alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
9 OST KDrama Awal 2000an yang Ikonik Banget, Masih Ingat?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf66ae332e2e628108b456f/9-ost-kdrama-awal-2000an-yang-ikonik-banget-masih-ingat

9 OST KDrama Awal 2000an yang Ikonik Banget, Masih Ingat?

9 OST KDrama Awal 2000an yang Ikonik Banget, Masih Ingat?

Salah satu keunggulan dari drama-drama Korea selain ceritanya yang unik, menarik, dan romantis, adalah lagu-lagu soundtrack-nya. Penggarapan lagu-lagu yang dijadikan sebagai soundtrack suatu drama gak asal comot dari lagu-lagu yang udah populer aja.

Kebanyakan drama-drama Korea punya Original Soundtrack (OST) masing-masing yang semuanya sesuai dengan tema cerita dan adegan-adegan yang ingin di-highlight oleh tiap lagu yang diputar sebagai latar. Karena tiap lagu OST tersebut dibuat khusus, sering kali bahkan setelah drama itu selesai diputar, kita masih tetap bisa mengingat lagu-lagu tersebut. Dan saat lagu-lagu tadi terdengar maka boom! kita bisa langsung ingat judul dramanya apa atau minimal adegan/plot dari drama tersebut.

Ada banyak lagu-lagu OST drama Korea di luar sana yang pasti kamu suka dan jadi favoritmu. Sembilan lagu soundtrack ini contohnya. Karena semua dramanya sempat tayang di Indonesia dan hype banget pada masanya, pasti saat dengar lagu-lagu ini kamu akan teringat dengan dramanya dan siapa tahu jadi pengen nonton ulang juga.


1. Reason
Reason merupakan salah satu lagu soundtrack unggulan dari drama Autumn in My Heart yang tayang tahun 2000 silam. Dramanya sendiri termasuk dalam genre mellow dan banyak menguras air mata.

Bercerita tentang kisah cinta yang berawal dari "hubungan kakak-adik", lagu yang dinyanyikan oleh Jung Il Young ini cocok sekali dengan atmosfer dramanya yang penuh haru.


2. I Miss You
Lebih dikenal dengan judul versi Koreanya: Bogoshipda, lagu yang dinyanyikan oleh Kim Bum Soo ini merupakan salah satu soundtrack utama dari drama Stairway To Heaven (2003).

Baik drama maupun lagunya sendiri sama-sama mengisahkan tentang penantian seorang pria yang selalu merindukan kekasihnya. Juga, baik lirik lagu maupun cerita dramanya juga sama-sama menguras air mata.


3. Onara
Hayo, siapa yang dulu suka nyanyiin lagu soundtrack drama Dae Jang Geum atau Jewel in the Palace (2003-2004) ini pas dramanya tayang di salah satu tv di Indonesia? Well, meski lagu Onara sendiri bukan merupakan lagu kekinian tentang kisah cinta atau semacamnya, lagu ini tetap asyik kok didengerin. Juga memorable dan catchy banget. Setiap dengar lagunya, pasti kamu pernah pengen ikutan nyanyi juga.

Lagu yang digubah oleh komposer Im Se Hyeon ini termasuk ke dalam "lagu tradisional" karena menggunakan gaya Pansori. Pansori sendiri merupakan aliran musik tradisional Korea yang sudah ada sejak Dinasti Joseon dan populer terutama di abad ke-19.

Dalam dramanya, lagu Onara ini memiliki dua versi. Pertama, dengan nada lebih ceria yang dinyanyikan oleh tiga anak SD asal Korea saat itu. Versi kedua dengan nada lebih lembut dengan atmosfer sedih yang dinyanyikan oleh E Ahn.


4. I Think I Love You
Sebetulnya ada beberapa lagu soundtrack drama Full House yang ikonik dan memorable sampai sekarang. Tapi kalau disuruh milih, mungkin lagu yang dinyanyikan oleh Byul ini bisa disebut juaranya. Alunan musiknya pas, liriknya dalam, dilengkapi dengan suara Byul yang khas. Catchy banget pokoknya!


5. Perhaps Love
Salah satu lagu yang selalu cocok masuk playlist nih. Bercerita tentang "kebingungan" seseorang yang sedang jatuh cinta, lagu yang dinyanyikan oleh HowL & J ini bisa banget bikin baper. Apalagi saat ingat adegan-adegan lucu, manis, nan romantis ala Putra Mahkota Lee Shin dan Putri Mahkota Shin Chae Kyeong, dijamin bikin kamu jadi pengen nonton ulang dramanya!


6. Paradise
Paradise atau Almost Paradise merupakan lagu soundtrack drama Boys Over Flowers yang hits abis. Lagu yang dinyanyikan oleh boyband lawas T-Max ini melekat banget di ingatan pecinta dramanya yang dikenal pula dengan judul Boys Before Flowers. Karena lagu ini juga menjadi lagu pembuka sebelum dramanya dimulai tiap episodenya.


7. Love Is Punishment
Memiliki suara yang berat dan khas, K.Will memang cocok menyanyikan lagu-lagu ballad. Salah satunya lagu Love Is Punishment yang menjadi soundtrack dari drama Brilliant Legacy (2009) ini. Meskipun dramanya sendiri berakhir bahagia namun saat adegan-adegan sedih sedang ditayangkan, lagu ini pamungkas sekali bikin penonton pada terhanyut dalam kesedihan.


8. Main Title (of The Great Queen Seondeok)
Musik pembuka dari drama terkenal The Great Queen Seondeok ini memang bukanlah lagu dengan lirik, melainkan musik instrumen. Namun jangan salah. Musik yang digubah oleh komposer Lee Yoon Jung ini keren banget loh. Udah memorable. Plus, tiap dengar jadi memacu semangat.

Lagunya bikin kita serasa bisa menghadapi segala rintangan apa pun untuk mewujudkan mimpi. Seperti halnya Queen Seondeok yang bisa menghadapi berbagai rintangan untuk menjadi ratu pertama di Korea.


9. It Has To Be You
Suara khas Yesung Super Junior memang selalu mantap untuk menyanyikan lagu apa pun. Mau ballad atau nge-beat sekalipun. Namun, salah satu lagu yang mungkin jadi favorit fansnya adalah It Has To Be You yang merupakan lagu soundtrack dari drama Cinderella's Stepsister (2010).

Lagunya yang sedih cocok banget jadi ending theme tiap episode melodrama ini. Juga pas banget bikin penonton mewek saat adegan-adegan sedih tayang di dramanya. Misal, saat Eun Jo mencari-cari Ki Hoon yang hendak pergi dan Ki Hoon juga menunggu dirinya dicegah pergi oleh Eun Jo. Namun, mereka gak ketemu dan perpisahan selama 8 tahun pun harus terjadi.

Nah, itulah 9 OST drama-drama Korea awal 2000an yang ikonik banget dan memorable sampai sekarang. Di antara sembilan lagu di atas, mana yang jadi favoritmu?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/throwb...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 9 OST KDrama Awal 2000an yang Ikonik Banget, Masih Ingat? 7 Lagu Lawas Marshanda yang Hits di Awal 2000an, Adem Banget Suaranya!

- 9 OST KDrama Awal 2000an yang Ikonik Banget, Masih Ingat? Nostalgia! 7 Soundtrack Film 90an Ini Bawa Aura Romantis

- 9 OST KDrama Awal 2000an yang Ikonik Banget, Masih Ingat? Temanya Gak Biasa, 7 KDrama OCN Ini Bisa Kamu Tonton Maraton!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pertamax diamankeun! emoticon-Cool


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di