alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf688e414088dd9098b4568/habib-rizieq-indonesia-negara-tauhid-yang-tak-terima-keluar-dari-nkri

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengatakan bahwa dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, Rizieq menyebut Indonesia adalah negara tauhid sehingga siapa pun tak ada yang boleh menistakan kalimat tauhid.

"Dasar NKRI adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Ada di dalam UU 1945 bahwa negara kita berlandaskan Ketuhanan," kata Rizieq saat mengisi ceramah di Arab Saudi, Rabu (21/11/2018) sekitar pukul 00.00 WIB.

Dalam video yang beredar di akun Youtube Front TV berjudul "Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1440 H" menyiarkan acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Majelis Anwarul Hidayah, Jakarta Timur. Di agenda itu terlihat hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan beberapa ustadz FPI lainnya.

Di sesi akhir agenda ini, diberikan waktu Rizieq Shihab untuk berkhotbah secara langsung (live streaming) dari Arab Saudi. Ia mengatakan bahwa sudah saatnya umat Islam memenangkan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang, sama halnya ketika Pilgub 2016.

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI

Rizieq kembali menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara tauhid, sehingga kalimat tauhid harus selalu ada di Indonesia.

"Sekali lagi saya tegaskan, bahwa Indonesia adalah negara tauhid. Sehingga kalimat tauhid harus selalu dijunjung tinggi di bumi Indonesia tercinta," kata Rizieq.

Ia mempersilakan bagi segala pihak yang tak bisa menerima kalimat tauhid agar pergi dari Indonesia.

"Siapa yang tidak menerima kalimat tauhid, menistakan kalimat tauhid, atau melecehkan kalimat tauhid, silakan keluar dari bumi NKRI yang berdasarkan tauhid dan Ketuhanan Yang Maha Esa," katanya.

Minggat.News

Ada gambarnya guberner DKI Anies ya akhi

emoticon-Wow
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Mantap Alfredo emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Halaaaah.... Taek....

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI
bibib sendiri yg sdh keluar duluan
emoticon-Big Grin
indonesia negara hukum, yg g terima keluar dr NKRI





btw bibib kn ud keluar emoticon-Ngakak
Diubah oleh rumputteki99
Balasan post KimaxKaw
Quote:


Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI

emoticon-Christmas
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
rosulullah pasti bangga padamu ya habib...
Quote:


Bibib mah santai aja ga jd warga NKRI

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI


strong kagak ? emoticon-Cool
Diubah oleh ajgmj.asli
Sakarepmu
dia doank kayaknya yang ga setuju indonesia negara Tauhid

...."Siapa yang tidak menerima kalimat tauhid, menistakan kalimat tauhid, atau melecehkan kalimat tauhid, silakan keluar dari bumi NKRI yang berdasarkan tauhid dan Ketuhanan Yang Maha Esa," katanya.


Dan dia ternyata udah keluar duluan...... emoticon-Ngakak


Pantes aja kostannya di arab di kasih bendera tauhid malah ngamuk2.... emoticon-Ngakak
Masih sok belain tauhid wong rumahnya ketempelan tauhid aja protes emoticon-Ngakak
Ente aja yg keluar
Eh udah keluar ya
Ngoahaha
emoticon-Wkwkwk
emoticon-Imlek
Quote:


Kata sape ketempelan tauhid ? emoticon-Mad

Ketempelan ini nih yg asli ..

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI
Manusia munafik emoticon-Tai
Balasan post donal.duck
Quote:


Rizieq sendiri ketakutan ama Tulisan putih berlatar item itu... ditanya Punya siapa... dia jawab bukan punya ane.... orang lain yg pasang... supaya dia celaka di Arap Saudi...

Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI



Balasan post Bandittk
Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI


Quote:


Quote:


Ini Bibib mirip-mirip Prabowo, suka blunder gak karuan. emoticon-Leh Uga
subannalloh, habibanana pisang tegang keras betul bibieb rijek sang ksatria rasul emoticon-Matabelo



Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI
Diubah oleh ceo.amigroup
Rizieq Shihab dianggap hanya sekedar guru ngaji, belum pantas bicara soal politik nasional dan ke-Indonesiaan.

tirto.id - Muhammad Rizieq Shihab kembali memantik kontroversi. Tokoh Front Pembela Islam (FPI) ini mengatakan dasar negara Indonesia adalah tauhid.

Pernyataan Rizieq ini didasarkan pada pemahamannya bahwa sila pertama adalah ketuhanan Yang Maha Esa. Ia menyampaikan pendapat tersebut dalam ceramah di acara Maulid Nabi Muhammad yang digelar Majelis Anwarul Hidayah, Jakarta Timur.

"Dasar NKRI adalah ketuhanan Yang Maha Esa (YME). Ada di dalam UU 1945 bahwa negara kita berlandaskan Ketuhanan," kata Rizieq dari Arab Saudi yang disiarkan langsung lewat akun Youtube FrontTV, Rabu (21/11/2018).

Pernyataan Rizieq ini seolah mengkotak-kotakkan bahwa ketuhanan YME hanya milik agama Islam. Ini menjadi kontroversi karena di Indonesia terdapat agama Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghucu yang juga diakui negara.

Pancasila Wujud Toleransi Semua Agama

Menurut Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Uung Sendana, Rizieq sebaiknya mengkaji kembali pemahamannya soal sila pertama.

"Apakah benar seperti itu? Karena Pancasila menggali soal bumi Indonesia yang masyarakatnya religius dan berbhinneka tunggal ika," kata Sendana ketika dihubungi reporter Tirto.

Menurut Sendana, keyakinan umat beragama di Indonesia berbeda-beda. Ini harus dipahami bahwa Pancasila merupakan sari dari nilai-nilai bangsa ini. Dia berpendapat orang-orang memandang agama lain dari perspektifnya sendiri berpotensi menimbulkan masalah sosial.

"Habib Rizieq sebagai seorang muslim melihat agama lain dari kacamatanya dia atau orang lain yang memandang agama lain dari kacamatanya sendiri. Itu tidak tepat dan sering menjadi persoalan," jelasnya.

Menurut Sendana, ketuhanan YME ialah selama manusia Indonesia mengakui adanya Tuhan. Terlebih Pancasila mengakomodasi berbagai ajaran agama di Indonesia. Perumusannya tidak egois atau mementingkan kelompok tertentu.

"Sebenarnya itu adalah esensi yakni tidak ada pertentangan dengan agama," tuturnya.

"Rakyat tidak bisa memaksakan sebuah agama menjadi yang dominan di Indonesia. Karena memang tiap daerah berbeda penganut agamanya," imbuhnya.

Dia menegaskan jika tidak ada Pancasila, Indonesia dapat terpecah belah. Pada sisi lain, Sendana menganggap tak perlu menilai buruk agama lain dalam menjalani keyakinan beragama.

"Agama bukan hanya sekadar masalah pengetahuan, tapi terdapat keyakinan," tegasnya.

Sedangkan Pengurus Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Budi Tan menyatakan, ajaran Buddha hanya untuk diri sendiri dan umatnya tidak berhak ikut campur masalah orang lain.

"Ajarannya untuk introspeksi diri sendiri. Umat Buddha tidak bisa sok mengajak orang lain dan jangan sampai mempraktikkan itu," ucap Budi kepada reporter Tirto.

Namun menurut Budi, Pancasila merangkul banyak agama termasuk Buddha. Umat Buddha mematuhi itu.

"Kami harus membaur dengan semua agama dan bangsa. Kami tidak punya kemampuan untuk hidup sendiri," ujar dia.

Peneliti Wahid Foundation Ahmad Suaedy menjelaskan proses perumusan Pancasila harus dilihat dari sejarah Indonesia yang plural. Menurutnya jika orang Islam meyakini ketauhidan menjadi hak yang harus dijamin, perlakuan yang sama harus diterapkan pada orang lain yang mengaku apa pun yang esa atau yang tunggal.

"Jadi, fakta itu tidak bisa diimajinasikan. Pasal [sila] itu harus dilihat dari kenyataan sosial, pluralitas Indonesia dan proses sejarah," kata Suaedy saat dihubungi reporter Tirto.

Suaedy menuturkan, jika konteks pernyataan Rizieq untuk menyemarakkan Pemilu 2019, yang disimbolkan tauhid harusnya seluruh umat Islam. Di seluruh parpol juga tersebar pemeluk agama Islam. Maka dari itu tak pantas memaksakan diri parpol mana yang paling Islam.

"Itu hanya imajinasi atau khayalan dari Rizieq. Mungkin karena dia tinggal di Arab, imajinasinya seperti orang Arab, tapi itu tidak bisa diterapkan di Indonesia," terangnya. Bahkan menurut Suaedy, koalisi para kandidat Pilpres 2019 dihuni mayoritas muslim.

Suadey menganggap selama ini Rizieq terlalu dibesar-besarkan media. Menurutnya, Rizieq hanyalah seorang guru ngaji. Maka dari itu menurutnya, pernyataan Rizieq lucu.

"Guru ngaji itu mengajarkan keseharian seperti salat, puasa dan sebagainya. Jika Rizieq diangkat untuk bicara politik, nasional, Pancasila, saya kira terlalu tinggi," ujarnya.


Anggota Ombudsman RI itu mencontohkan, dia pernah mengkritik Abu Bakar Baasyir. Kritik disampaikan usai pernyataan Baasyir yang menyatakan semua harus menegakkan syariat Islam dikutip New York Times.

"Padahal yang dia [Baasyir] katakan di pengajian habis subuh, yang peserta setingkat MTs, ya imajinasinya segitu. Jangan diimajinasikan Baasyir atau Rizieq sedang bicara tentang Indonesia. Dia itu sedang bicara dengan pengajian yang diikuti anak madrasah," ungkapnya.

Baca juga artikel terkait RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika

(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika

Penulis: Adi Briantika

Editor: Dieqy Hasbi Widhana
Diubah oleh kodok.nongkrng4
Habib Rizieq: Indonesia Negara Tauhid, Yang Tak Terima Keluar Dari NKRI
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di