alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf653f5d675d47d2c8b457e/tokopedia-disebut-raih-pendanaan-rp14-triliun-dari-softbank

Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank

Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank
Ilustrasi gambar aplikasi Tokopedia
Perusahaan jual beli (marketplace) Tokopedia berpotensi merajai posisi unicorn digital setelah dikabarkan mendapat suntikan modal $1 miliar AS (Rp14,6 triliun) dari SoftBank. Suntikan dana ini menjadikan Tokopedia marketplace online terbesar di Indonesia.

Seorang sumber yang dikutip oleh Bloomberg menyatakan, valuasi Tokopedia menjadi sekitar $7 miliar (Rp102 triliun) setelah mendapat tambahan dana. Menurut firma riset CB Insight, itu adalah valuasi terbesar untuk perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.

Namun, sang sumber enggan menjabarkan lebih detail, siapa penyokong dana terbesar Tokopedia -- apakah SoftBank Group Corp, Vision Fund, atau perusahaan yang berbasis di Tokyo yang juga memberikan suntikan dana ke Tokopedia pada awal 2018.

Tokopedia menolak mengomentari kabar ini. Sementara SoftBank belum memberikan tanggapan.

SoftBank merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi dan media asal Jepang yang bergerak dalam penyediaan beberapa jasa seperti internet pita lebar (broadband), telekomunikasi seluler, dan keuangan.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini terlebih dulu menyuntikkan modal jumbo ke perusahaan transportasi berbasis aplikasi Grab. SoftBank pertama kali berinvestasi dengan membeli saham Grab pada 2014 seharga $250 juta saat startup ini baru berusia dua tahun.

Adapun kehadiran SoftBank dalam portofolio investasi Tokopedia akan menyaingi dominasi Alibaba yang telah mengucurkan dana $1,1 miliar (Rp14 triliun) pada 2017.
Mungkinkah menjadi Decacorn?
Indonesia saat ini memiliki empat unicorn atau startup bervaluasi $1 miliar yang menjadi raksasa bisnis baru di dalam negeri. Namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki startup decacorn, atau startup dengan valuasi mencapai di atas $10 miliar.

Namun ia tidak merinci detail siapa yang akan menjadi raksasa digital puluhan miliar dolar pertama tersebut. "Decacorn di Indonesia tinggal tunggu waktu. Tinggal tunggu transaksinya," ujar Rudiantara dalam CNBC Indonesia, Kamis (15/11).

Di Indonesia, empat startup unicorn tersebut terbagi dalam tiga jenis industri dan sudah berkali-kali mendapat suntikan modal dari investor asing.

Pertama adalah Go-Jek yang merajai sektor transportasi. Menurut Cruchbase, Go-Jek telah tujuh kali mengumpulkan dana hingga mencapai $3,3 miliar.

Hingga 30 Oktober 2018 Go-Jek memiliki valuasi $7,8 miliar. Valuasi ini bisa bertambah sebab Go-Jek masih menggalang dana dari investor untuk ekspansi ke Asia Tenggara.

Kedua, Tokopedia yang sudah delapan kali menggalang dana dari investor. Saat ini valuasi Tokopedia dikabarkan telah mencapai $7 miliar. Jika transaksi suntikan modal dari SoftBank berjalan lancar, Tokopedia berpeluang menjadi startup decacorn.

Posisi ketiga ditempati startup toko online (e-commerce) Bukalapak. Menurut Crunchbase, Bukalapak telah lima kali menggalang dana tapi tidak diketahui berapa dana yang berhasil dikumpulkan.

Manajemen mengakui saat ini valuasi Bukalapak sudah di atas $1 miliar. Investor utama Bukalapak adalah Emtek Group.

Keempat, startup pemesanan tiket online Traveloka. Menurut Crunchbase, Traveloka telah empat kali melakukan penggalangan dana sebesar $500 juta. Salah satu investor Traveloka adalah raksasa e-commerce asal Tiongkok, JD.com. Saat ini valuasi perusahaan mencapai $1 miliar.
Pertarungan digital Asia Tenggara
Asia Tenggara bakal menjadi kunci pertarungan para pemain e-commerce global. Ekonomi digital di Asia Tenggara diperkirakan dapat bernilai lebih dari $240 miliar (hampir Rp351 triliun) pada 2025 atau lebih besar dibandingkan proyeksi sebelumnya yang sebesar $200 miliar.

Dari sisi negara, ekonomi digital Indonesia diyakini dapat tumbuh hingga $100 miliar pada 2025. Porsi transaksi ekonomi digital Indonesia mencakup $4 dari tiap transaksi sebesar $10 yang terjadi di Asia Tenggara.

Hal itu disampaikan dalam laporan bersama Google dan Temasek Holdings, yang dilansir Reuters, Kamis (22/11). Peningkatan ini didorong oleh jumlah kepemilikan ponsel pintar (smartphone) yang terus bertambah.

Laporan tersebut juga menghitung perkembangan ekonomi digital di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain itu, laporan kali ini mencantumkan tambahan subsektor layanan pengiriman makanan, layanan musik berlangganan, dan Video on Demand (VOD). Pada laporan pertama yang dirilis pada 2016, hanya ada subsektor layanan transportasi berbagi (ride-hailing), e-commerce, layanan travel online, dan media daring.

Laporan ini menyebutkan penjualan kotor atau Gross Merchandise Value (GMV) dari kawasan Asia Tenggara telah menembus $72 miliar pada 2018, tumbuh 37 persen dari tahun lalu.

Perkembangan ekonomi digital di kawasan ini mendapat keuntungan dari lebih 90 persen warga Asia Tenggara yang terhubung dengan internet. Harga smartphone yang makin terjangkau dan layanan telekomunikasi yang dapat diandalkan menjadi faktor pendukung lainnya.

Nilai GMV e-commerce diprediksi naik menjadi $23 miliar dan menyentuh $100 miliar pada 2025. Kondisi tersebut didukung oleh makin besarnya skala e-commerce di kawasan ini, termasuk Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Sementara itu, GMV ride-hailing dan layanan pengiriman makanan telah mencapai $7,7 miliar pada tahun ini.
Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dari-softbank

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank Survei integritas dan sarang suap di Sumut

- Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres

- Tokopedia disebut raih pendanaan Rp14 triliun dari SoftBank Vonis 8 tahun untuk penerima suap Bakamla

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di