alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be6252ac1d77047698b4571/tol-pejagan-pemalang-beroperasi-trans-jawa-nyaris-usai

Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai

Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung (ketiga kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (keempat kanan), Menteri BUMN Rini Soemarno (kelima kanan) dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin (kedua kiri) memberikan sambutan saat peresmian tol Pejagan-
Proyek pembangunan jalan tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV di Tegal, Jawa Tengah, telah rampung. Ruas tol yang masuk dalam pengembangan Tol Trans Jawa tersebut mulai beroperasi usai diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Jumat (9/11/2018).

Seksi III terdiri dari ruas Brebes Timur-Tegal sepanjang 10,4 kilo meter (km) dan seksi IV dengan ruas Tegal-Pemalang sepanjang 26,9 km.

Peresmian operasional tersebut melengkapi Jalan tol Pejagan-Pemalang seksi I dan II yang telah diresmikan pengoperasiannya oleh Jokowi pada 16 Juni 2016. Ini artinya keseluruhan jalan tol Pejagan - Pemalang sepanjang 57,5 kilometer telah beroperasi.

Tol Pejagan-Pemalang terbagi menjadi empat seksi. Seksi I dan II Pejagan-Brebes Timur sudah beroperasi sejak 2016 dan menelan biaya mencapai Rp7,62 triliun. Sementara pembangunan Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer menelan investasi Rp7,5 triliun.

Jalan Tol Pejagan–Pemalang seksi III dan IV memiliki tiga Gerbang Tol (GT). Yakni GT Brebes Timur, GT Tegal, dan GT Pemalang. PT Waskita Transjawa Toll Road akan menjadi operator penuh dari Tol Pejagan-Pemalang ini.

Jokowi mengatakan, jalan Tol Trans Jawa dibutuhkan guna meningkatkan konektivitas di Pulau Jawa yang memiliki kontribusi lebih dari 50 persen bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Akses jalan tol dapat menurunkan biaya logistik sehingga meningkatkan daya saing Indonesia.

Ketersediaan jalan tol diarahkan untuk lebih mendorong perkembangan potensi ekonomi lokal di sepanjang koridor tol. Salah satunya dengan menyediakan sejumlah lapak (lot) bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tempat istirahat (rest area).

"Artinya bahwa yang ada di rest area itu bukan kayak yang dulu-dulu (produk-produk atau brand impor). Tapi betul-betul brand lokal, brand daerah, brand Indonesia," kata Jokowi dilansir dari Tempo.co, Sabtu (10/11).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, yakin terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol akan memberikan dampak bagi perekonomian.

Pertama, biaya logistik yang lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien. Hal itu juga kemudian akan diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakkan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa.

"Saya pun selalu menekankan kepada BUMN agar turut aktif dalam menangkap dan memaksimalkan setiap dampak positif dari kehadiran jalan tol," ujar Rini.
Tol Trans Jawa segera rampung
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek Tol Trans Jawa sepanjang 600 km akan tersambung sepenuhnya dari Merak hingga Surabaya pada akhir November 2018.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan konstruksi ruas Tol Salatiga-Kartasura sepanjang 32 km yang merupakan bagian dari Tol Semarang-Solo ditargetkan rampung pada November 2018.

Target tersebut dicanangkan agar Tol Trans Jawa dapat dilalui pada arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 92 persen.

"Insya Allah seluruh Tol Trans Jawa akan kita operasikan sebelum akhir Desember 2018, termasuk ruas Salatiga-Kartasura untuk mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019," kata Basuki dalam keterangan resmi yang dilansir Sabtu (9/11).

"Semua sudah operasional bukan fungsional lagi. Kemungkinan masih kita gratiskan hingga ditetapkan tarif definitifnya pada Januari 2019," lanjut Basuki.

Selain ruas Salatiga-Kartasura, Basuki menyatakan, ruas tol Trans Jawa lainnya yang rampung akan mulai dioperasikan secara bertahap hingga akhir Desember 2019 dengan jadwal peresmian yang tidak serentak.

Terkait pembangunan Jembatan Kali Kenteng yang menjadi titik kritis pada arus mudik Lebaran 2018, progres konstruksinya kini sudah 95 persen dan dalam tahap penyelesaian akhir.

Pekerjaan yang sedang dilakukan sekarang yakni pengecoran badan jembatan untuk kemudian dapat dilakukan uji beban.

Jembatan Kali Kenteng berada di Seksi 3 dan 4 tol Semarang-Solo, dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Solo Ngawi (PT JSN) memiliki panjang 496 meter dengan jumlah pilar sebanyak 13 buah dengan pilar tertinggi mencapai 40 meter.

Total tambahan panjang jalan tol di Indonesia ditargetkan bakal bertambah 1.854 km dalam rentang 2014-2019. Dari total 1.854 km jalan tol yang ditargetkan beroperasi, sampai saat ini sudah ada 240 km jalan tol yang beroperasi.
Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...wa-nyaris-usai

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras

- Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai Ancaman bakteri super pada 2050

- Tol Pejagan-Pemalang beroperasi, Trans Jawa nyaris usai Politik genderuwo ala Jokowi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di