alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Meliana Pengkritik Volume Azan Ajukan Kasasi, Ini 6 Alasannya
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf64bce9252332e0f8b4575/meliana-pengkritik-volume-azan-ajukan-kasasi-ini-6-alasannya

Meliana Pengkritik Volume Azan Ajukan Kasasi, Ini 6 Alasannya

Meliana Pengkritik Volume Azan Ajukan Kasasi, Ini 6 Alasannya

Meliana mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) dengan 6 alasan. Tim hukum Maliana yakin kliennya bebas karena tidak bersalah dalam kasus itu.

"Pertama, bukti toa dan ampli yang diajukan oleh jaksa malah menjelaskan itu perkara terkait volume, bukan penodaan agama," kata pengacara Meliana, Ranto Sibarani saat dihubungi detikcom, Kamis (22/11/2018).

Kedua, hakim mempertimbangkan keterangan saksi-saksi yang tidak bisa dibuktikan, tapi mengenyampingkan keterangan Meliana. Ketiga, pidana yang dituduhkan dilakukan pada tanggal 29 Juli 2018, sementara barang bukti berupa surat pernyataan baru dibuat 2 Desember 2016.

"Jaksa dan penyidik terkesan menunggu keluar Fatwa MUI Sumut terkait penodaan agama Meliana, baru menetapkan Meliana tersangka dan menahan Meliana, sementara fatwa tersebut malah tidak berani dimasukkan sebagai barang bukti, karena prosedur mengeluarkannya tidak lazim," papar Ranto menuturkan alasan keempat.

Kelima, majelis hakim dalam pertimbangannya menyebutkan Fatwa MUI tersebut. Namun dalam hierarki perundang-undangan Indonesia, fatwa bukan sebagai dasar penegakan hukum, apalagi hukum pidana.

"Keenam, tidak adanya kepastian hukum terkait penerapan pasal 156 a huruf a KUHP. Di mana orang yang merusak dan membakar rumah ibadah dikenakan pasal pengrusakan dan dihukum tidak lebih dari 3 bulan, sementara perkataan Meliana yang dituduh mengucapkan penodaan dan hanya bisa dibuktikan melalui surat pernyataan orang lain, malah dikenakan pasal penodaan agama dan dihukum 18 bulan," cetus Ranto.

Memori kasasi itu telah diterima MA pada Rabu (21/11) kemarin.

Sebagaimana diketahui, Meliana mengkritik volume azan karena terlalu keras pada Juni 2016. Rumah Meliana dirusak oleh massa dan Vihara dibakar.

Belakangan, jaksa menuntut Meliana 18 bulan penjara dan diamini oleh PN Medan pada 21 Agustus 2018. Atas hal itu, Meliana banding tapi ditolak.

"Saya Meliana, percaya kepada tim penasehat hukum saya sudah melakukan yang terbaik dan saya setuju untuk melakukan upaya hukum kasasi. Saya mohon kepada hakim Ketua Mahkamah Agung supaya memberikan putusan atas tuduhan yang tidak pernah saya lakukan," kata Meliana dalam secarik kertas dari balik penjara.

TOA.News

Volume TOA = Penistaan agama

TOA = Agama

Meliana Pengkritik Volume Azan Ajukan Kasasi, Ini 6 Alasannya

emoticon-Wow
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
TOA hu akbar
Meme nya koplak emoticon-Leh Uga
Radio aja bisa rekues lagu
Masak toak rekues kecilin volume dikit aja dibales dgn kerusuhan, penjarahan, pembakaran n dipenjarakan ?

Itu baru rekues volume loh, gimana kalo rekues ganti lagu ?
Pan bosen lagunya itu2 doank dari abad pertengahan, ganti lagunya cardi b napa ?
semua gara2 kowi...

Meliana Pengkritik Volume Azan Ajukan Kasasi, Ini 6 Alasannya
protes TOA kena 18 bulan, bakar klenteng 2 bulan .... jadi kalo protes bakar aja sekalian karena itu ga menista agama emoticon-Toast
bendera disembah
toa disembah
nih tuhanya 1 atau banyak sih?
Kasus aneh, hanya ada di Indonesia emoticon-Ngakak
Quote:
Berarti provokator yg membawa vendera tahudi juga harus di hukum 2 tahun penjara dong
Pantesan gampang bener dikit2 bakar,,cuma 2 bulan,, daripada musyawarah cuma minta volume di kecilin 18 bulan,,,aneh bin ajaib
Jokowi berani komen nih kasus nga ? suruh ajuin GRASI gitu wkwkwkwk

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Balasan post raul.garcia
Quote:


Mana berani, takut gk kepilih cuy
Balasan post rickreckt
Quote:


yoi.. kasus yg sensitif melibatkan minoritas doi diem, mingkem

maklum lagi butuh suara menjelang pilpres emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
halah mewek, bacot dijaga emoticon-Blue Guy Bata (L)
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Balasan post bhinnekax
Quote:


astajim, hoax ndak nih? ati ati kena penisbatang
Balasan post raul.garcia
Quote:


Taik memang sih jokowok tuh. Waktu perlu suara, yang minoritas dilupakan. Ngak beda jauh tuh sama sih wowok.
Percuma protes ke ma dah terima kenyataan z...
Penegak hukum kita takluk oleh sumbu pendek.
Jd gk usah heran gara² satu kata / protes dianggap menista
Tanya makruf emoticon-Ngakak
Diubah oleh Betjanda
inilah indahnya ajaran agama ini, rahmatan ala alamin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di