alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Motor Listrik, Wujud Implementasi Komitmen Jokowi Terhadap Energi Baru dan Terbarukan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be63a53162ec238228b4568/motor-listrik-wujud-implementasi-komitmen-jokowi-terhadap-energi-baru-dan-terbarukan

Motor Listrik, Wujud Implementasi Komitmen Jokowi Terhadap Energi Baru dan Terbarukan

Motor Listrik, Wujud Implementasi Komitmen Jokowi Terhadap Energi Baru dan Terbarukan

Ke depan, salah satu indikator kemajuan suatu negara adalah penggunaannya pada energi terbarukan dan orientasinya pada pembangunan yang berkelanjutan. Bila kita ingin menjadi negara maju, mau tidak mau, kita harus mengarahkan setir ke sana.

Hal ini pula yang sedang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Salah satu upaya dari pemerintah dalam mengimplementasikan energi baru dan terbarukan adalah menggalakkan penggunaan motor listrik di Indonesia yang hemat biaya bahan bakar.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, sejumlah pihak melakukan riset dan eksperimentasi untuk mewujudkan sepeda motor listrik buatan dalam negeri. Hasilnya adalah Gesits (Garasindo Electric Scooter ITS) yang diprakarsai oleh ITS, PT Wika Industri dan Konstruksi (PT Wikon) dan PT Gesits Technologies Indo (PT GTI)

Motor listrik itu sebelumnya telah menjalani riset kurang lebih 10 tahun dari tahun 2007. Risetnya sendiri diprakarsai oleh Institut Teknologi Surabaya.

Direktur Utama WIKA Tumiyana mengatakan, produksi massal akan dilakukan pada pertengahan Januari 2019. Setelah itu akan dilanjutkan dengan peluncuran perdana. Diproyeksikan Gesits akan diproduksi sebanyak 60 ribu unit selama satu tahun. Jumlahnya bisa diperbesar bila respon pasar bagus.

Diprediksi penggunaan Gesits tak akan merepotkan karena cukup praktis. Secara spesifik Tumiyana menyebutkan tentang layanan penggantian baterai yang akan bekerjasama dengan SPBU Pertamina.

Di sana, pengendara bisa mengganti baterai bila telah habis. Perumpaannya seperti mengganti gas elpiji 3 kg ketika habis dipakai. Baterai untuk Gesits didesain untuk menempuh perjalanan sampai 70 kilometer.

Motor listrik diklaim akan lebih hemat dan irit, otomatis penggunaan biaya untuk transportasi ini juga lebih sedikit. Hal ini sebagaimana yang ditegaskan oleh General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Ikhsan Asaad.

Kemunculan GESITS menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam pengembangan motor listrik yang didukung dengan penyiapan program 'Low Carbon Emmision' (LCE) untuk motor listrik.

LCE merupakan pengembangan dari Low Cost and Green Car (LCGC) yang menelurkan mobil murah dan telah ada aturannya sejak 1 Juli 2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Langkah membangun motor listrik hari ini bisa dikatakan sangat tepat secara waktu. Pasalnya, membangun industri motor listrik harus dimulai sejak dini karena asumsi harga minyak di masa depan naik perlahan.

Mengingat, secara fundamental bahan bakar fosil pasti akan terbatas bahkan habis sehingga dipastikan berdampak pada stok dan harga. Ini akan menjadi bencana bila tak diantisipasi sejak awal, dan upaya memproduksi motor listrik adalah pilihan yang tepat hari ini.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di