alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf64fc3582b2ef54e8b456d/gaji-guru-rp20-juta-dalam-pusaran-pilpres

Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres

Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres
Seorang guru tengah mengajar dua kelas di SD 005 Singkep Selatan, Pulau Berhala, Lingga, Kepulauan Riau, Selasa (6/11/2018). Profesi guru pun masuk dalam pusaran pemilu presiden 2019.
Isu gaji guru masuk dalam pusaran pemilihan presiden (pilpres) 2019. Juru bicara (Jubir) Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Mardani Ali Sera, mengusulkan agar guru mendapat gaji hingga Rp20 juta per bulan.

Menurut Mardani yang juga anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), kenaikan gaji guru bisa meningkatkan gairah dan kualitas pengajaran.

"Karena itu angka Rp20 juta itu sebagai efek kejut bahwa guru itu harus mendapat perhatian dan angka Rp20 juta itu paling utamanya untuk guru profesional yang sudah lulus berbagai hal," kata Mardani dikutip detikcom, Rabu (21/11/2018).

Namun usulan Mardani justru disanggah langsung oleh sang calon presiden (capres), Prabowo Subianto. Ditemui wartawan di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Rabu pula, Prabowo mempertanyakan anggaran untuk keperluan gaji guru.

"Kenaikan ini, kenaikan itu, uang dari mana gitu lho," ujar Prabowo.

Hal senada juga disampaikan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno. Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, menaikkan gaji guru secara nasional hingga Rp20 juta per bulan tidaklah realistis.

Menurut Sandi, sapaan akrabnya, gaji sebesar Rp20 juta hanya bisa untuk kalangan guru di kota-kota besar tertentu. Kebijakan yang sama tak akan bisa diterapkan kepada guru-guru di pelosok atau daerah pedalaman.

"Kalau dipukul rata Rp 20 juta (gaji guru) enggak akan sanggup. Tapi pemikiran kami, kualitas itu yang kami tingkatkan," kata Sandiaga dalam Kompas.com.

Sandi lebih lanjut mengatakan bahwa gaji guru seperti di Jakarta memang bisa mencapai Rp20 juta. Namun, angka itu sudah termasuk tunjangan sertifikasi atau dalam bahasa Mardani adalah guru yang sudah lulus berbagai klasifikasi.

Saat masih menjadi Wakil Gubernur DKI, Sandi pernah mengatakan gaji guru di Jakarta ada yang sampai Rp31 juta per bulan. Seperti dilaporkan Warta Kota, 12 Januari 2018, informasi itu diperoleh Sandi dari Kepala Dinas Pendidikan DKI, Sopan Adrianto.

Namun Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Bowo Irianto, menyebutkan bahwa gaji guru PNS per bulan di ibu kota maksimal Rp14 juta. Adapun gaji pokok mereka per bulan "hanya" Rp5 juta.

Itu pun, lanjut Bowo, hanya diterima oleh guru-guru yang kariernya sudah panjang atau berpengalaman. Sementara gaji para guru yang masih muda atau awal karier lebih kecil.

"Kalau (guru) baru itu, masih sekitar Rp3,5 juta" ucap Bowo.

Di sisi lain, kubu capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf setuju bila guru mendapat gaji minimal Rp20 juta per bulan. Disampaikan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, guru layak mendapat gaji di atas Rp20 juta.

Karding mengatakan gaji tinggi menjadi perlu karena tanggung jawab guru yang mulia. Namun, politikus asal Partai Kebangkitan Bangsa ini mengingatkan lagi bahwa semua itu mesti juga mengacu pada kemampuan ekonomi Indonesia.

"Harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi kita, jadi kalau kemampuan ekonomi kita baik tentu Rp20 juta itu kurang, di situlah saya kira yang menjadi perhatian saya," imbuh Karding kepada JawaPos.com, Rabu (21/11).

Bagi kita gaji Rp 20 juta itupun sebenarnya untuk kepentingan tanggungjawab guru yang begitu mulia masih bisa lebih dari itu. Dan pantas untuk lebih dari itu," ujar Karding kepada JawaPos.com, Rabu (21/11).
Penuh komponen
Menentukan gaji guru, apalagi jika ia adalah seorang PNS, memuat komponen yang cukup kompleks. Dalam laman Republika.co.id, 11 Januari 2018, dalam konteks di Jakarta, Bowo menjelaskan bahwa penentuan gaji guru mesti merujuk pada golongan PNS-nya.

Bila seorang guru memiliki pendidikan strata 1 (S1), ia bergolongan III A. Gaji pokoknya adalah Rp3,5 juta hingga Rp4,5 juta.

Setelah menjalani karier selama 30 tahun, guru tersebut bisa naik ke golongan IV A hingga IV B. Gaji pokoknya mulai Rp4,6 juta.

Bowo menambahkan bahwa golongan tertinggi bagi guru adalah IV E. Gaji pokok untuk golongan ini mencapai sekitar Rp5 juta hingga Rp5,5 juta. Dan Bowo menegaskan bahwa angka ini berlaku secara nasional.

Di luar gaji pokok, seorang guru PNS mendapat tunjangan kinerja daerah (TKD). Karena berbasis kinerja, angkanya bisa bervariasi. Paling kecil adalah Rp8 juta.

"Kalau dilihat lebih tinggi mungkin sekitar Rp 10-11 juta," ujarnya.

Lalu guru yang sudah lulus sertifikasi, ia akan mendapat tunjangan khusus hingga Rp4 juta per bulan. Dengan begitu, seorang guru yang sudah mencapai level tertinggi dan mengantongi sertifikat, bisa membawa pulang gaji minimal Rp17 juta per bulan. Bahkan bila guru itu memiliki jabatan kepala sekolah, gajinya bisa mencapai Rp26 juta.

Namun, Bowo menegaskan bahwa gaji PNS tidak memperhitungkan strata pendidikan. Jadi seorang guru lulusan S2 belum tentu memiliki gaji lebih tinggi dari koleganya yang jebolan S1.

S2 hanya berpengaruh untuk karier. "Untuk pengembangan karier saja. S2 itu tidak diperhitungkan untuk gaji," tukasnya.
Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...usaran-pilpres

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres Vonis 8 tahun untuk penerima suap Bakamla

- Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres Amien Rais akan menjewer

- Gaji guru Rp20 juta dalam pusaran pilpres Pemerintah buka lebar 25 bidang usaha untuk investor asing

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di