alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Wajib Tahu! Hadapi Komplain Customer dengan Cara Berikut
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf6865affef8782418b4567/wajib-tahu-hadapi-komplain-customer-dengan-cara-berikut

Wajib Tahu! Hadapi Komplain Customer dengan Cara Berikut

Pernah mendapatkan complain dari pelanggan? Untuk kamu yang telah lama berbisnis, hal ini tentu bukan sesuatu yang baru, bukan? Dengan adanya complain inilah kamu bisa melakukan koreksi sehingga kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Tidak jarang, justru dari komplain-komplain yang ada, banyak pebisnis yang mendapatkan ide segar untuk perkembangan bisnisnya.

Namun, tidak mudah memang menghadapi konsumen yang kecewa dengan pelayanan yang telah diberikan. Kamu harus mengetahui trik-trik jitu menghadapi komplain agar reputasimu tetap terjaga dan pelangganmu tidak semakin kecewa. Apa saja triknya? Yuk simak langsung ulasannya di bawah ini.

Wajib Tahu! Hadapi Komplain Customer dengan Cara Berikut

1. Tetap Tenang
Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah tetap tenang ketika mendapatkan berbagai macam komplain dari pelangganmu. Berusahalah untuk mengerti kekecewaan yang mereka alami. Jangan meresponnya secara negative seperti merasa sakit hati dengan komplain tersebut. Respon tersebut mungkin akan membuat pelangganmu akan meminta maaf padamu tapi ingat jika hal ini akan membuat situasi lebih buruk.

Kamu akan kehilangan kepercayaan dari pelangganmu dan apabila kamu lakukan terus-menerus setiap kali ada komplain, bisnismu pun akan bangkrut. Karena itulah jika ada pelanggan yang melakukan komplain, berusalah untuk tenang dan coba pahami permasalahan yang diadukan. Dengan begitu kamu tetap mendapatkan kepercayaan dari pelangganmu.

2. Dengarkan Keluhan Pelangganmu
Tentu saja, hal kedua yang wajib kamu lakukan jika mendapatkan keluhan dari konsumen ialah mendengarkan setiap keluhan mereka. Semua orang yang merasa kecewa dengan sesuatu tentu ingin selalu didengarkan. Maka dari itu, berikan waktu kepada pelangganmu untuk mengungkapkan semua keluhannya kemudian baru kamu berikan komentar.

Jangan membuat keadaan semakin memburuk dengan langsung memberikan statement sebelum pelangganmu selesai mengungkapkan kekesalannya. Apabila hal ini terjadi, tentu saja konsumenmu akan semakin kecewa dan kepercayaan untuk membeli produk yang kamu tawarkan akan semakin menurun. Kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

3. Jangan Bersikap Defensif
Sikap defensive seorang penjual terhadap konsumen yang melakukan komplain kerap ditemui. Poin ini sangat penting untuk kamu ketahui sebagai seorang pebisnis karena hal ini sangat penting. Ketika kamu bersikap defensive dan merasa jika hal tersebut adalah kesalahan konsumen, jangan langsung memberikan komentar defensive secara langsung.

Terkadang mendengarkan keluhan dari konsumen memang membuat emosi apalagi jika hal tersebut adalah kesalahan dari konsumen sendiri. Namun bukan berarti kamu langsung bersikap defensif atau ingin menjadi yang paling benar. Apabila kamu lakukan itu, artinya kamu ingin membunuh bisnismu sendiri.

4. Berikan Panduan kepada Pelangganmu
Apa yang harus kamu lakukan setelah mendengarkan keluhan atau komplain dari konsumen? Ya, kamu berikan panduan kepada pelangganmu tentang bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Jika memang hal tersebut adalah kesalahan konsumen, jelaskan kesalahannya dengan sopan tanpa menghakimi.

Bagaimana caramu menjelaskan pengertian kepada konsumenmu adalah hal yang wajib kamu perhatikan karena semua konsumen tentu ingin dimengerti dan didengarkan. Kamu bisa mempelajari beberapa teknik customer service dalam menangani komplain dari pelanggan sehingga kamu bisa tetap menjaga reputasimu tanpa harus menjadi pihak yang paling disalahkan.

5. Berikan Solusi kepada Pelangganmu
Setelah kamu berikan panduan dan penjelasan kepada konsumenmu, jangan lupa untuk memberikan solusi kepadanya. Bukan hanya “maaf” yang ingin didengar oleh pelanggan yang komplain tapi juga sebuah solusi. Usahakan kamu menawarkan solusi terbaik untuk kekecewaan konsumenmu agar mereka tidak semakin kecewa dengan pelayanan yang diberikan.

Selain itu, cobalah untuk tetap menjalin hubungan baik. Namun, ingat jika konsumenmu merasa bahwa hal tersebut tidak cukup, tidak masalah untuk bersikap tegas kepadanya karena kamu berhak untuk menentukan pelangganmu juga. Dengan catatan bahwa kamu ada di pihak yang benar.

Jika kamu telah melakukan semua hal di atas, saatnya kamu untuk lanjutkan bisnismu. Jadikanlah komplain atau keluhan tersebut menjadi sebuah pembelajaran agar bisnismu makin maju ke depannya. Yang terpenting adalah jangan pernah kapok untuk berbisnis ya..

Sumber 1
Sumber 2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di