alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf60ecddad7708a778b4568/cara-mengatasi-nyeri-haid-secara-alami

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Untuk mengatasi nyeri haid pada wanita dewasa memang diperlukan. Dikarenakan tidak semua wanita yang mengalami haid baik-baik saja. Rasa sakit yang luar biasa yang mereka rasakan terjadi ketika haid. Bahkan hal ini juga terdapat kasus yang sampai penderitannya sampai masuk ke rumah sakit karena haid.


Adanya perubahan pada hormon yang terjadi pada wanita menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri haid pada wanita. Ketika usia remaja, wanita yang normal akan mengalami menstruasi pertamannya. Biasanya, seorang wanita yang haid secara normal adalah siklusnya 28 hari atau dapat dikatakan sebulan sekali. Ketika menstruasi tiba, makan akan terdapat beberapa gejala yang menyertainnya. Berikut ini beberapa gejala nyeri haid yang mungkin timbul, diantaranya :

- Depresi
- Payudara terasa nyeri dan juga bengkak
- Terasa nyeri pada perut bagian bawah
- Mengalami pusing
- Kembung
- Kelelahan yang begitu hebat

Terkadang anda pasti tidak dapat menghindari kedatangan dari nyeri haid ini. Biasanya akan dapat mengganggu aktivitas anda, menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu, dan membuat suasan hati menjadi buruk. Hal inilah yang membuat wanita menjadi tidak menyukai nyeri haid ini.

Cara yang paling sederhana bagi sebagian orang adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas semacam paracetamol dan lainnya. Akan tetapi, bagi sebagian orang juga yang tidak terbiasa meminum obat pereda nyeri seringkali mau tidak mau harus menelan rasa nyeri haid dengan meringkuk sepanjang waktu yang diperlukan.


Cara Mengatasi Nyeri Haid


Namun anda jangan khawatir mulai dari sekarang. Terdapat saran medis yang dapat mengatasi dan mencegah nyeri haid yang menggangu tanpa mengkonsumsi obat anti-nyeri. Berikut ini adalah beberapa Cara Mengatasi Nyeri Haid secara alami, diantaranya :

1. Kompres Air Hangat

Rasa kram dan nyeri pada perut bagian bawah dapat dikurangi dengan perawatan dari luar yakni dengan mengkompres bagian perut. Hal ini tidak menggunakan air biasa, akan tetapi dengan air hangat. Pada saat otot yang berkontraksi terlalu kuat, maka rasa nyeri tersebut akan muncul. Ketika otot yang tadinya berkonstraksi dihadapkan dapat bekerja dengan lebih rileks ketika diberi kompresan air hangat. Hal ini tentu saja akan membuat rileks perut anda.

2. Asupan Vitamin D Yang Cukup

Studi yang dilakukan peneliti asal Italia menyatakan bahwa adanya pengaruh dari vitamin D terhadap rasa sakit di saat menstruasi. Ketika peneletian tersebut, 40 orang wanita dibagi menjadi dua grup. Grup pertama yang mengkonsumsi suplemen vitamin D3 dengan dosis 300.000 IU sementaran grup yang kedua mendapat perlakuan plasebo.

Mengkonsumsi suplemen ini dilakukan selama 5 hari sebelum jadwal para peserta memulai periode menstruasi mereka. Setelah dua bulan, terdapat penurunan keluhan rasa sakit hingga mencapai 41% pada grup yang mengkonsumsi vitamin D3 sementara pada grup plasebo dilaporkan tidak ada perbedaan terkait nyeri haid.

Menurut kepala penelitian bagian Obstetri dan Ginekologi Long Island Jewish Medical Center yang bernama Dr. Jill Rabin menyatakan bahwa vitamin D3 dapat membantu menghambat kerja dari prostaglandin sehingga mengurangi rasa sakit. Ketika vitamin tersebut juga memiliki efek anti-inflamasi.

3. Beraktivitas Fisik

Ketika menstruasi terjadi, kemungkinan besar anda cenderugn lebih ingin bermalas-malasan di tempat tidur. Akan tetapi, olahraga sebenarnya dapat membatnu mengurangi rasa sakit yang anda derita.

Pada saat berolahraga, peredaran darah anda akan menjadi lebih lancar dan hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang anda derita. Anda dapat memilih jenis olahraga yang aman seperti senam aerobik atau jogging ringan.

4. Melakukan Pemijatan

Pemijatan sendiri dapat dilakukan di area perut bawah. Pemijatan ini dilakukan dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari.

- Menggunakan minyak bayi atau krim untuk membantu pemijatan
- Lakukan gerakan memijat dengan tenaga secukupnya dengan tidak terlampau kuat, searah dengan jarum jam
Fungsi dari minyak bayi atau krim sendiri dapat juga sekaligus sebagai aroma-therapy yang membuat efek relaksasi dan meringankan beban nyeri yang anda rasakan.

5. Meminum Minuman Hangat

Minuman yang hangat sendiri dapat membantu, akan tetapi minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan juga tinggi gula harus dihindari karena dapat memperparah rasa nyeri. Maka dari itu, hindari teh dan juga kopi. Meskipun teh sendiri tidak mengandung kafein. Mengkonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik.

6. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Jangan takut bagi anda untuk gemuk ketika anda sering makan. Cara yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengatur porsi makan itu sendiri. Konsumsi makanan dengan porsi kecil-kecil namun sering.

Ketika sudah melakukan pola makan yang demikian, anda akan menjadi mudah untuk mengatur ukuran lingkar perut tanpa khawatir membesar. Oleh karenannya, makanlah makanan yang ringan akan tetapi dengan frekuensi yang cukup sering.

Namun perlu diingat, hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak, minuman bersoda dan juga usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori seperti berbahan pengawet, bergula tinggi, dan lainnya. Yang dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar dapat menjadi pilihan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di