alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Mengapa Robin Hood Timbul Dalam Setiap Generasi?
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf6720ed44f9fbc788b456a/mengapa-robin-hood-timbul-dalam-setiap-generasi

Mengapa Robin Hood Muncul Dalam Setiap Generasi?

Mengapa Robin Hood Timbul Dalam Setiap Generasi?

Cerita rakyat berasal dari rakyat! Merampok orang kaya untuk diberikan kepada orang miskin adalah motif yang telah bertahan selama berabad-abad dalam imajinasi orang-orang. Ketika menyangkut redistribusi kekayaan dalam balada dan legenda, pahlawan tidak pernah merampok dari orang miskin untuk lebih meningkatkan kekayaan orang kaya.

Ilustrasi terbaru dari prinsip ini tiba di bioskop pada hari sebelum Thanksgiving. Disutradarai oleh Otto Bathurst, Robin Hood dibintangi Taron Egerton dengan Jamie Foxx sebagai Little John, Ben Mendelsohn sebagai Sheriff of Nottingham dan Eve Hewson sebagai Marian.

Versi film tahun 2018 menggunakan teknologi digital baru di banyak adegan aksi, tetapi menggunakan banyak cerita rakyat tradisional yang sama dalam casting Robin sebagai bandit sosial klasik yang memperbaiki ketidakadilan dengan merampok dari orang kaya dan memberi kepada orang miskin.

Ketika film blockbuster baru mulai beredar, di mana akar dari pahlawan Robin Hood dalam arsip dan referensi cerita rakyat? Semua menjadi jelas bahwa pada masa krisis ekonomi, pada masa tirani dan penindasan, dan di saat pergolakan politik, pahlawan Robin Hood membuat waktunya tepat.

Kita tidak tahu apakah ada Robin Hood yang sebenarnya di Inggris pada abad pertengahan. Nama tersebut hanya muncul dalam sebuah puisi naratif Piers Ploughman karya William Langland pada akhir abad ke-13.

Menurut garis waktu yang dikumpulkan oleh Stephen Winick di American Folklife Center of Library of Congress, cerita tentang Robin Hood terus beredar selama beberapa abad berikutnya. Secara bertahap mengambil banyak detail yang sudah dikenal saat ini: Robin sebagai penjahat baik, menurut Andrew dari Orygynale Chronicle Wyntoun, sekitar 1420. Robin tinggal di Sherwood Forest, menurut kisah 'Robin Hood and the Monk' sekitar 1450. Robin merampok orang kaya dan memberi kepada orang miskin, menurut John Major History of Greater Britain 1521, dan Robin sebagai bangsawan, menurut Richard Grafton Chronicle at Large 1569.

Mengapa Robin Hood Timbul Dalam Setiap Generasi?

Ketika kisah-kisah ini berkembang dan menyebar, Robin menjadi bandit sosial paling klasik, sebuah istilah yang dipopulerkan pada akhir abad ke-20 oleh sejarawan Inggris Eric Hobsbawm.

Bandit sosial bukan penjahat, Hobsbawm mempertahankan argumennya, tetapi mereka adalah pembela rakyat jujur melawan kekuatan jahat tirani dan korupsi, terutama selama masa ketidakpastian ekonomi. Selain itu, Hobsbawm mengidentifikasi ini sebagai fenomena di seluruh dunia, termasuk haiduks Balkan, Congaceiros Brasil, perampok India, dan bandit Italia.

Mungkin, apa yang paling menarik tentang banditisme sosial Robin adalah bagaimana kisah rakyat telah menyebar ke penjahat tertentu di Amerika Serikat, yang dianggap sebagai pembela rakyat.

Ambil contoh, kisah A Gest of Robyn Hode, berpacaran sekitar tahun 1450, di mana Robyn Hode membantu seorang ksatria miskin dengan meminjaminya 400 poundsterling sehingga kesatria itu dapat membayar seseorang yang tidak bermoral. Setelah itu ia memulihkan uang dengan merampok. Sekitar 400 tahun kemudian, kisah serupa diceritakan tentang penjahat Amerika Jesse James (1847–1882) dari Missouri, yang seharusnya telah memberikan $ 800 USD kepada seorang janda miskin untuk membayar bankir yang mencoba menyita di peternakannya. Tak lama kemudian Jesse merampas bankir dan mengembalikan uangnya.

The Great Depression pada 1930-an melihat kebangkitan serupa dari bandit-bandit sosial lainnya, yang sering diperingati sebagai tokoh-tokoh pahlawan Robin Hood. John Dillinger (1903–1934) dari Indiana dipandang sebagai seorang pejuang perang, melawan musuh-musuh rakyat dengan merampok bank-bank pada saat bank-bank diketahui ambruk.

Bagaimana dan mengapa bandit era Depresi seperti Dillinger memperoleh reputasi mereka sebagai Robin Hood? Namun banyak folklorists percaya itu sebagian masalah keadaan.

Fenomena itu mungkin menjelaskan mengapa bandit sosial dirayakan di hampir setiap versi film yang dibuat tentang Robin Hood, bahkan ketika film-film ini diproduksi oleh studio-studio besar Hollywood yang mungkin memiliki lebih banyak kesamaan dengan orang kaya daripada dengan orang miskin.

Elemen-elemen yang sama ini tetap ada di hampir setiap versi film. Terutama untuk era resesi Sean Connery 1976, di mana Robin kembali ke Sherwood Forest setelah kematian Raja Richard. Selanjutnya, selama krisis harga minyak ada sosok Kevin Costner 1991, di mana Robin berjuang melawan konspirasi yang dipimpin oleh Sheriff Nottingham. Dan lagi, setelah krisis perbankan internasional 2008 ada sosok Russel Crowe dua tahun setelahnya, di mana Robin berjuang melawan konspirasi Perancis untuk menyerang Inggris. (Sumber)

Robin Hood selalu ada, dalam film atau pun dalam kehidupan nyata. Siapa Robin Hood pilihan Agan saat ini?






Diubah oleh ibeb316
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Hadeeeh robin hood ama hercules...
Remake terus ampe kiamat
Robin "Hode" ??? Serius nih ? emoticon-Takut
robin hood blm nongton
Balasan post sarfaraaz
Quote:


ane jg blm perna nonton emoticon-Blue Guy Peace
film yoko ama bibi lung juga remake terus bray emoticon-Big Grin
kayanya bagus nih liat di trailer nya emoticon-Big Grin
Ada suatu hasrat yang timbul.
Quote:


Kaporit ane yang versi Andy Lau, bre. emoticon-Cool
robinhood fc
penjahat baik.?emoticon-Bingung emoticon-Leh Uga
sementara disini... si pitung sampe sekarang belum juga di remake emoticon-Nohope

sapa tau reza rahadian kepilih jadi pitung nya emoticon-Busa
Robin Hood .. Jadi keinget game Lost Saga emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
klo org kayanya hasil dr susah payah kerja keras dan bukan hasil kejahatan ttap dicuri sma robin hood? kasian ng jerih payah org kya tsb, mungkin saja org kaya tsb jg seorang dermawan
Nonton pelem ini ah
Awalnya pas liat trailernya ane kira film adaptasi dari game thief, ternyata bukan
membantu yang kesulitan, mati satu tumbuh seribu 😀
hemmmm mau nonton deh ntar siang
maljng ya tetep maling
Jgn lupa yg parodi nya robin hood jg.. gokil abis tuh.
2 dr robin hood adalah ayah superman (kandung dan angkat)
Quote:


sedekah poin ke tim" kecil emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di