alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim
2.5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be62854a09a396b678b4569/sandi-langkahi-makam-kh-bisri-syansuri-ini-penjelasan-gerindra-jatim

Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim

SURABAYA, iNews.id - Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad menanggapi santai video viral calon wakil presiden Sandiaga Uno yang melangkahi makam di kompleks pemakaman keluarga KH Bisri Sansuri. Dia menilai, hal itu sengaja dilakukan lawan politik yang berusaha mencari-cari kesalahan paslon nomor urut 02.

"Di makam itu kondisinya rapat dan tidak ada yang mengarahkan. Jangan lantas mengembangkan isu seolah-olah bang Sandi tidak mengerti adab berziarah ke makam. Lagi pula, itu bukan makam Kiai Bisri. Sebab di sana memang banyak makam keluarga," katanya di Surabaya, Jumat (9/11/2018).

Sadad menjelaskan, kedatangan Sandi di kompleks pemakaman keluarga Kiai Bisri di Ponpes Denanyar adalah atas arahan Gus Salam, cucu Kiai Bisri. Sehingga segala hal tentang prosesi ziarah juga atas arahan Gus Salam.

"Gus Salam yang mendampingi, yang membawakan bunga juga Gus Salam dan tidak ada persoalan," ujarnya.
Dia justru mempertanyakan pihak-pihak yang mempersoalkan video Sandiaga Uno melangkahi makam KH Bisri Sansuri. "Kalau memang yang protes ini santri, silakan tanya ke Gus Salam langsung. Tidak perlu buat isu seperti itu. Sebab Gus Salam tahu etika berziarah ke makam," kata Sadad menegaskan.

Kalau pun Sandi dianggap tidak beretika atau tidak tahu adab berziarah, dia menambahkan, hal itu lebih karena tidak diarahkan. "Dan itu ada dalam pengawasan Gus Salam," ucapnya.

Sebelumnya, video cawapres Sandiaga Uno melangkahi makam ulama dan salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jatim jadi perbincangan dan viral di media sosial.

Sikap Sandiaga Uno itu dinilai tidak menghargai ulama. Langkah Sandi tersebut juga menunjukkan tidak adanya tata krama dalam berziarah terlebih saat menziarahi makam ulama khos.

"Kami para santri beliau (KH Bisri Syansuri). Di kalangan santri, adab lebih utama dari ilmu. Demikian kiai-kiai kami mengajarkan," kata Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor Abdul Rochman dalam pesan melalui WhatsApp yang diterima iNews.id, Jumat (9/11/2018).

Sumber:https://www.inews.id/daerah/jatim/sandi-langkahi-makam-kh-bisri-syansuri-ini-penjelasan-gerindra-jatim/328010

Bakal viral ngga ya berita kek gini???
Halaman 1 dari 5
Maklumin aja. Namanya jg kepala pete.
ulama hasil ijtima ulama gnpf emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh kepala.negara
Ulama HC emang begitu kelakuannya emoticon-Ngakak
penistaan kuburan ini mah. ga singkron ama wowok si penyembah kuburan
Itu pas Wowo sujud di kuburan mbok dilangkahin emoticon-Malu
Udh jelas ngelangkahin, apa yg perlu dijelaskan? emoticon-Ngakak (S)
adab ziarah kubur : menyembah
Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim
Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim
tambahin ah
Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim
Diubah oleh cipokan.yuk
Cawapres koplak emang kelakuannya nyebelin?!
Karena tidak diarahkan.

Plis pak, itu makam. Seenggaknya hormatin, ente juga calonnya suatu hari nanti. Entah diarahkan atau tidak, entah itu siapa.

Kalau ente jd penghuni situ jg nggak bakal dihormatin banget makamnya. Sama aja.
kan yg dilangkahi tidak protes (maksud gerindra)
emoticon-Ngakak
Quote:


udah seimbang tuh, ada yg nyembah dan ada yg langkahiemoticon-Big Grin
hmmmm....
kalau si penghuni makamnya ndak keberatan ya monggolah.
mungkin jg kondisi yg membuat harus melangkahi bukan karena tidak menghormati
politik gak bermutu, isinya melemahkan lawan bukan merangkul dan menguatkan lawan.
Balasan post p.star7
Quote:


Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim

itulah gunanya ada ide ojek terbang berguna buat ziarah gini bisa terbang di atas makam

tapi apa daya .. yg ada baru jurus bango kampang emoticon-Leh Uga
Balasan post cipokan.yuk
Quote:


poto ini ga ditanggapin sama sekali oleh gerindra.
emoticon-Wkwkwk
brutal, tidak ada sopan santun
Balasan post klanmatahari
Quote:


gak usah munafik lo

kalo kowi melakukan hal yg sama pasti lo hujat juga
santri post islamist, ajaranya begitu
kalo jalan2 juga diajarin jangan pake kolor, biar emak2 gembelers horny
Balasan post klanmatahari
Quote:


Menguatkan lawan maksudnya gimana gan?
Quote:


jgn lupa yg enih
Sandi Langkahi Makam KH Bisri Syansuri, Ini Penjelasan Gerindra Jatim
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di