alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be6144696bde6494e8b4589/sensor-lion-air-langkah-mundur-bupati-indramayu-dan-anomali-harga-beras

Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras

Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras
Petugas memeriksa turbin pesawat Lion Air JT 610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (7/11/2018).
Peristiwa seputar jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP masih menjadi agenda berita media sepanjang pekan ini (4 November - 9 November 2018). Namun, pemberitaan mulai bergeser ke arah penyelidikan pesawat berkode penerbangan JT610 rute Jakarta ke Pangkalpinang yang jatuh di di laut Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Menurut hasil penyelidikan awal Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Selasa (6/11), pesawat nahas Boeing 737 Max 8 yang digunakan Lion Air itu punya indikasi kesalahan data pada komponen indikator kecepatan udara.

Temuan KNKT menunjukkan ada kerusakan pada komponen sensor angle of attack (AOA). Kepala Subkomite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, Kamis (8/11) menuturkan kerusakan AOA terdeteksi saat pesawat yang sama digunakan untuk penerbangan Denpasar-Jakarta, 28 Oktober 2018 malam.

Sebelum terbang dari Denpasar, sensor AOA sudah diperbaiki dengan mengganti komponennya. Namun, penggantian itu malah menambah masalah lain. Tapi Nurcahyo tidak menjelaskan lebih lanjut masalah tersebut.

Menyusul temuan KNKT, Boeing Company dan otoritas penerbangan Amerika Serikat Federal Aviation Administration (FAA) -- yang selama ini menjadi standar bagi industri penerbangan di dunia -- mengeluarkan rekomendasi teknis.

Boeing, Rabu (7/11), mengeluarkan panduan yang harus dilakukan kru pesawat ketika sensor AOA bermasalah dalam Operational Manual Bulletin (OMB). Namun, Boeing enggan menjelaskan lebih detail apakah rekomendasi ini untuk semua pesawat 737 atau hanya 737 Max 8.

Dalam situsnya, Boeing menjelaskan bahwa AOA adalah sudut ruang yang dibentuk dari udara yang masuk (relative wind) dengan garis referensi (chord line) pada badan atau sayap pesawat. AOA akan menghasilkan gaya angkat pada pesawat.

Jika sudut yang diciptakan AOA terlalu lebar, maka sayap pesawat bisa stall (kehilangan daya angkat), meski mesin masih menyala. Risiko terbesar bagi pilot yang gagal mengenali dan/atau terlambat memperbaiki situasi ini adalah kehilangan kendali.

Stall terjadi bila AOA melebihi batas. Pada kokpit akan muncul suara peringatan "Stall" berulang jika Pilot tidak segera memperbaiki AOA. Stall pun bisa terjadi kapan saja.

Sedangkan FAA juga merilis perintah kelaikan udara (Airworthiness Directives/AD). Salah satu poin krusial dalam perintah itu adalah perbaikan prosedur operasional dari AFM (airplane flight manual) yang ditujukan bagi para kru pesawat.

Dalam rilis terbarunya, FAA menegaskan masalah sensor AOA yang tidak akurat bisa menyebabkan pilot kesulitan mengontrol pesawat dan membuat posisi hidung pesawat berubah, kehilangan kontrol terhadap ketinggian dengan signifikan, dan memungkinkan terjadinya benturan ke permukaan bumi (terrain).

Laporan The Washington Post menyebut, para penyelidik mencurigai kesalahan data pada komputer ini yang membuat pilot pesawat JT610 salah menginterpretasikan perintah dan menyebabkan kecelakaan terjadi.

Alhasil menurut Bloomberg, FAA kemungkinan besar akan meminta Boeing untuk mendesain ulang komponen maupun perangkat lunaknya setelah KNKT selesai menyelidiki jatuhnya JT610.
Bupati Indramayu mundur Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras
Anna Sophana meletakkan jabatan Bupati Indramayu, Jawa Barat.
Bupati Indramayu Anna Sophanah menyampaikan bakal mundur dari jabatannya. Keinginannya sudah disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan "Emil" Kamil.

Selasa (6/11), Emil mengatakan bakal meneruskan permintaan Anna Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Maklum, keputusan ada di tangan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Menurut Emil, Anna ingin mundur agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Jadi, "Jadi bukan urusan kedinasan," kata dia.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar, mengatakan pihaknya masih menunggu proses pengunduran diri Anna Sophanah di tingkat DPRD Indramayu, Jawa Barat.

Bahtiar menjelaskan, proses administrasi pengunduran diri kepala daerah sudah diatur Undang-Undang tentang Pemerintah Daerah. Alur mekanismenya, kata dia, surat pengunduran diri bupati diserahkan ke DPRD. Lalu Pimpinan DPRD akan mengadakan rapat paripurna terkait pengunduran diri tersebut.

Anna adalah bagian dinasti politik di kota pesisir tersebut. Bupati Indramayu sebelum Anna adalah Irianto MS Syafiuddin alias Yance, suaminya.

Sementara salah seorang anak mereka, Daniel Mutaqien Syafiuddin, duduk di DPR RI lewat Partai Golkar dari daerah pemilihan Jawa Barat VIII (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu).

Pada 2016, Yance dihukum penjara empat tahun dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan. Ia dinilai menggelembungkan ganti rugi tanah proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Sumuradem, Indramayu, sehingga merugikan negara hingga Rp5,2 miliar. Yance bebas bersyarat pada September lalu.

Tapi dalam kasus lain, terpidana korupsi dan pencucian uang Rohadi mengaku menyuap Anna dan Yance dengan sebuah mobil Pajero. Rohadi, mengaku menyuap dengan mobil Pajero untuk memperoleh izin pendirian Rumah Sakit Reysa di Indramayu.

KPK lalu memeriksa Anna, September 2016 lalu. "Yang bersangkutan diperiksa berkaitan dengan aset. Jadi ada dugaan ada pemberian dari R kepada yang bersangkutan," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, Selasa (20/9/2016). Kasus pencucian uang ini masih bergulir di KPK.
Anomali harga beras Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras
Pekerja mengangkut karung berisi beras stok Rasta/Raskin (beras untuk warga prasejahtera) di Gudang Bulog Serang, Banten, Kamis (8/11/2018).
Harga beras jenis medium merangkak naik sejak sebulan terakhir. Padahal stok beras jenis ini melimpah. Kenaikan harga di tengah stok yang banyak ini anomali.

Kenaikan harga membuat geram Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi "Buwas" Waseso. Pasalnya, menurut Buwas, Bulog masih memiliki stok beras berlimpah.

Sampai Kamis (8/11), stok beras Bulog mencapai 2,7 juta ton. Stok ini memenuhi kapasitas gudang Bulog. Bahkan dari 2,7 juta ton itu, ada 550 ribu ton disimpan di gudang luar Bulog.

Kemudian, selain akan meminta Satgas Pangan turun tangan, Bulog pun melakukan operasi pasar setiap hari dengan target 15 ribu ton per hari. Operasi pasar digelar untuk membuat stabil harga beras.

"Ada fenomena apa kok beras mahal, ada kenaikan. Padahal tidak ada alasan untuk naik. Karena memang seperti tadi, ini suplai banyak berlebihan tapi harganya merangkak naik. Nanti biar Satgas Pangan yang mengawasi," ujar Buwas.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman pun senada dengan Buwas untuk menurunkan tim Satgas Pangan. Amran menyatakan, anomali terjadi karena beras medium cenderung ditingkatkan menjadi jenis premium.

Ketua Satgas Pangan Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya telah mengendus kecurangan yang membuat harga beras makin mahal. Dia menuturkan ada dugaan beras tipe medium dijual dengan harga premium.

Setyo mengatakan beras premium yang dijual harus benar-benar berkualitas premium, bukan medium. "Sehingga tidak ada lagi yang menipu konsumen, kualitas medium tapi dijual premium. Kami koordinasikan dengan seluruh satgas di daerah," kata Setyo.
Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...li-harga-beras

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras Ancaman bakteri super pada 2050

- Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras Politik genderuwo ala Jokowi

- Sensor Lion Air, langkah mundur Bupati Indramayu, dan anomali harga beras Kisah tragis Tel; selamat di Vegas, tertembak mati di California



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di