alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
SBY Akui Politik SARA Menguat Sejak 'Pertarungan' Ahok-Anies
2.5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be6621160e24bae698b4568/sby-akui-politik-sara-menguat-sejak-pertarungan-ahok-anies

SBY Akui Politik SARA Menguat Sejak 'Pertarungan' Ahok-Anies

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan politik Indonesia berubah dengan peningkatan arus politik identitas.

Hal itu disampaikan SBY dalam pidato saat memberikan pembekalan calon legislator dari Partai Demokrat. Dia menuturkan perubahan politik terjadi sejak 2017.

"Saya berani mengatakan politik kita telah berubah. Makin mengemukanya politik identitas atau SARA, dan politik yang sangat dipengaruhi ideologi," katanya di Jakarta, Sabtu (10/11).

SBY Akui Politik SARA Menguat Sejak 'Pertarungan' Ahok-Anies

SBY menuturkan identitas atau etnis kedaerahan memang selalu menyertai politik dan tak bisa dipisahkan. Diketahui, Pilkada DKI Jakarta merupakan kompetisi antara duet Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dengan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pada akhir 2016, sejumlah aksi dilakukan kelompok Islam terkait dengan penolakan terhadap kepemimpinan Ahok. Aksi itu juga dipicu ucapan mantan gubernur DKI Jakarta itu soal Al Maidah.


Sejumlah kritik menyatakan kemenangan Anies di Pilkada DKI Jakarta pada 2017, tak lepas dari aksi-aksi yang dilakukan oleh kelompok Islam. Demo dikenal dengan Aksi Bela Islam 411, 212 hingga 313.

Mencegah Politik Identitas

SBY menuturkan jika politik identitas berada di level ekstrem maka politik di Tanah Air akan berbahaya. Oleh karena itu, mantan Presiden itu menyatakan pihaknya menyerukan agar semua pihak mencegah politik identitas menjelang Pilpres 2019.

"Kami berharap Pilpres lebih mengedepankan program dan solusi," kata SBY. "Saya berharap capres dan cawapres untuk tetap menjaga keutuhan dan kerukunan." (din/asa)

oh

Begitu ya...emoticon-Traveller
Diubah oleh unicorn.phenex
Halaman 1 dari 2
Harus dijelaskan siapa pihak yang main sara...
emoticon-Malu

Harus dijelaskan siapa paslon yang ga punya prestasi dan program realistis..
emoticon-Malu
Diubah oleh kbeniadip
kita tunggu kampanye senyap beye dlm mendukung wowok emoticon-Ngakak
Makanya di pilih maaruf amin wkwkwkw sehingga si kuda goblok beserta simpatisannya ngga bs main sara lg. Coba wkt itu si mahfud bs jd di bhs etnis nya wkwkwkwkw
Bukannya sejak 2014 dengan lahirnya obor rakyat? emoticon-Ngakak
Balasan post vxvxvx
Quote:


Tapi gw nggak suka MA
karena dulu dia bantu Nasbung menjarain junjungan gw emoticon-Cool
Bukanya mulai sejak 2012 yah emoticon-Amazed
gegara ahoker kaum mengleng bertitid mini negara jadi kisruh emoticon-Mad
Halaaaaah....

Quote:


yup, sejak jokowi nyagub. ane ingat yg rhoma bilang jgn pilih jokowi krn ibunya kristen
kerjaan siapa itu?
Lebih tepatnya sejak tahun 2012
Ah, klo mau jujur , SBY pny andil besar dibalik politik SARA,
1. Tidak membubarkan FPI padahal brp kali punya momentum, pertama - kedua ketika si rijik masuk penjara 2 X, ketiga, ketika FPI menyerbu & merusak kantor Kemdagri,
2. Tidak membubarkan HTI, padahal sdh taraf mengkhawatirkan, dgn alasan tidak ada UU
3.Ikut donasi 212 ( & "konon" markas Rijik di Cisarua itupun hibah dr ...?)

jadi ngga usah lempar batu sembunyi tangan lah pak, jujur sy marah ketika bapak disamakan dgn Kerbau, tp terpaksa hrs kecewa dgn kasus century,hambalang, e ktp dll... termasuk membiarkan calon2 perusak negara keluyuran bikin rusak sana sini (baca: radikal intoleran)
emang kenyataannya seperti itu, semenjak ahok di persidangan, isu SARA itu digoreng terus. Lalu hasil dr perpecahan itu? ya bangsa indo makin terpecah ideologinya.

Kenapa jokowi pilih maaruf buat jadi wakil? bukannya ambil sosok pengusaha atau negarawan? ya karena SARA lagi hot2 nya di Indonesia.


emang sih ahok sudah mengubah wajah Indonesia, dan itu juga membuktikan klo Indonesia belum siap jadi negara maju.
menolak lupa
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
sudahlah kasihan ahok, sapa tau dia dipenjara dulu supaya matang dalam berpolitik kedepannya, matang dalam bergaul dengan bangsa ketimuran. Lihat saja anwar ibrahim yang dulunya dipenjara jadi oposisi, sekarang tampilannya berpolitik lebih matang dan bersinergi dengan yang dulu memenjarakannya
Yang mulai SARA kan pendukung dan petinggi sebelah, tapi heran masih aja ada yang mau dukung sampai sekarang. Ohiya lupa, kan sebelah jualan agama mulu jadi laku sampe sekarangemoticon-Wkwkwk
Quote:


Iya kenapa ya ketua mui mau2nya turun kasta jadi politikus
Quote:


saking senyapnya, saya trkadang sampai lupa kalau pak beye itu pndukung oom wowo... emoticon-Cape d...
Kata wowo strategi zul hasanemoticon-Big Grin
buktinya sekarang jakarta adem ayem tanfa masyarakat cebongemoticon-Wink
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di