo w pny teknologi kyk gtu, mending ga usah ikut2an acara kyk bgtuan.

biasanya nanti mereka akan diajak kolaborasi dgn pihak bank dan setelah teknologinya dipelajari, maka pasti akan di kick.

kapan ya ane bisa punya team emoticon-Big Grin
Semangat berjuang! emoticon-Merdeka
ajarin ane soal data mining dong
emoticon-Matabelo
Wah mantap, walau sama sama makan nasi ane gk bakal bisa bikin gituan emoticon-2 Jempol
Mejeng di pejwan sebelum makin longgar emoticon-Cool
selamat kepada para pemenang emoticon-Stick Out Tonguearty
Mantap emoticon-thumbsup para mastah machine learning
sepeetinya ente pengalaman gan

Quote:


Ane gembok aja ya emoticon-2 Jempol
Yah ampyun... Baru masuk halaman 2...
emoticon-Mewek
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di