alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Blower?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf60fbddad7706d778b4568/apa-saja-masalah-yang-bisa-terjadi-pada-blower

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Blower?

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Blower?

#SahabatRotary

AC lebih sering dikenal sebagai pendingin ruangan namun sebenarnya tidak hanya ruangan, mobil juga membutuhkan AC. AC mobil sangat penting keberadaannya agar udara di mobil tidak terasa pengap dan panas. Dengan adanya AC mobil maka penumpang bisa merasa nyaman ketika melakukan perjalanan, baik itu perjalanan jauh atau dekat.

Jika berbicara tentang AC mobil maka erat kaitannya dengan blower AC mobil. Blower AC mobil merupakan suatu alat yang berbentuk motor dinamo beserta daun kipas. Bagian AC mobil ini berfungsi untuk mengatur kecepatan angin yang mengalir di dalam sistem AC mobil.

Kebiasaan Buruk Apa yang Bisa Berpengaruh Pada Blower AC Mobil?
Sangat baik jika menjaga semua komponen atau bagian AC mobil termasuk blower agar tidak bermasalah dan bisa berfungsi dengan normal. Namun kadang kebiasaan buruk yang dilakukan pemilik mobil bisa berpengaruh pada blower AC mobil. Kebiasaan buruk tersebut secara tidak sadar dilakukan terus menerus sehingga fungsi blower AC mobil menjadi terganggu.



Salah satu kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada blower AC mobil adalah kabin yang kotor. Selain itu, karpet mobil yang kotor juga bisa mempengaruhi kinerja blower AC mobil. Untuk menghindari hal tersebut maka pemiliki mobil harus membersihkan kabin dan karpet mobil secara teratur.

Selain untuk menghindari blower yang bermasalah, kabin dan karpet yang bersih juga akan membuat kenyamanan saat berkendara akan bertambah dan kesehatan semua penumpang bisa terjamin karena tidak ada debu atau bakteri pada kabin atau karpet.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Blower?
Saat kebiasaan buruk tak juga diubah maka bisa dipastikan jika blower bisa bermasalah. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada blower adalah hembusan angin yang kecil. Jika cuaca sangat panas maka hembusan yang kecil ini akan sangat mengganggu karena tidak bisa mendinginkan kabin.

Selain itu, masalah yang bisa terjadi pada blower yang lainnya adalah angin yang tidak keluar atau mati, motor dinamo menjadi macet dan gosong, bunyi kasar, serta bisa juga timbul bau gosong bila terjadi korslet.

Tidak hanya karena kebiasaan buruk, masalah yang terjadi pada blower bisa karena berbagai macam penyebab. Beberapa penyebab tersebut seperti evaporator kotor, rangkaian kabel putus, motor dan relay motor blower rusak, switch blower rusak, penggunaan AC mobil terus menerus tanpa henti, atau cacat produk.

Cegah Masalah Blower dengan Service Rutin
Berbagai masalah bisa timbul pada blower AC mobil, namun Anda tidak perlu khawatir karena masalah-masalah tersebut pasti bisa diatasi. Tapi sebelum berbagai masalah tersebut muncul, lakukan service rutin sehingga berbagai penyebab yang ditimbulkan oleh blower AC mobil tidak akan terjadi.

Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Blower?


Cegah masalah blower dengan service rutin tidak hanya akan bermanfaat untuk blower dan AC mobil saja tapi juga akan bermanfaat untuk hal yang lain, salah satunya adalah bisa mengetahui kondisi AC mobil. Lebih cepat mengetahui kondisi AC mobil merupakan hal yang baik karena ketika terjadi kerusakan bisa langsung bisa diatasi.

Berbeda saat mengetahui kondisi AC mobil yang sudah rusak parah yang bisa menimbulkan berbagai macam risiko lain, misalnya saja kerusakan menjalar ke bagian yang lain. Jika sudah begini maka biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak dan waktu service yang dibutuhkan juga akan lebih lama.

Itulah sedikit ulasan tentang masalah yang bisa terjadi pada blower AC mobil.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Diubah oleh Kaskus Support 03
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Makasih info nya gan emoticon-Shakehand2
nice info ganemoticon-Blue Guy Peace
keep safety dan nice info gan emoticon-Cool
Info nya bermanfaat gan, emank bener si kalo kabin jarang dibersihin atau kita banyak naro barang - barang didalam kabin mobil... salah satu akibatnya bisa bikin hembusan AC bau... Kalo saya biasa akalin masalah ini dengan taro anti bau di mobil dan lebih sering2 bersihin kabin mobil. emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di