alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
25 Tahun Berlalu, 6 Lagu Unplugged Nirvana Ini Masih Enak Didengar Lho
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf682d8529a4525358b4577/25-tahun-berlalu-6-lagu-unplugged-nirvana-ini-masih-enak-didengar-lho

25 Tahun Berlalu, 6 Lagu Unplugged Nirvana Ini Masih Enak Didengar Lho

25 Tahun Berlalu, 6 Lagu Unplugged Nirvana Ini Masih Enak Didengar Lho

Penampilan Nirvana di Sony Music Studios, New York pada 18 November 1993, mencapai tingkat adorasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk set MTV Unplugged menjadi salah satu penampilan yang menakjubkan di acara tersebut. 

Hampir semua hal tentang penampilannya luar biasa. Dari setting panggung hiburan yang dipilih oleh Cobain, hingga daftar set yang dibumbui dengan versi cover dari lagu-lagu yang relatif kurang dikenal namun berhasil dibawakannya dengan apik.

Menampilkan satu lagu dari album debut Bleach, 4 lagu dari Nevermind, 3 lagu dari In Utero, dan 6 lagu cover MTV Unplugged edisi Nirvana akan selamanya menjadi salah satu rekaman musik yang paling berharga. 

Dari 14 lagu yang dibawakan, berikut 6 lagu terbaik Nirvana di MTV Unplugged.


1. About A Girl
Nirvana membuka penampilan mereka dengan lagu About A Girl. Lagu ini ditulis Kurt Cobain untuk mantan pacarnya, Tracy Marander. Cobain menulis lagu ini setelah menghabiskan satu malam mendengarkan album The Beatles, Meet The Beatles, berulang kali. 

Di malam itu, Cobain membawakan About A Girl layaknya menyanyikan lagu nina bobo. Bass line Krist Novoselic yang teduh ditambah suara Kurt yang tertahan dan serak, membuat semacam nuansa melankolis yang hangat yang menandai dimulainya penampilan yang paling menyentuh dan membuka mata dari band asal Seattle ini.


2. Come As You Are
Set Unplugged Nirvana sebagian besar menghindari lagu-lagu hits mereka, tetapi Cobain membuat pengecualian untuk Come As You Are yang dibawakan secara akustik malam itu. 

Lagu ini menghantui para penonton terutama saat bagian "And I swear that I don't have a gun" yang dinyanyikan secara berulang-ulang, seolah-olah menjadi pertanda kematian Cobain beberapa bulan setelah penampilan ini.


3. The Man Who Sold The World
Penampilan Nirvana di MTV Unplugged memang penampilan terbaik yang pernah ada, namun suasana saat itu terasa sangat suram dan mengerikan, seolah-olah konser ini menjadi pemakaman Kurt Cobain. Dengan lilin hitam dan bunga lili, suasana tersebut semakin kental saat Nirvana membawakan lagu The Man Who Sold World

Lagu ini tidak pernah menjadi salah satu hits terbesar David Bowie, tetapi Nirvana memastikan bahwa lirik yang kuat ini didengar oleh dunia setelah rekaman ini.


4. Lake Of Fire
Cobain memiliki kontrol yang sangat ketat atas penampilannya malam itu. Ia bahkan membawa sepasang personil Meat Puppets, Cris dan Curt Kirkwood untuk membantu saat membawakan tiga lagu mereka Plateau, Lake of Fire, dan Oh, Me

Walaupun bernyanyi bersama komposer aslinya, Cobain pergi tanpa gitar dan membawakan lagu Lake of Fire dengan apik dengan vokalnya yang khas.


5. All Apologies
Kurt Cobain memang membuat daftar yang agak kontroversial, dimana lagu-lagu populer Nevermind seperti In Bloom, Lithium, bahkan Smells Like Teen Spirit tidak masuk dalam daftarnya malam itu. 

Namun bukan Kurt Cobain namanya jika tidak bisa melakukan suatu gebrakan yang tidak akan berhasil. Walau tampil tanpa lagu-lagu tersebut, All Apologies rupanya berhasil menjadi "senjata rahasia" Cobain di penghujung pertunjukan malam itu.


6. Where Did You Sleep Last Night
Pertunjukan diakhiri dengan penampilan Kurt yang dingin dan mengerikan dari lagu folk Amerika In The Pines. Lagu ini menceritakan kisah seorang pria yang dipenggal kepalanya oleh kereta api di Georgia. Sepanjang rendition-nya, sangat jelas bahwa Kurt mewujudkan tema lagu, terlibat dengan kegelapan pada tingkat yang paling mentah.

Lagu penutup mereka berhasil membuat buluk kuduk merinding lewat suara parau dan teriakan Cobain di ujung lagu. Bahkan Neil Young menyebut teriakan tersebut seperti lolongan manusia serigala. Penampilan ini seolah-olah menjadi pertanda kematian Kurt Cobain beberapa bulan setelahnya.

Sebelum dua suku kata terakhir dari lagu itu, Kurt menatap ke kerumunan seolah-olah dia sendiri sedang menatap ke lampu depan kereta yang sedang melaju, mendekat ke salah satu momen paling menyentuh dan kuat, dan hidup, dalam sejarah musik.

Itulah 6 lagu terbaik Nirvana di MTV Unplugged. Ada lagu favoritmu?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/throwb...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 25 Tahun Berlalu, 6 Lagu Unplugged Nirvana Ini Masih Enak Didengar Lho 10 Band Alternatif Terkeren Dekade 90an, Ada yang Jadi Favoritmu?

- 25 Tahun Berlalu, 6 Lagu Unplugged Nirvana Ini Masih Enak Didengar Lho 5 Band Grunge Terbaik yang Akan Membuatmu Nostalgia ke Masa 90an

- 25 Tahun Berlalu, 6 Lagu Unplugged Nirvana Ini Masih Enak Didengar Lho 6 Band Rock Luar Negeri Paling Fenomenal di Era 90an, Mana Favoritmu?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pertama denger band ini lagunya "About A Girl" emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
numpang nyimak gan emoticon-Traveller


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di