CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf3b4f4529a4538448b456c/tangki-bensin-jarang-diisi-penuh-bikin-karat-mitos-atau-fakta

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

[ HT# 389 ]

Supaya kendaraan bisa melaju ke suatu tempat diperlukan bahan bakar seperti bensin sebagai salah satu sumber tenaga untuk menggerakkan mesin dan komponen lainnya. Tapi satu mitos yang sejak lama terdengar jika tangki bensin seringkali tidak penuh malah membuat lapisan dinding tangki dalam menjadi berkarat, akibatnya memberikan efek buruk terhadap komponen mesin, mitos atau fakta, ya?

Bagi mereka yang terbiasa merawat kendaraannya, service rutin dan memperhatikan kualitas bahan bakarnya tentu tidak perlu kuatir akan kondisi prima kendaraannnya. Namun bagaimana nasib kendaraan jika si empunya hanya bisa memakai tapi tidak bisa merawatnya? Pun hal sepele seperti untuk mengisi bensin saja suka malas ke spbu, akibatnya tangki seringkali tidak terisi penuh dan salahsatu akibatnya paling apes mogok di jalan karena kehabisan bensin.

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?


Jadi Sebenarnya
Mitos Atau Fakta, Sih?


Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

Bagi seseorang kebiasaan seperti ini sebaiknya jangan di tiru, karena merugikan dirisendiri tapi juga efeknya ke kendaraan sendiri. Dan mitos kabar tentang tangki yang seringkali tidak penuh membuat lapisan dinding tangki dalam jadi berkarat beredar dimasyarakat sejak lama.

Beberapa pendapat mengatakan tidak ada efeknya asalkan kualitas bensinnya selalu yang terbaik, rajin perawatan dan sekala tertentu melakukan 'gurah' tangki. Tapi pendapat lain mengatakan efeknya memang membuat lapisan dinding tangki menjadi berkarat dan lebih buruk tangki ikut keropos sangat berbahaya jika terkena percikan api.

Lalu pertanyaannya adalah mana benar atau sekedar mitos? Sebelum menjelaskan kondisi yang sebenarnya maka saya coba menganalisa pendapat pertama yang mengatakan bahwa tangki bensin seringkali kosong atau terisi setengah tidak membuat berkarat kemungkinan mereka memang keburu menjual kendaraannya sebelum karat 'kronis' itu terjadi, jadi mereka belum merasakan efek negatifnya, atau justeru memang mereka tidak menyadari akan hal ini, alias belum ketemu apesnya.

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

Kemudian saya coba menelusuri beberapa informasi melalui internet dan ketemu jawaban yang cukup melegakan dan mencerahkan, informasi ini saya dapat dari salah satu petinggi roda dua di negeri ini. Yakni, memang benar efek negatifnya membuat berkarat, ini bukan mitos tapi FAKTA. Tetapi dampak yang dirasakan bukan dalam jangka pendek tapi jangka panjangnya membuat lapisan dinding tangki lebih cepat berkarat. Kerugian lain yang di dapat adalah akibat tangki sering kosong maka akan ada udara terjebak yang kelamaan lembab dan menjadi air dan kemudian bercampur dengan bensin, serbuk karat halus yang rontok lama-lama akan terkumpul di bagian filter bensin dan akibatnya asupan bensin tidak merata atau tidak lancar maka motor jadi 'mbrebet'. Kalau dibiarkan semakin lama efek negatif lainnya tangki menjadi keropos dan rawan percikan api.

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

"Ya, enggak hanya bikin bensin menguap, tangki yang kosong juga bisa menimbulkan embun. Akhirnya tangki jadi berisi air dan bikin karat," ujar Yunus Ikhwan, Service Advisor AH*SS H*onda PT CPJ, Pancoran Mas, Depok.

Namun jika kita sudah menyadari kerugian ini dan melihat kondisi tangki sudah terlanjur berkarat kronis maka jalan satu-satunya harus mengganti tangki yang baru, harganyapun bisa mencapai jutaan tergantung tipe motornya.

Maka solusi paling aman menurutnya adalah memang tidak harus selalu diisi penuh (kecuali kalau sultan, hehe), yang terpenting tidak terlalu lama dibiarkan kosong, jangan juga terlalu penuh berlebihan, dan perawatan berkala sangat penting guna menunjang performa kendaraan agar selalu prima.



Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?


Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: indonesiautosblog, hai | Sotoshop : iskrim


Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 8
Apa alasan pemilik tidak mau mengisi tangki nya penuh?
Ane ga mampu isi penuh emoticon-Big Grin
Contoh tangki berkarat:

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?

image: andarupratomo, blog


Quote:

Gak mau merawat dan males isi bensin emoticon-Smilie


Quote:

Nyawer aja deh oom... emoticon-Betty
Diubah oleh iskrim
Ah ini yg bikin dag dig dug.
Salah satu motor ane tangki bensin nya kosong
emoticon-Turut Berduka
Ga ada yg mau donor bensin nih?
Quote:


Kasih cendol aja deh yaa... emoticon-Leh Uga
Teruntuk para riders yang demen ngisi bensin cebanan.
emoticon-Betty emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
pull tank mba
Quote:


Gak gitu aaah emoticon-Smilie

Quote:


Kes apa kredit..oom emoticon-Betty
Beli motor mahal, tapi seret beli bensin
Mending motornya di jual buat beli bensin emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
biasa isi 20full tp sekarang cm dpt setengah gan emoticon-Ngacir
ane biasa campur air keran gan, biar penuh Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?
Quote:


Solusi yang mencerahkan...

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?
Quote:



dipinjam orang nggak diisi lagi emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Masa sih
Iskrim suka boong deh
emoticon-Betty
Quote:


Bo ong gmn sih cyiiin


Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?
dulu motor tiger ane bocor tangki gara2 make premium.. ga lagi2 deh pk premium galak bgt timbalnya bikin karat..
:ceyem
ane ngisi full tank Mulu tapi tetep aja mesin merebet emoticon-Cape d... (S)
kemungkinan benar,apalagi beli di showroom tp motornya lakunya lebih dr 2 tahunan(dilihat dari samsatnya mati 2 thn)

emoticon-Ngakak

hampir dipastikan tangkinya ngk akan diisi bensin tuh,jadinya pasti karatan,cara ceknya dg liat tutup tangki bagian bawahnya,kl coklat mending ngk usah dibeli,saya adalh korbannya


emoticon-Ngakak
Diubah oleh manbrotheking
Quote:

Bukan cma krn kurang bensin.. mgkn setingan pengapian gak beres kali gan..
emoticon-Malu

Quote:


Trims sharenya oom gan... emang tuh kasus kek agan rawan kecewa kalau gak teliti sewaktu belinya emoticon-Wink

Tangki Bensin Jarang Diisi Penuh Bikin Karat, Mitos Atau Fakta?
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di