alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Indeks Kepuasan Pelayanan Haji 2018M/1439H Sangat Memuaskan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf6800812e2575e4a8b4594/indeks-kepuasan-pelayanan-haji-2018m-1439h-sangat-memuaskan

Indeks Kepuasan Pelayanan Haji 2018M/1439H Sangat Memuaskan

Indeks Kepuasan Pelayanan Haji 2018M/1439H Sangat Memuaskan

JPP, JAKARTA - Kementerian Agama melalui Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat menggelar seminar Hasil Penelitian Indeks Kepuasan Pelayanan Haji di Indonesia (IKPHDI) 1439H/2018M.

Seminar berlangsung di Hotel Sari Pasifik, di Jl Thamrin Jakarta, dan diikuti sekitar 50 peserta, Kamis (22/11/2018). Mereka terdiri dari praktisi, akdemisi, pejabat Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Tim Peneliti Bidang Litbang Haji, Umrah, dan Produk Halal, serta kementerian/lembag terkait.

Kapuslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Muharam Marzuki mengawali pembukaan seminar dengan menjelaskan tahapan dari penelitian yang mulai dilakukan pada 7 - 22 Mei 2018.

Tahapan itu dimulai dari persiapan calon jemaah haji mendaftar, kesiapan pemberangkatan termasuk pelayanan dari semua aparatur Kemenag di seluruh kabupaten/kota di Indonesia hingga kepulangan jemaah haji.

Hasil dari penelitian IKPHDI tahun 2018M/1439H menyimpulkan adanya kenaikan kepuasan pelayanan haji dari tahun sebelumunya. "IKPHDI tahun 1439H/2018M sebesar 87,21 atau sangat memuaskan. Ini mengalami kenaikan sebesar 2,75 dari IKPHDI tahun 1438H/2017M sebesar 84,46. Ini merupakan survei kali kedua," kata Muharam.  

"Kami tidak hanya sekadar survei. Kami juga melihat secara langsung dari pelayanan kepada jemaah yang tersebar di 13 asrama haji embarkasi. Survei ini kami lakukan tanpa melakukan pemberitahuan kepada jemaah haji," sambungnya.

Menurut Muharram, ada tiga indikator variabel dalam survei tahun 1439H/2018M, yaitu mengambil sampel di 13 asrama haji embarkasi dengan total 1.950 responden, variabel pada keberangkatan jemaah haji reguler, dan kepulangan jemaah haji reguler.

Seminar hasil penelitian Survei Indeks Kepuasan Pelayanan Haji di Indonesia ini juga dihadiri Dirjen PHU Nizar Ali, Sekretaris Deputi Kemenpan RB Devi Atanta, dan anggota Komisi VIII DPR RI Dessy Ratnasari.

Dalam kesempatan tersebut, Dessy Ratnasari menyoroti survei terhadap kepuasaan layanan dua maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabia. "Terkait kepulangan, saya juga belum melihat di data, indikator terkait pelayanan imigrasi termasuk biometrik yang menjadi inovasi Kemenag. Jadi saya belum melihat kepuasaan jemaah dalam hal ini," ujar Dessy. 

Selain biometrik, Dessy juga menyasar soal bagasi, pelayanan manasik haji di kabupaten/kota termasuk ketepatan penyerahan buku panduan manasik kepada jemaah haji. "Pada haji tahun ini, saya mendapat laporan dari jemaah asal Garut dan Tasik yang terlambat memiliki buku manasik haji. Maaf saya suudzan dalam artian positif untuk memastikan kepuasaan layanan haji di Indonesia. Saya mengapreasi Kemenag melalui Puslitbang melakukan survei indeks kepuasan jemaah haji dalam upaya meningkatkan pelayanan," tandas Dessy. 

Dirjen PHU Nizar Ali pun mengapresiasi adanya survei untuk mengetahui indeks kepuasan pelayanan haji di Indonesia. Menurutnya hasil survei akan melahirkan catatan-catatan dalam perbaikan pelayanan. Menyikapi hasil survey, Nizar mengusulkan sejumlah tambahan dari survei untuk tahun depan terkait inovasi haji seperti porsi pergantian jemaah wafat,  jemaah lansia, dan gagal sistem. 

"Survei pendaftaran meski komprehensif. Begitu juga dengan pemberangkatan, misalnya pemastian visa jemaah dan pengkloteran. Secara umum saya menyambut baik hasil survei. Ini luar biasa dan sudah linear dengan layanan di luar negeri yang hari ini juga akan dirilis oleh BPS. Hasil survey ini menurut saya valid," kata Nizar. 

Survei Indeks Kepuasaan Pelayanan Haji di Indonesia ini mengacu pada UU No 25 tahun 2019 tentang Pelayanan Publik di mana dalam satu pasalnya disebut bahwa penyelenggara berkewajiban melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pelaksana di lingkungan organisasi secara berkala dan berkelanjutan.

Selain itu, survei juga sesuai amanat pasal 7 UU No 13 tahun 2018 dan pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birolrasi RI No 14 tahun 2017 tentan pedoman survei kepuasaan masyarakat. (agm)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...ngat-memuaskan

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Indeks Kepuasan Pelayanan Haji 2018M/1439H Sangat Memuaskan Ekspor Kelapa Indonesia Jadi Andalan Perkebunan Rakyat

- Indeks Kepuasan Pelayanan Haji 2018M/1439H Sangat Memuaskan Kemenag: Hoax! Bentuk Kartu Nikah dengan Empat Kolom Foto Istri

- Indeks Kepuasan Pelayanan Haji 2018M/1439H Sangat Memuaskan Kemendikbud Tetapkan 81 Kompetensi Keahlian Guru Produktif dan 38 Skema Sertifikasi Kompetensi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di