alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf69f0360e24b57288b4567/gaung-orba-kubu-prabowo-upaya-menghapus-masa-kelam-soeharto

Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto

Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto

Jakarta, CNN Indonesia -- Kubu calon presiden nomor urut 01 Prabowo Subianto kerap menggaungkan keberhasilan Orde Baru. Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai menggaungkan keberhasilan Soeharto berarti seolah ingin menghapuskan masa kelam di era Orde Baru.

"Mereka mau mencoba kembali menggunakan seolah-olah di zaman Pak Harto itu semua serba enak dan itu kampanye, kampanye untuk menghapuskan kekelaman masa lalu di zamannya Pak Harto itu," kata Ray di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (21/11).

Dia berpendapat menggaungkan keberhasilan Orde Baru hanya berdampak positif bagi keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto.

Lihat juga: Era Orde Baru Disebut Hanya Enak bagi Keluarga Soeharto

"Kalau dibaca dalam konteks keluarganya Pak Harto, ini justru menurut saya keuntungan yang mereka mau capai dari pilpres ini," kata Ray.

Dia menilai isu ini justru kontra-produktif bagi kubu Prabowo. Sebab sebagian besar masyarakat tidak setuju apabila Indonesia kembali ke masa Orde Baru.

Ray mengatakan kesuksesan Orde Baru hanya diterima sebagian masyarakat yang berusia 60 sampai 70 tahun. Namun, jumlah mereka sangat sedikit ketimbang generasi muda yang cenderung tidak setuju dengan era tersebut.

Lihat juga: Swasembada Pangan Era Soeharto Disebut Salah Kaprah

Ray menilai isu kembali ke Orde Baru tidak akan menaikkan elektabilitas Prabowo. Isu ini hanya menarget kalangan keluarga, namun justru menjauhkan dari generasi milenial.

"Kalau bagi Pak Prabowo ini antiklimaks. Kontraproduktif. Mereka nyasarnya kelompok milenial malah isunya orde baru," katanya.

Beberapa kali kubu Prabowo mengungkit keberhasilan Soeharto. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan jika Prabowo dan Sandiaga terpilih di Pilpres 2019, maka akan mengusung semangat swasembada yang pernah dilakukan Soeharto.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto melalui akun Twitter berharap Indonesia kembali seperti era kepemimpinan Soeharto yang dianggap sukses dengan swasembada pangan.

"Sudah cukup... Sudah saatnya Indonesia kembali seperti waktu era kepemimpinan Bapak Soeharto yang sukses dengan swasembada pangan, mendapatkan penghargaan internasional dan dikenal dunia," demikian kicauan Titiek lewat akun media sosial Twitter @TitiekSoeharto yang diunggah pada Rabu, 14 November 2018.

Lihat juga: Prabowo Sebut Soeharto Selamatkan Negara dari Krisis

Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar menilai pernyataan Titiek di akun Twitternya itu, jika ada politisi yang menginginkan agar Indonesia kembali ke era Orde Baru, politisi tersebut sedang sakit.

"Kalau ada yang mau balik ke zaman Soeharto, atau mau mempraktikkan otoritarianisme gaya baru, menurut saya memang pedagang politik di Indonesia sedang sakit," kata mantan Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) itu.

Menurutnya, era Soeharto sudah tak mungkin lagi bisa kembali. Dia menilai apa yang diungkapkan Titiek adalah romantisme belaka.

"Tapi, bahwa otoritarianisme bisa selalu terjadi," katanya.

Dia meminta publik waspada soal kemungkinan adanya deal politik di koalisi capres soal pencabutan TAP MPR XI Tahun 1998. Namun demikian, sejauh ini dia menilai tidak ada urgensinya buat mencabut TAP MPR tersebut.

"Tapi apa dasar situasinya untuk mencabut TAP MPR XI Tahun 1998? Sejauh ini tidak ada. Tidak bisa polarisasi politik dijadikan dasar, karena jadi debat lagi dalam MPR yang nantinya terdiri dari dua kubu," katanya.

Lihat juga: Partai Berkarya Jual Orba, SMRC: Tak Ada yang Bisa Dijual

Lebih lanjut dia menilai di musim politik seperti sekarang ini, banyak politisi yang berbicara ngawur. Dia pun menilai pernyataan Titiek tersebut adalah pernyataan yang ngawur.

"Hari begini banyak orang bicara ngawur, termasuk si Titiek Soeharto itu. Bicara tapi tidak pernah berimajinasi soal praktik dan dampaknya. Cuma modal duit dan channel aja komentar soal hukum," katanya.


Menanggapi pernyataan Titiek Soeharto, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah sebelumnya juga telah mengingatkan semangat yang dibawa di era reformasi.

"Era reformasi lahir dan berjalan sampai sekarang sebagai antitesa dari kritik terhadap penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan di bawah Pak Harto selama 32 tahun yang menjalankan prinsip-prinsip kekuasaan secara otoritarian," kata Basarah di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (17/11).

Ia menilai, Titiek ingin menekankan masa lalu dan kepanikan masa sekarang.
"Mengemas kepanikan dalam politik, justru kontraproduktif, "ujarnya.
(sah/pmg)

Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto
sumber https://www.cnnindonesia.com/nasiona...kelam-soeharto
Diubah oleh ikardus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Koplak koalisi ini...
Konon Katanya yg menumbangkan orba adalah Amin rais...
Tapi kubu ini juga yg akan membangkitkannya...
Logika dibolak balik...
Sungguh sedungu-dungunya ummat...
lapangan kerja? ada tinggal tulis memo emoticon-Big Grin
berarti mendikbudnya tolol2 selama reformasi, trrmasuk wanabud sampe millenial ga tau kegagalan dan kebobrokan suharto

angkat mentri dr kanisius, santa ursula dan penabur yg terbukti mencetak murid2 paling top
itu berarti tandanya dia mau meniru suharto, jadi diktator dan pengen menjabat presiden puluhan tahun bahkan seumur hidupemoticon-Cape d...
ala mana bisa, udah fakta kalau prabowo itu punya masalah ham.
Sama Pak Jokowi juga,
fakta kalau dia ngutang buat pembangunan.

Jadi gausa saling bacod sok2an tau politik, kayak elu semua lulusan fisip aja.
wowok = harto, juragan karung emoticon-Traveller
Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto

Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto

Gaung Orba Kubu Prabowo, Upaya Menghapus Masa Kelam Soeharto
yg kepengen jaman kaya orba cuma orang2 yg lahir ditahun 90an.. yg kg ngalamin kebonnya direbut, mo kuliah di negeri dibatasin ( minoritas) jalanan berlobang dimana2
Nasbung Alay sekarang lahirnya aja jaman Mega, malah ngomongnya 'enak jaman soeharto'

emoticon-Cape d...

Jaman Soeharto sih, emak lu aja masih pacaran..
Diubah oleh balado.jengkol
Mosok mau kembali kejaman gak ada internet
Dibalik kontroversi eyang kangkung, dosa terbesarnya menurut g hanya 1, terlalu memanjakan anak2nya sehingga bersikap liar dan biadab
geblek juga ada batasnya kali.. lah ini, geblek kok terus-terusan sih.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
sama aja itu anaknya orde lama susah payah ngelap warisan Komunis bapaknya.
gue inget di sekolahan dulu ada yg namanya anak "Kolong" pokoknya lu jangan macam-macam deh sama mereka
KOALISI SOMPLAK! JANGAN BIARKAN MEREKA MEMBUAT SEJARAH BARU. SEBARKAN FAKTA ORDE BARU YANG MELIBATKAN WOWO BABI AGAR GENERASI MUDA TAHU!
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Orba mau dibangkitkan lewat mantan mantu pemimpinnya


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di