alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf66191dc06bd957b8b4569/sejak-1980-begini-perkembangan-konsol-game-portable-milik-nintendo

Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 

Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 

Siapa sih yang tidak pernah mendengar nama Nintendo? Yap, Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional asal Jepang yang didirikan pada tahun 1889. Sebuah merek yang dikenal dengan produksi konsol game ini, dulunya dibuat untuk memproduksi permainan kartu Jepang hingga akhirnya menjadi salah satu produsen game terbaik hingga hari ini.

Sebelum konsol game portable Nintendo secanggih dan semenarik sekarang, konsol game Nintendo pada awal masa dibuat memiliki teknologi yang konvensional. Namun, seiring berkembangnya zaman akhirnya konsol game portable yang diproduk Nintendo pun juga semakin berkembang. Kira-kira bagaimana sih perkembangan konsol game Nintendo hingga seperti yang kita kenal sekarang ini? Berikut adalah ulasannya.


1. Game & Watch
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
Game & Watch adalah generasi pertama dari konsol game portable buatan Nintendo. Konsol game ini diciptakan oleh Gunpei Yokoi pada tahun 1980 dan terus diproduksi hingga tahun 1991. Game ini terdiri dari satu layar LCD dengan pilihan game A dan game B. Game B adalah versi lebih sulit dari game A sehingga membuat pemainnya tidak merasa bosan.

Setiap perangkat game hanya bisa digunakan untuk memainkan satu game saja karena menggunakan layar LCD yang sudah tersegmentasi sebelumnya. Game & Watch sendiri berhasil mencapai angka penjualan hingga 80 juta unit di seluruh dunia.


2. Game Boy
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
Game Boy adalah konsol game buatan Nintendo yang dibuat pada tahun 1989 di Jepang. Game Boy ini menyediakan cartridge untuk yang dapat diganti untuk setiap game, berbeda dengan pendahulunya Game & Watch yang menggunakan 1 game untuk 1 konsol.

Game Boy klasik, termasuk berbagai variasinya seperti Game Boy Light, Game Boy Pocket, dan Game Boy Color yang merupakan versi berwarna dari Game Boy berhasil mencetak penjualan sebanyak 118,69 juta unit. Hal ini membuat Game Boy menjadi konsol game portable terlaris pada saat itu.


3. Virtual Boy
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
Mungkin kamu jarang mendengar konsol game yang satu ini, wajar saja karena konsol game ini hanya beredar di Jepang dan Amerika. Namun, karena konsol game ini kurang mendapat sambutan positif, produksi Virtual Boy atau dikenal juga VR-32 akhirnya dihentikan setelah beberapa bulan dirilis. Padahal VR-32 menggunakan efek bernama Paralaks yang mampu menghasilkan efek 3D lebih baik.

Teknologi Paralaks pada VR-32 digunakan juga untuk pembuatan Nintendo 3DS, tetapi ketika dirilis ada 14 game yang bisa dimainkan dan hanya sedikit yang memperoleh sambutan positif. VR-32 sendiri dirilis pada tahun 1995 di Jepang dan Amerika.


4. Game Boy Advance
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
Game Boy Advance adalah versi pengembangan dari Game Boy yang dirilis pada tahun 2001. Game Boy Advance memiliki 2 model, yaitu Game Boy Advance SP dan Game Boy Micro. Untuk Game Boy Advance SP, konsol game ini memiliki built-in light dan baterai yang bisa diisi ulang. Model ini menjadi acuan untuk produksi berbagai konsol game portable Nintendo di masa depan.


5. Nintendo DS
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
Nintendo DS atau NDS adalah konsol game portable Nintendo yang dirilis pada tahun 2003. NDS menggunakan model Clamshell horizontal dan terdiri dari 2 layar, layar bagian bawah berfungsi sebagai layar sentuh. NDS juga memiliki built-in microphone dan mendukung penggunaan Wi-Fi sehingga bisa berinteraksi dengan pemain lain secara nirkabel.

NDS memiliki beberapa versi yang dibuat ulang seperti NDSi dan NDS XL yang masing-masing memiliki tambahan fitur tertentu dan lebih baik dari pendahulunya. Nama DS sendiri berasal dari kata “Developer System” dan “Double Screen” yang mengacu pada fitur unik dari konsol game NDS ini. 


6. Nintendo 3DS
Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo 
Pada dasarnya, Nintendo 3 DS adalah pengembangan dari NDS. Hanya saja, Nintendo 3DS memiliki teknologi LCD 3D Autostereoscopic yang membantu mengirimkan gambar berbeda ke mata kiri dan kanan pemain sehingga bisa melihat gambar 3D tanpa bantuan kacamata. Nintendo 3DS sendiri sudah dirilis pada tahun 2011 dan memiliki beberapa versi seperti 3DS XL yang memiliki layar lebih besar.

Nah, jadi itulah enam konsol game portable milik Nintendo. Tak terasa bahwa perjuangan Nintendo menghasilkan konsol game portable berkualitas sudah berjalan sejak tahun 1980 dan bertahan hingga sekarang. Bukan perjuangan yang mudah dan semoga Nintendo bisa terus bertahan sehingga kita tidak kehilangan sumber kebahagiaan, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/tech/gadget...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo  Nostalgia, Konsol Klasik Nintendo 64 Bakal Dirilis Ulang

- Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo  Masih Kotak-kotak, 5 Game Nintendo Jadul Ini Bikin Kangen

- Sejak 1980, Begini Perkembangan Konsol Game Portable Milik Nintendo  Bikin Kangen, 5 Barang Jadul Ini Sudah Susah Banget Dicari

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pertamax diamankeun! emoticon-Cool


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di