alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polisi Bakal Sita Kendaraan Bermotor yang Telat Bayar Pajak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf63e91a09a391f708b4569/polisi-bakal-sita-kendaraan-bermotor-yang-telat-bayar-pajak

Polisi Bakal Sita Kendaraan Bermotor yang Telat Bayar Pajak

Polisi Bakal Sita Kendaraan Bermotor yang Telat Bayar Pajak

Polisi akan melakukan penyitaan terhadap kendaraan bermotor yang tidak patuh dalam membayar pajak tahunan. Pasalnya, dalam hal ini, salah satu tugas polisi lalu lintas (polantas) adalah melakukan registrasi dan identifikasi kendaraan. Hal itu disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri.

Refdi menjelaskan, kepolisian mengeluarkan BPKB sebagai bukti kepemilikan kendaraan dan STNK sebagai surat tanda kendaraan yang di dalamnya terdapat masa berlaku dan bukti kepemilikan. Kemudian, dikeluarkan lagi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sebagai registrasi kendaraan di wilayah.

Pajak Ratusan Ribu Kendaraan Bermotor Belum Dibayar, Razia Pun Digelar
"Ketika pemilik kendaraan tidak melakukan registrasi pada pengesahan tiap tahun, ini sudah merupakan bentuk pelanggaran hukum. Selain itu registrasi dan identifikasi kendaraan juga ada masa penghapusan, yakni kendaraan yang tidak melakukan registrasi selama dua tahun akan dihapus dari data kepolisian," kata Refdi, Kamis (22/11/2018).

Terkait hal tersebut, Refdi telah memberikan arahan langsung kepada jajarannya di ditlantas seluruh Indonesia. Refdi berharap, tindakan tegas ini tidak hanya dilakukan oleh Polantas.

Razia Polantas

Tetapi, kata dia, bisa dari kesatuan polisi lain seperti Bhabinkamtibmas karena lebih dekat dengan masyarakat yang berada jauh dari perkotaan untuk membantu mensosialisasikan tentang wajib pajak kendaraan. Pasalnya, hal ini juga memungkinkan untuk sinergi dengan TNI melalui Babinsa untuk ikut membantu program wajib pajak kendaraan.

“Karena melalui wajib pajak, manfaatnya juga akan dirasakan oleh masyarakat yang jauh dari kota demi pembangunan dan perekonomian. Ketika pemilik kendaraan bermotor membayar pajak, hal ini turut membantu kontribusi untuk semuanya, seperti pembangunan jalan, perbaikan jalan, sumbangan korban kecelakaan dan lainnya," papar Refdi.

"Justru dengan tidak membayar pajak kendaraan, pemilik akan menimbulkan kerusakan jalan, karena kendaraan yang tidak berhak berjalan itu merupakan suatu pelanggaran," tegas dia.

Refdi pun menyampaikan terima kasih kepada salah satu pengendara yakni, Ignatius Bambang Widjanarto, lantaran telah berani berbuat apa yang memang seharusnya dilakukan bila masyarakat bingung tentang hukum.

Mengingat, pengendara itu telah mengajukan praperadilan kepada Satlantas Polres Demak yang menyita SIM-nya saat dilakukan penilangan dengan pelanggaran hukum tidak membayar pajak tahunan atau pengesahan STNK tiap tahun.

Pengendara Dbaikang

“Di sini bukan tentang menang atau kalah, tapi hukum telah membuktikan bahwa penegakan hukum terkait pajak kendaraan bermotor sudah sesuai dengan UU LLAJ dan peraturan lainnya,” tutur Refdi.

Di sisi lain, ia pun mengapresiasi Kasatlantas Polres Demak, AKP Lolowang Chris beserta jajaran dengan memberikan piagam penghargaan atas kejadian tersebut.

Ia menambahkan, ketika pemilik kendaraan tidak bisa menunjukkan surat tanda bukti yang telah disahkan atau pajak tahunan bisa disita kendaraannya. Karena kendaraan tersebut berkontribusi pada kemacetan dan kerusakan jalan serta menghindari kecelakaan.

“Dan ini dapat menjadi pelajaran bagi penggendara lain agar tidak melakukan satu pelanggaran sekecil apapun. Setiap kendaraan bermotor wajib meregistrasikan, baik itu baru, perubahan, perpanjangan dan pengesahan. Hal ini sesuai dengan Perkap Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 78 ayat 1, Perpres Nomor 5 Tahun 2012, Pasal 4 ayat 1, dan UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 64,” kata Refdi menandaskan.

https://news.okezone.com/read/2018/1...at-bayar-pajak

CARA NGEJAR PAJAK RAKYAT DARI DAMPAK HUTANG BANGUN INFRASTRUKTURemoticon-Leh Uga

NILAI PAJAK MOTOR YG BESAR, TELAT SEBULAN HITUNGANNYA SETAHUNemoticon-No Hope

PAJAK DI KORUPSI, NTAH ARAHNYA KEMANAemoticon-Bingung
Diubah oleh nevertalk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
waduh.........
Loh, bayar pajak kan emang sudah kewajiban..
Terus kenapa dikaitkan dengan hutang infrastruktur?
Bayar pajak kok takut..
Jadi maunya ga perlu bayar pajak?
emoticon-Bingung
bayarnya dipermudah pak, bisa lewat ATM atau di Indomaret emoticon-Leh Uga
Balasan post kbeniadip
Quote:


Banyak pajak dikorupsi, ampir ane cilaka jalan berlubang mau mental
padahal ane wajib pajak
Kalau telat bayar pajak akibat lelah karena telat tiga bulan, gimana? emoticon-Bingung
Coba lah itu bayar pajak kendaraan gak usah pakai ribet, bisa bayar di minimarket atau atm, gak usah dateng ke samsat, lagian sekarang sudah era canggih, semua polisi sudah pakai smartphone, tinggal masukin nopol saja sudah tau tu kendaraan sudah bayar pajak atau belum, padahal tinggal panggil programer 2 minggu juga kelar
Balasan post youdoyouknow
Quote:


cari tau dulu bapaknya siapa gan, udah telat tiga bulan emoticon-Hammer
Balasan post youdoyouknow
Quote:


DI SITA TRUS BAYAR DENDA SENILAI TELAT SETAHUN BRE
Balasan post kodok.joget
Quote:


Sebenarnya sudah bisa bayar lewat atm, tapi ujung2nya juga tetep disuruh ke samsat ambil print nya, padahal udah era canggih gini, polisi semua juga sudah punya android, tinggal di cek aja bikin aplikasinya harusnya sudah kelihatan sudah bayar pajak atau belum, gak usah dateng ke samsat lagi
Balasan post Joko.Widoddo
Quote:



Mau calo2 sekitar Samsat pada nganggur bre?
dan ga ada setoran ke oknum hah?emoticon-Leh Uga
Quote:


Belum lagi kalau bayar pajak bukan atas nama sendiri harus ktp asli, surat kuasa, giliran lewat calo nambah 50/100 k bisa, kan bangcat
Balasan post Joko.Widoddo
Quote:


Kenapa ada calo di Samsat dan pembuatan SIM?
Karena udah dipelihara gan

kalo ga begini mana bisa ada jobside oknum seragam emoticon-No Hope
Asik banget emang kl jadi polantas, job tilangan banyak
Balasan post BigJersey
Quote:


Polantas itu cuman recehan coy, yang bagian crime lebih gede dpetnya, biasanya nutup kasus/ nebus tersangka bisa puluhan juta
makanya beli motor jangan cuma mikirin kredit nya doang, asal punya motor, pajak tahunan nya tuh pikirin emoticon-Leh Uga
Quote:
Quote:


Kata orang negeri kita kayah rayah
Dianugrahi tuhan sda yg melimpah
Napa musti bayar pajak emoticon-Ultah
Kampret lu pajak mulu... pajak tuh pemerasan thd rakyat tau ga?
Balasan post Joko.Widoddo
BA BI memang!
dari dulu kan gitu, motor telat pajak yg kenak tilang ya suruh bayar dulu pajaknya baru boleh ngurus tilang emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di