alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ormas Islam Belum Sepakat soal Penggunaan Bendera
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be6ad149e7404a3678b4568/ormas-islam-belum-sepakat-soal-penggunaan-bendera

Ormas Islam Belum Sepakat soal Penggunaan Bendera

Ormas Islam Belum Sepakat soal Penggunaan Bendera

JAKARTA, KOMPAS.com - Polemik soal pembakaran bendera yang terjadi di Garut, Jawa Barat akhirnya sudah disepakati semua ormas Islam, kepolisian, hingga pemerintah. Mereka sepakat menghormati proses hukum yang sudah berjalan terkait peristiwa itu. 

Namun, masih ada isu yang belum disepakati yakni soal penggunaan bendera. Bendera berwarna hitam ini sebelumnya menuai polemik. 

Ketua Forum Santri Indonesia Muhammad Hanif Al Attas, misalnya, mengklaim penggunaan bendera tak boleh lagi dilarang bahkan di-sweeping aparat. 

Dia menyebutkan bendera hitam ini berbeda dengan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). "Bahwa yang tidak boleh ini bendera ini (menunjukkan gambar bendera HTI menggunakan kertas), ini bendera HTI. 

Tadi sudah dijelaskan secara gamblang, tapi yang ini (menunjukkan gambar bendera bertuliskan kalimat tauhid menggunakan kertas) tidak pernah dilarang di indonesia," kata Hanif usai pertemuan.  

Hanif mengatakan, hasil pertemuan juga menyepakati bahwa bendera tauhid, dengam warna apapun, tidak boleh di-sweeping dan dilarang lagi, apalagi dibakar. 

"Bendera tauhid yang seperti ini, dengan warna apapun, tidak boleh di-sweeping dan dilarang lagi, tidak boleh dikucilkan lagi, apalagi dibakar. Ini sudah menjadi kesepakatan dalam NKRI," ujar Hanif. 

Bendera tauhid, lanjut Hanif, keberadaannya legal. Bendera tersebut juga wajib dihormati dan dimuliakan. Lebih lanjut, Hanif meminta supaya publik tidak membenturkan antara bendera tauhid dengan bendera merah putih. Sebab, dua bendera tersebut adalah dua bendera yang berbeda. 

"Jangan dibentur-benturkan dengan merah putih. Kita bangga dengan merah putih sebagai negeri kita, kita bangga tauhid sebagai keyakinan umat Islam," katanya. 

Belum disepakati 

Akan tetapi, pandangan Hanif itu dianggap sebagai klaim sepihak. Pasalnya, tak ada kesepakatan apapun yang menyinggung soal bendera dalam pertemuan ormas Islam, kepolisian, hingga pemerintah di Kemenko Polhukam. 

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faisal Zaini menolak klaim dari pihak Hanif itu. "Tidak ada kesepakatan dalam silaturahmi. 

Bahkan Menkopolhukam menolak pengertian pembolehan penggunaan bendera hitam yang sering digunakan oleh kelompok yang justru merugikan Islam di dunia Internasional," ucap Helmy. 

Helmy menyatakan bahwa ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memuliakan kalimat tauhid, antara lain dengan taqorrub kepada Allah SWT melalui Dzikir, tahlil dan sebagainya. 

Dengan dzikrullah akan terpancar kebijaksanaan untuk kemudian mau berbagi dan membantu antar sesama. Baca juga: Ini Kesepakatan Menko Polhukam dan Sejumlah Ormas Islam soal Pembakaran Bendera Dalam pandangan Helmy, kalimat tauhid itu kalimat yang tepat digunakan untuk mempersatukan, bukan sebaliknya digunakan untuk mencerai-beraikan persatuan. 

"Pemahaman seperti inilah yang penting untuk dimiliki bersama," ucap dia. 

Helmy menyayangkan adanya framing sepihak yang dilakukan kelompok tertentu.  "Masalah bendera di Garut, kita serahkan ini sebagai ranah hukum. PP GP Ansor telah memberikan sanksi kepada oknum yang membakar," kata Helmy.

Sumur

Ternyata bendera HTI ataupun yang mirip bendera HTI belum dibolehkan bebas berkibar di Indonesia. Eit gak jadi coli dah. Ayo celananya dinaikkan kembali. emoticon-I Love Indonesia
jadi gini.. sebaiknya dilarang karena unfaedah. apa tujuannya ga jelas. lbh baik bawa bendera ormas atau bendera indonesia yg sdh ada ad/artnya dan bsa dipertanggung jawabkan

apakah uang bisa membuatmu bahagia?
Ormas Islam Belum Sepakat soal Penggunaan Bendera
Belum sepakat main klaim ajah...

Susah memang...
ternyata baru sebatas penggiringan opini dari HTI & FPI. NU telah membantah.. bendera hitam tersebut cuma ada di kelompok Wahabi khawarij.. Wahabi salafi kader2 KSA aja gak mengakui bendera tersebut.. emoticon-Traveller
yg bilang bole, naik haji dulu sambil bawa itu bendera yah...
kalo gak dipancung yah baru bole!

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Kubu prabolot klo ngak nipu nggak makan wakakakaka
Monggo para sesepuh dan pemerintah rembukan dulu kalo perlu 1minggu, bertahap jga boleh emoticon-Smilie
pemerintahnya kok diem aja?! emoticon-Leh Uga
Quote:


Dilarang gara2 apa gan? Selama bendera itu tidak terkait dengan yg menyalahi aturan mah ya gpp.. kecuali bendera tsb nanti memang terbukti jadi benderanya hti..

Quote:


Trus maunya gimana gan? HTI sudah dibubarkan loh.

Kalau mau pembuktian.. mari kita lihat dulu.. nanti ada yg masih teriak2 mo ganti sistem negara dgn khilafah lagi ga di negara ini?
Diubah oleh khayalan
Diubah oleh mudah dihafal
Emang dasar tukang klaim kaum 4L
Emang niat mau cari rame
emoticon-fuck2
masih percaya omongan mereka????






kalau ane si kagak













emoticon-Cool

njiirr klaim sepihak. hanif ini juga siapa. santri beneran apa hc nih ?

emang gak tahu kalau di arab saudi dilarang keras?

sudah seharusnya disini juga dilarang.

makin lama makin ngelunjak nih.
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Quote:
melarang berhala tapi menciptakan banyak berhala.
gak tau deh sadar atau gak. gara gara benda bisa bunuh bunuhan, apalagi itu kalo bukan berhala????
Quote:


nah gw sepakat dg ente bre ..nastak yang lumayan cerdas..D
Ormas Islam Belum Sepakat soal Penggunaan Bendera


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di