alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
terjebak orang tua otoriter, egois dan selalu ikut campur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf5e7735a5163ca598b4568/terjebak-orang-tua-otoriter-egois-dan-selalu-ikut-campur

terjebak orang tua otoriter, egois dan selalu ikut campur

part 1
ane ngerti klo orang tua wajib dihormati, di turuti
bahkan sampe tiap hari, klo habis shalat subuh jamaah, orang tua selalu ngasih wejangan 2 jam, klo nurut orangtua rezekinya banyake
padahal kita bersaudara 5 orang, yang sukses cuman ane sama kakak ane doang, yg lain gitu2 ajah

dan masalahnya yang lain dibilang orangtua gak sukses karena keras gampang marah2
padahal dulu ane tuh paling keras dan kaku ke orangtua emoticon-Big Grin tapi sukses2 ajah tuh
semakin dewasa ane tau, klo orang tua tidak selalu benar

bahkan gw menemukan fakta mengerikan
orang tua itu tipe 2 macam :
1.ada yang nganggep anak itu investasi, nanti kalo udah kerja wajib penghasilannya berbagi buat orang tua, di luar itu durhaka (hubungan bisnis emoticon-Big Grin)

biasanya ini golongan sosio ekonomi menengah kebawah, walau orang tua saat pensiun masih berada pun, tetap nagih jatah ke anak

2. adaa yang nganggep anak itu yaa bener2 titipan tuhan, jadi ya sudah ikhlas didik anak, asal bahagia, gak ada pamrih

biasanya golongan menengah keatas, sering dikasih modal usaha, nikah di biayain dsb

klo ortu ane emang masuk ke kriteria pertama, tapi emang aneh sih..
soalnya bokap sekarang dah kaya banget, usahanya maju, hasil jual tanah, setiap hari reparasi rumah, manggil tukang gak berhenti2, beli material gak habis2, tapi masih suka nagih ke anaknya, minimal nyindir2 lah,,
klo ke gw sih gak apa2, insya allah uang ane masih banyak
tapi ke saudara gw yang lain sih, gw dengernya kasihan..
bahkan kakak ane cewek, udah cuman honorer dan blom nikah pula, sifatnya memang keras dan menyebalkan sih persis seperti ortu, dan hobi menyalahkan orang..
lucu tiap hari ortu bilang ke dia, gak boleh gitu,, padahal kalo dilihat sih malah orang tua yg kelakuannya sama hahahaha
ane sih selama ini gak masalah sama ane, cuman akhir2 ini kakak ane yang itu jarang pulang, karena sering diomeli dan disindir2 kali yaa
masalahnya ortu jadi sering marah2 ke ane, masahal hal2 kecil lah?
padahal ane seneng klo kakak ane pulang ke rumah, jadi ada tempat bokap sama nyokap marah2,,, hehehe
umur bokap ane? 59 tahun nyokap 54 thn
sumpah ane baru nyadar sekarang, ane kurang tegas sama orang tua ane, ane takut durhaka
padahal tiap orang walaupun posisi anak, punya keinginan sendiri, gak bisa dipaksa orang tua kalo keinginan berlainan
tiap subuh bangun jam 4 shalat subuh + ceramah sampe jam 6 kadang jam 7
iya gak apa2 sih klo isinya menyenangkan, tapi pasti tiap pagi bahas yang selalu sama, bahas masa lalu bokap pernah di remehkan saudara nyokap lah, terus bahas politik sambil marah2 dan serius lah, coba bayangkan bangun tidur langsung dikasih emosi negatif pagi2??? setiap hari pula??? mana gw dikantornya jadi mengantuk dan bawaan moodnya jelek
ane bukan nyalahkan orang tua, ane pernah nginep di rumah temen seminggu, wih beda banget mood ane, ane jadi easy going, asik, santai, menyenangkan

solusinya gampang sih, ane tinggal beli rumah dan pisah sama ortu tapii gak semudah itu..
ane pernah ngomong sama ortu, mau beli rumah sendiri, tapi yaaa tau kan respon ortu marah2, disumpah2hin celaka nanti disana, sama dibilang durhaka sama orang tua..
ane ngerti kenapa ane harus kudu tinggal sama ortu, alasan utama sih karena ada usaha bokap yg kudu ane lanjutin di rumah, tapi ane udah punya kerjaan sendiri, jadi kerjaan di rumah, tambahan penghasilan ajah
tapi ini nih yang ane perhatikan, karena ortu tinggal di kampung, rumah jauh2, sepi, paling kaya di kampung, orang kampung jarang main ke rumah, ortu nanti jadi kesepian
berkali2 ane ditanya ortu, kapan temennya main ke sini? karena saking sepinya kali yaa, setiap hari ortu interaksinya yaa sama kita2, tukang bangunan yg dirumah, sama pemilik toko bangunan langganan, sama suplier tempat usaha, sama tetangga jarang, karena gw akui tetangga sini menyebalkan semua, deket2 ortu paling mau minjem duit emoticon-Frown

oh iya status gw blom nikah,.dan ane dipaksa2 klo.udah nikah harus tinggal disitu,

Diubah oleh pussybots
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:


Yang ke 2 ortu ente emang kenapa gan,?
gw keluarga menengah ke bawah tapi ngga gitu2 juga...
part 2
ane ngerti sih pengorbanan ortu dulu pas ane masih kuliah dulu, pengorbanan besar, gaji digade lah yg lain bla2 lah, sebenernya gw ngerti alasan gw di kuliahin yg prestisius, bokap pengen nunjukin ke saudara nyokap yg hobi ngeremehkan dia, kalo keluarga kita tuh mampu
tapi ane jadi korbannya pas kuliah, ane bener2 kere waktu itu, tapi ya sudahlah masa lalu

ane sih paling gak suka sekarang.
dulu pas bokap masih kerja kantoran, sering gak shalat subuh, tidur sampe bangun jam 6,
sekarang bokap dah pensiun, pagi2 gangguon shalat + ceramah 2 jam lebih, mana isinya negatif + mengeluh terus lagi

emang sih, sekarang ortu gak sekeras dulu, klo jaman dulu, misalkan gw sukanya susu cokelat, tapi bokap bilang harus suka susu strawberi klo gak suka, di hajar habis2san..
udah gak gitu sih..
sekarang mainnya verbal..
ane udah bilang ke bokap, pak jangan terlalu banyak nonton tv acara politik, jangan selalu diinget2 masa lalu yang jelek2, klo ada apa2 jangan selalu menyalahkan kakak gw dan gw tentunya emoticon-Big Grin
tapi dibilang, anak itu harus nurut sama orang tua, bahkan sampe harus mati digenjet pun harus nurut, kalo gak durhaka masuk neraka
jawabannya sama terus emoticon-Big Grin
bokap gak bisa santai dan seneng2 masalahnya emoticon-Big Grin
kan waktu itu gw nyanyi sama keluarga beli alat karoke, bokap malah bilang suara gw jelek, dan kalo mau bagus disuruh baca al quran.. sambil serius ngomongnya..
yaelah pak, saya karaoke juga cuman seneng2 doang, gak peduli suara kita2 bagus apa jelek emoticon-Big Grin

seringnya nyokap ngeluh gak pernah jalan2 keluar rumah kayak temen2nya, kadang2 suka ane traktir sekeluarga kok di resto2 mewah, tapi giliran ane mau traktir lagi nyokap bilang, sayang uangnya, mending beli makanan mentah masak di rumah..
ampun dah, padahal penghasilan bokap udah 30 juta ke atas sebulan, tapi yaa itu tadi penghasilan larinya ke material bangunan dan bayar harian tukang

hahaha, curhat ajah ya bro
intinya setiap orang punya masalah masing..
Diubah oleh pussybots
klo ane mah tinggal nyesuain aja sm ortu, ambil positifnya aja gan. Misalnya mengenai etos kerja, walaupun ortunya kaya, sukses klo anaknya nyante2 aja ya kasihan kan. Ortu itu sukses kan ujung2nya buat anaknya.emoticon-Toast
Diubah oleh topo89
Balasan post topo89
Quote:


bukan masalah sukses nya gan.. ane sih udah sukses..
cuman otoriter dan suka memaksa
dan tiap pagi dikasih emosi tegang dan negatif pula ceramah pagi2 emoticon-Hammer (S)

ane sering kabur dari ceramah2 gitu malah pernah sekali absen ajah disindir2 terus durhaka sampe berbulan2 emoticon-Ngakak

ngomong2 tentang sukses. nih nyokap sering ngomong, oh kamu sombong ya sekarang mentang2 udah sukses, gak perlu denger orang tua lagi???
padahal masalh sepele, cuman milih warna pas beli mobil, ane kan suka putih, tapi ortu mau nya item, karena gak cepet kotor, karena ini kan duit2 ane yang beli, tapi wiiihh setelahnya disindir sampe sekarang ane gaan pas milih warna putih
tuhkan cepet kotor, tuhkan warna nya jadi jelek, udah kayak mobil ambulance. ampun dah
Diubah oleh pussybots
Balasan post pussybots
Agan kan udah bukan anak2 lagi kan. Udah bisa milah2, mana yg didenger mana yg enggak. Intinya gak usah terlalu baper hehehe.
Lebih bagus lagi klo agan bisa bikin bokapnya tenang.

Btw ane ikut dong biar jadi pengusaha sukses kayak ente gan.
Habis nikah disuruh tinggal disitu?
Semoga calon istri kamu matanya melek sebelum nikah sama kamu.

Orang tua gak selalu benar. Mereka manusia, bukan dewa.

Kalau kamu masih netek ke orang tua wajar dan wajib kamu terima kelakuan antik mereka. Tapi kamu sudah sukses? Kamu wajib belajar punya tulang belakang. Mau sampe kpn disetir ini itu? Tar sudah punya keluarga sendiri pun, istri juga disetir mesti begini mesti begitu?
Ga mau makan di resto, kali aja maunya travelling.




Abis sholat dikasih yang negatif. emoticon-Ngakak
Apa fungsinya.emoticon-Ngakak
Diubah oleh polos.
Quote:


bro ane bukan pengusaha, bokap yang pengusaha, ane sih PNS di jakarta..nerusin usaha di rumah sih cuman tambah2han ajah
kenapa ane lulus PNS? karena ane belajar mati2an gan..
ane gak mau nasib ane kayak kakak ane, gak lulus ujian PNS 1x ajah udah disindir2 tiap hari sama ortu,, dibilang kakak ane walau rajin shalat gak ikhlas lah, atau apalah.. padahal ane lulus PNS sholat ane bolong2 emoticon-Ngakak


Quote:


waduhh resiko nya dibilang durhaka gan sama orang tua, bakal masuk neraka..
ngomongnya juga sama terus..
DULU IBU NURUT BANGET SAMA ORANG TUA, ANAK JAMAN SEKARANG GAK NURUT2 SAMA SEKALI, KURANG AJAR SEMUA, DULU IBU KLO GAK NURUT SAMA ORANG TUA DIHAJAR SAMPE MAMPUS, YA BAKALAN MASUK NERAKA SMUA

tuhkan ane sampe apal ibu gw ngomong apa emoticon-Big Grin
hampir tiap hari emoticon-Ngakak

kadang ane ngerasa aneh juga, padahal nyokap orangnya kalem, baik, ramah banget sama orang lain/ tetangga emoticon-Big Grin


Quote:


susye gan, suka2 bokap gw..
baru2 ini bokap bikin mesjid kecil depan rumah, maksa kita2 sama tetangga yang lain sholat jumat disitu..
kan akhirnya kurang dari 40 ya, akhirnya pada gak mau sholat jumat disitu..
eh adek ane yg lagi gawe di luar sampe dipanggil buat menuh2hin kuota shalat, walau kurang dari 10 sih emoticon-Ngakak
sempet ane tanya, kenapa gak gabung ajah sih di mesjid yg lbih gede.. takutnya gak syah kurang dari 40?
eh tetep syah yang penting niat, kurang dari 40 gak masalah katanya emoticon-Ngakak
malah ada tetangga yg di gaji jadi imam disitu tiap jumat emoticon-Big Grin



By the Way, Bokap sama Nyokap orangnya super RAMAAAHHH kok sama orang lain/ tetangga..
entah kenapa sama keluarga sendiri emoticon-Ngakak
Diubah oleh pussybots
Balasan post pussybots
Quote:


Terus kamu sebagai lelaki dewasa bisanya apa? Bisanya cuma misuh-misuh di belakang? Mau orang tua sekalipun, jika perlakuan orang tua terhadap kita negatif, suka ngatain, ngatur-ngatur, selama kita sudah sanggup cari duit sendiri, sudah sanggup berdiri di atas kaki kita sendiri, yah cabutlah.

Kamu cowo bukan? Bisa ambil keputusan kan? Jika ada masalah, cari solusinya, jangan menggerutu di belakang seperti cewe. Ngekos kek, ngontrak kek. Jika ortu ngomel ini itu dengan keputusan kamu, bertahan donk dengan alasan yang masuk akal. Itu caranya supaya ortu respek sama kamu, bisa menghargai keputusan kamu.


Keterlaluan kalo sampe maksa sholat jumat disitu walopun kurang dari 40 jamaah emoticon-Hammer kenapa ga dibikin mushola aja? Lebih longgar. Toh sama sama dapat pahala.

Gak tau juga. Kita punya masalah yang sama emoticon-Ngakak (S)
Keluarga suka bercanda gan ?

Ada hewan peliharaan dirumah?
Waktu lu kecil .. masih sd .. lu minta jajan sama bokap lu .. dia jawab ga punya duit ..

Tapi lu lihat dia bisa traktir teman nya gan ..


Ketik aja gan .. biar ngakak ..
sifat dasar manusia
permasalahan rumit ini gan , ane menyimak saja emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Halah ortu lu (atau mungkin lu juga) udah kelewat mabuk agama emoticon-Busa. Mana ada orang baca kitab suaranya bisa bagus emoticon-Ngakak (S)

Sering-sering baca bukunya Richard Dawkins. Kita hidup itu buat bahagiain diri sendiri, bukan orang lain.
Balasan post cloning.ortillo
Quote:


sip, thanks sarannya sis
sekarang ane udah masabodo lah mau dikatain durhaka2 an..
eh tadi gw dikatain durhaka masuk neraka, gara2 masalah sepele..
gw bilang ajah, gw siap kok masuk neraka..
malah makin marah2..
terus gw cuekin lah
Quote:


masalah yg sama gman gan?

Quote:


nggak pernah bercanda, sekalinya bercanda malah kearah menghina..
bokap gak suka kucing gan, klo ada kucing pilihannya dua, ditendangin tiap hari atau dikarungin terus dibuang ke perumaha

Quote:


maksudnya?

Quote:


ya? mksdnya?

Quote:


hehe gak rumit2 juga sih gan, bantu cari solusi dong

Quote:


duh ane gak suka baca buku gan emoticon-Big Grin
itu anak atau apa harus nurut sampe yg ga bener juga dibilang harus ngikutin. orang tuanya ngaku rajin ibadah kan, coba kalau ada kenalan yg pinter soal agama, dia mungkin bisa jelasin kalau orang tua tidak selalu harus diikutin apa maunya. kedua, kapan bisa punya keluarga sendiri, ada ada istri ga betah dan kabur. omongin aja pelan", mereka tiap hari ngomong durhaka. tiap hari juga jelasin sama mereka, dengan cara yg sopan tentu saja
hari ini ane udah coba jelaskan secara sopan gan..
eh malah jadi marah2 ortu, jawabnya yang penting nurut sama hormat sama orangtua, walau digebukin sekalipun..
hadeeuuuhh
Diubah oleh pussybots
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di