alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gaya kepemimpinan Soeharto bakal ditiru Prabowo, baik kah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf64dd5a09a39a7728b456c/gaya-kepemimpinan-soeharto-bakal-ditiru-prabowo-baik-kah

Gaya kepemimpinan Soeharto bakal ditiru Prabowo, baik kah?

Gaya kepemimpinan Soeharto bakal ditiru Prabowo, baik kah?
(sumber gambar: tribunnews.com)

Sedang booming soal ucapan Titiek Soeharto yang menyatakan bahwa jika Prabowo memenangkan pilpres maka gaya pemerintahan yang akan diberlakukan adalah gaya pemerintahan Soeharto. Seperti apa sih Soeharto saat memimpin Indonesia kala itu? Yuk telusuri jejaknya!
            Soeharto adalah presiden ke - 2 yang memiliki tanggal kelahiran 18 Juni 1921 di Yogyakarta. Mulai menjabat sebagai presiden sekitar tahun 1967. Pada masanya, presiden ke-2 ini memimpin dengan baik tanpa banyak yang tahu di belakang kepemimpinannya presiden ini memiliki banyak hutang ke luar negeri.
            Yang masyarakat ketahui, mereka hidup aman, tentram dan tidak kekurangan pangan. Namun, siapa sangka jika kebobrokan ekonomi tengah terjadi melanda Indonesia. Namun, saking pintarnya Soeharto menutupi polemik ini, rakyat dibuat percaya dan aman seaman – amannya.  Mereka mengira, track record presiden ke-2 ini sangatlah baik. Yaitu mampu membersihkan G30S/PKI, mengatasi krisis moneter, mensukseskan swasembada pangan dan sebagainya. Namun, setelah ditelusuri ternyata Soeharto ada di balik semua peristiwa itu. Rakyat baru tersadar saat Soeharto sudah mulai melakukan pelencengan terhadap tugasnya sebagai presiden RI.
            Apa saja penyelewengan yang dilakukan oleh Soeharto pada masa jabatannya?
1.     Kasus dugaan korupsi
Setelah presiden RI ke-2 ini lengser dari jabatannya, barulah diketahui bahwa beliau menyelewengkan sejumlah dana seperti yang dikutip Bank Dunia yang menyatakan sekitar 20 – 30 % dari dana pengembangan Indonesia di selewengkan selama bertahun – tahun.
2.     Merangkul ABRI berpihak pada partai politiknya.
Mentang – mentang memiliki kekuasaan, Soeharto menggunakan akal liciknya untuk kepentingan politik.
3.     Berkuasa melebihi hak presiden
Pada masa kepemimpinan Soeharto segala mandat dan perintah darinya harus dilaksanakan saklek dengan apa yang diperintahkannya. jika tidak, maka pihak yang diperintahnya akan lengser dari jabatannya. Memang kepemimpinannya ini terkenal sangat otoriter.
4.     Berkhianat kepada Soekarno
Siapa sih, yang tidak kenal dengan tokoh proklamayor bapak Soekarno? Andil besarnya dalam memerdekakan Indonesia sangatlah pantas diapresiasi dengan baik oleh segenap rakyat. Namun, bukannya apresiasi yang didapatkannya, malah penghianatan sadis yang beliau tuai. Pasalnya, pada saat itu Ir. Soekarno yang sedang menderita sakit justru dibuat terlunta oleh tentara suruhan orde baru. Kabarnya, obat – obatan yang sedang dikonsumsi oleh bapak presiden pertama ini dibuang. Mengapa sedemikian tega? Sebab Ir. Soekarno dianggap sebagai musuh politik bagi orde baru.
5.     Tidak mengindahkan HAM
Seperti yang kita ketahui, HAM di Indonesia sangatlah dijunjung tinggi. Namun, pada masa orde baru yang dibarengi krisis moneter telah merenggut sejumlah hak – hak manusia yang seharusnya dilindungi. Masih ingat bukan, kebakaran terjadi dimana – mana, kerusuhan, keributan sampai pemerkosaan dan pembunuhan yang meninggalkan korban jiwa hingga 1000 nyawa lebih. Di mana letak HAM saat iru? Tidak bisakah presiden kita saat itu meredam semuanya dan melindungi HAM di Indonesia?
 
Begitulah daftar panjang sejarah kesalahan dan penyelewengan masa jabatan Soeharto. Lantas apa yang masih bisa di banggakan dari perjuangannya? Pantaskah Prabowo akan meniru gaya kepemimpinan mantan presiden ini? haruskah sejarah kelam ini terulang kembali di era yang modern ini? sanggupkah Indonesia menjadi negara maju?
Sebaiknya, pikirkan kembali untuk meniru gaya kempemimpinan mantan presiden yang satu ini menimbang deretan kesalahan yang sudah dilakukannya di masa lalu. Tentunya, kita sebagai rakyat menginginkan negara yang damai, makmur secara ekonomi, dan hidup saling berdampingan satu sama lain. Bukan menginginkan kerusuhan yang terjadi di mana – mana sehingga menimnulkan korban – korban seperti masa lalu.

Sebaiknya pula, rakyat mempertimbangkan keuntungan apa yang akan mereka peroleh dengan adanya gaya kepemimpinan tersebut. Pasalnya, jika menengok masa lalu sangatlah kejam dan mengerikan. Bayangkan, seseorang yang tidak sesuai dengan kehendaknya langsung dieksekusi tanpa ba bi bu. Semua ormas yang tidak disukai harus bubar begitu saja. 
Maka, kita sebagai rakyat berperan sebagi apa? Budak belaka? Atau sebagai syarat saja berdirinya suatu negara?

sumber : https://indonesiana.tempo.co/read/129342/2018/11/22/Akbarrasy25/gaya-kepemimpinan-soeharto-bakal-ditiru-prabowo-baik-kah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Sumur meragukan emoticon-Leh Uga
suharto dulu gak tunduk sama siapapun, apalagi sama pimipnan ormas
Setahu ane kaum.kilapak intoleran paling jiper pas jamannya smiling general
Si kakek wasir aja kagak berani kesini, ngumpet di malay

Sampe menantunya aja keder ngibrit ke jordan ..
Sumbernya bukan dari orangnya langsung..

Dan lagi yg ngomong juga anaknya suharto..

Wajarnya sih pasti gitu.. Saat lu mau meraih simpatik dan dukungan seseorang..

Pasti lu mulai dari mendekati apa yg paling dekat dengan orang tersebut..

Lu mau dapet dukungan dari tukang ojek, lu pasti cerita tentang tukang ojek..

Lu mau deketin buruh, lu pasti cerita tentang buruh..

Mau dapet dukungan keluarga gusdur, sudah pasti si wowo cerita tentang gaya kepemimpinan gusdur..

Mau dapet dukungan keluarga suharto pun begitu..

Dan lagi bahasanya juga masih terlalu umum..

"mau mengikuti gaya kepemimpinan suharto.."

Ada banyak style kepemimpinan yg di pake suharto.. Yg mana yg mau di tiru si wowo? emoticon-Big Grin
Diubah oleh filusufpisang
Bikin misleading

Prabowo mau niru program pembangunan ekonominya soeharto yang terbukti berhasil bukan niru gaya kepemimpinan yang keras rezim soeharto
Balasan post Critical.4x
Quote:


pembangunan ekonomi yg terbukti berhasil? emoticon-Bingung
pembangunan ekonomi yg pegimane tuh gan? emoticon-Bingung
Quote:


Contohnya jaman eyang ato tuh 1 desa cuma 1 orang yg punya tipi

Bukti ekonomi indo berjaya dijaman eyang emoticon-Shakehand2
Quote:


Yoi, sampe iklan dikit banget gara2 katanya mendorong masyarakat untuk komsumtif emoticon-Malu

Jumlah penduduk juga gak sebanyak sekarang, gara2 program KB digalakin dulunya. Sekarang sih bebas mau punya anak berapa aja, peduli amat sama kualitas pendidikannya kayak apa emoticon-Embarrassment

Balasan post sudarmadji-oye
Quote:


Lu generasi micin yah? Yang hidup zamannya soeharto ga berani nanya pertanyaan ngawur kayak lu. Nih liat ekonom senior dan negawaran yang ngerti ekonomi saja bilang gini :

https://economy.okezone.com/read/2018/03/28/20/1879156/pertumbuhan-ekonomi-7-di-orde-baru-boediono-kita-bisa-jadikan-pelajaran
Balasan post Critical.4x
Quote:


masa? kalo hebat kenapa pas di hajar dollar 12 rebu langsung hancur lebur?
gimana Jokowi yg hampir 16 rebu manteng sampe berhari2? berminggu2? hancur jadi debu kali emoticon-Embarrassment
Diubah oleh sudarmadji-oye
Balasan post sudarmadji-oye
Quote:


Nanya aja sama budiono yang profesional dibidang itu. Lu menyangsikan pendapat budiono yah? Emank nya lu siapa berani membantah budiono? Lu kepala the Fed?

Balasan post sudarmadji-oye
Quote:


Yaiyalah hancur lebur, naiknya sampe ratusan persen. Dollar yang tadi nya stabil di angka 2500, langsung melonjak ke angka 16 ribu. Kl dibandingkan lagi pakde Wiwi depresiasi rupiahnya nggak sampe 30% tapi kemarin aja cukup kelabakan.. untung aja sekarang udah mulai stabil. Tapi efeknya kita jadi tahu ekonomi kita emang rapuh.
jadi maksudnya wowok mau otoriter dan berkuasa sambil nimbun harta puluhan tahun gitu? emoticon-Bingung
Quote:


Pak harto prioritaskan pertumbuhan ekonomi yg tinggi baru kemudian pemerataan.
Akibatnya muncullah konglomerat2 yg menguasai kue ekonomi indonesia sedangkan rakyat jelata hanya kebagian remah2 dari kue pembangunan ekonomi ala pak harto.

Nah kesenjangan ekonomi yg tinggi antara si kaya dan miskin hasil pemerintahan orde baru inilah yg jadi jualannya prabowo dan mantan istrinya bak pahlawan kesiangan dgn menyalahkan pemerintahan sekarang,
Padahal merekalah salah satu orang yg paling menikmati kekayaan indonesia dimasa rezim orde baru emoticon-Tai
Balasan post tukangbolos
dollar stabil dijaman orde baru?
dari sini aja lo gak tau apa yg lo bicarain emoticon-Big Grin
Diubah oleh sudarmadji-oye
Balasan post Critical.4x
Quote:


karena budiono menilai status perekonomian negara dari kulitnya aja, bukan fundamental nya, kekuatan yg ada di dalamnya, entah dia bodoh atau pura2 bodoh emoticon-Embarrassment
Balasan post sudarmadji-oye
Quote:


TOLOL !!!!

DOLLAR DI ORDE BARU DARI 2000 JADI 12 000 ALIAS NAIK 600 %

JOKOWI DARI 13,000 CUMAN 16,000 GAK SAMPAI 100% !!!!!
KALAU DOLLAR DI JAMAN JOKOWI DARI 13,000 JADI 100,000 GUA YAKIN EKONOMI JOKOWI LANGSUNG MAMPUS !!!!!

GAK ADA EKONOMI YANG BISA BERTAHAN KALAU NILAI TUKAR DOLLARNYA NAIK DRAKTIS
Balasan post superorb
Quote:


masa?

kalo fundamental ekonomi suatu negara bagus, gak bakalan dia naik sampe 600% dan terjadi public distrust

kecuali perekonomian negara tsb di bangun di atas sebuah kerangka rapuh ala boneka ondel-ondel yg kosong di dalamnya emoticon-Embarrassment

cendol dong emoticon-Embarrassment
Diubah oleh sudarmadji-oye
Balasan post sudarmadji-oye
Quote:


Yaelah dungu nya sampe segitunya, sampe ngata2in orang tua (budiono) yang padahal adalah ekonom senior yang mantan gubernur BI.

Jasmev shif siang yah? Cari uang jangan sampe segitu nya lah
Balasan post Critical.4x
Quote:


kenapa gak lo kejar statement gue yg ntu? instead lo malah ngelantur kemana2? emoticon-EEK!

gak ada kalah menang di kaskus gan, semua adalah piyik yg masih belajar, termasuk ane emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di