alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Keren Banget, 11 Game Dunia Ini Mengambil Latar Tempat di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be685b8d44f9f79368b4568/keren-banget-11-game-dunia-ini-mengambil-latar-tempat-di-indonesia

Keren Banget, 11 Game Dunia Ini Mengambil Latar Tempat di Indonesia

Keren Banget, 11 Game Dunia Ini Mengambil Latar Tempat di Indonesia

Umumnya sebuah video game yang diproduksi oleh developer besar atau terkenal menggunakan latar tempat di benua Eropa atau Amerika. Pemilihan latar tempat di kedua benua itu tentunya bukan tanpa alasan. Kondisi kota atau daerah yang pas digunakan sebagai landasan cerita dan gameplay menjadi salah satu alasan yang pas. Tapi ada juga game yang mengusung latar tempat dari Asia salah satunya Indonesia.

Ada banyak developer game dunia yang mulai tertarik memasukan unsur-unsur bertema khas Indonesia ke dalam game buatan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa adanya apresiasi yang sangat tinggi dari dunia terhadap budaya Indonesia yang sangat kuat dan melengkapi. Berikut ini 10 game yang mengusung latar tempat negara Indonesia

Dalam game bergenre action ini kalian akan diajak oleh Sam Fisher, untuk bertandang ke negeri Timor Leste. Meski telah memerdekakan diri dan resmi berpisah dari negara kita sejak lebih dari 2 dekade lampau. Namun negeri yang dulunya bernama Timor Timur ini tetap punya nuansa yang kental dengan unsur Indonesia. 

Game ini mengisahkan pembunuhan terhadap seorang mantan didik CIA, Suhadi Sadono. Pria karismatik ini memimpin salah satu kelompok pemberontak anti separatis bernama Darah dan Doa. Suhadi diburu karena sebelumnya menjadi dalang bom bunuh diri di Kedutaan Amerika Serikat di kota Dili dan menculik beberapa diplomat penting yang salah satunya adalah Douglas Sitlan.

Selain harus menyusun dan mencari informasi mengenai kelompok ini, Sam Fisher juga harus berpacu dengan waktu untuk menjinakan rangkaian bom biologis yang telah Suhadi dipasang di berbagai tempat. Bukan hanya Dili, Splinter Cell ini juga menghadirkan Jakarta dan Pulau Komodo sebagai latar tempat aksi sangat rahasia ternama.

Cobra Command atau Thunder Storm adalah sebuah game arcade yang kemudian dibuat rilisan untuk platform Nintendo Entertainment system, tepat pada tiga dekade silam. Dalam game ini kalian akan ngendaliin helikopter canggih buat ngancurin lawan-lawan seperti Tank dan kapal selam. Ada 6 stage yang harus diselesaikan yang terdiri dari beberapa negara.

Disebutkan 3 pulau dari Indonesia yakni Sumatera, Jawa serta Kalimantan yang jadi basis markas para teroris. Tujuan utama game ini adalah menyelamatkan para orang yang disandera. Khusus untuk arcade mission, ada 10 misi yang harus dilewati. Dengan Indonesia menjadi negara terakhir yang dikunjungi. Indonesia disebut-sebut punya tingkat kesulitan paling tinggi dibanding 9 stage sebelumnya.

Sang developer Firaxis sepertinya paham betul dengan nilai sejarah kerajaan yang mengakar kuat dalam diri bangsa Indonesia. Barangkali untuk alasan ini pula, pada bulan Juli 2013 mereka merilis expansion pack Brave New World untuk game Turn Based strategy mereka, Civilization 5. Ekspansi ini berisikan 9 peradaban yang mana salah satunya adalah Indonesia. Dengan dipimpin oleh Mahapatih dari Majapahit pencetus Sumpah Palapa yaitu Gajah Mada.

Peradaban Indonesia dalam game ini digambarkan sebagai pedagang rempah-rempah yang ulung. Latar tempat utamanya sendiri adalah Jakarta sebagai ibukota maritim dan ditopang oleh provinsi lain. Dalam peradaban Indonesia, firaxis menggantinya menjadi semacam pertarungan si keris atau ahli pedang. Begitu pula dengan bangunannya, kebun diganti dengan candi dan nama candi Borobudur diperkenalkan sebagai salah satu dari keajaiban dunia.

King Of Fighter 97 adalah sebuah nama legendaris dalam genre fighting. Game keempat dari seri King Of Fighter ini awalnya ditulis perdana untuk mission arcade sebelum akhirnya ikut dirilis untuk Sega Saturn, PlayStation, bios, Android dan platform lainnya. Dalam game ini provinsi Bali dianggap sebagai nama negara. Set dan nuansa panggung yang sangat terasa akan kekayaan Bali. Di belakang para petarung akan disuguhkan dengan figur barongan, penari pendet juga ornamen khas Bali lainnya serta musik kecak.

V-Rally maupun V-Rally 2 menawarkan trek yang berlokasi di Indonesia. Dengan kontur tanah yang bergelombang serta rawa-rawa hingga deretan perumahan khas Indonesia di kiri kanan jalur balapan. Meski tak disebutkan secara lebih spesifik, di wilayah mana balapan tersebut diadakan. Ada mode track editor yang bisa mengkreasikan trik mereka sekreatif mungkin.

Dikembangkan oleh synergistic software dan dirilis oleh cybershop untuk super Nintendo system pada tahun 1995. Kalian harus mengontrol sebuah helikopter perang dengan melewati berbagai jenis rintangan dan serbuan lawan yang ada. Kalian boleh sedikit tersenyum karena game ini menghadirkan Indonesia, selain Timur Tengah dan Amerika sebagai lokasi permainannya.

Game ini dikembangkan oleh developer asal Prancis, ubisoft. Game ini berlatar tempat di sebuah pulau eksotis yang kemungkinan besar berada di Indonesia. Bagaimana tidak, mulai dari bahasa yang diucapkan para karakter NPC hingga hewan yang ada di sana seperti Komodo, Harimau Sumatera dan Kasuari. Kesemuanya sangat identik dengan negeri kita tercinta ini meskipun ubisoft tidak pernah mau konfirmasi langsung, di mana latar tempat pada game buatan mereka tersebut. Nampaknya bukti-bukti di atas sudah cukup untuk memastikan jika Rock Island pada Far Cry 3 terletak di Indonesia.

Dalam game ini terdapat arena bertarung yang sangat identik dengan Indonesia. Arena bertarung tersebut diberi nama wayang kulit dan seperti namanya, dalam arena terdapat banyak unsur Indonesia seperti wayang kulit itu sendiri dan juga gamelan yang menjadi alat musik asli Indonesia.

Di dalam game ini terdapat beberapa dialog berbahasa Indonesia. Namun tentunya yang paling terkenal adalah dialog antara Trik dan penjaga pintu dari markas bajak laut. Memang bahasa Indonesia yang ditampilkan mungkin agak terdengar sedikit aneh. Namun kita patut berbangga karena naughty dog pengembang game Uncharted dan mereka mengatakan bahwa mereka sampai mempelajari bahasa Indonesia bukan Melayu. Walaupun mungkin bagi gamers Indonesia, dialog yang ditampilkan kurang natural. Namun usaha naughty dog tentunya patut diacungi jempol.

Di dalam game Front Mission 3 terdapat salah satu cerita yang menggunakan latar sebuah lokasi di Asia Tenggara, yaitu Indonesia. Di sini pemain akan menghadapi sebuah misi yang mengambil kejadian di pulau Sumatera dan Sulawesi.

Game ini juga dilengkapi dengan beberapa karakter yang juga Indonesia banget, seperti nama Hatta Mirza dan Linny Barilar. Bahkan di seri sebelumnya, yaitu Front Mission 2, juga memasukkan unsur Indonesia di dalam ceritanya.

Just Cause 2 merupakan game yang sangat seru dan memberi pemainnya kebebasan untuk menjelajahi dunia game ini yang sangat luas. Selain itu, di dalam game ini terdapat sebuah latar tempatyang menunjukkan sebuah pulau yang berada di Asia Tenggara, dan terdapat beberapa tempat yang menggunakan nama-nama Indonesia, seperti Kamp Bukit Tinggi dan Bukit Gila Pangkat. Ada juga nama-nama karakter seperti Bahtiar Saleh dan Bolo Santosi yang pastinya itu semua merupakan nama-nama khas Indonesia.


Sumber : https://www.idntimes.com/tech/games/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Keren Banget, 11 Game Dunia Ini Mengambil Latar Tempat di Indonesia 5 Game Ini Buktikan Bahwa 2018 Merupakan Tahun Terbaik Bagi Video Game

- Keren Banget, 11 Game Dunia Ini Mengambil Latar Tempat di Indonesia Masih Kotak-kotak, 5 Game Nintendo Jadul Ini Bikin Kangen

- Keren Banget, 11 Game Dunia Ini Mengambil Latar Tempat di Indonesia Taiko No Tatsujin: Drum 'n' Fun, Game Baru Seru yang Bikin Ketagihan!



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di