alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
5 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be5e0f1947868217c8b457b/tradisi-unik-turun-menurun-warga-madura-tidur-beralaskan-pasir

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
©Liputan6
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir

emoticon-Wagelasehemoticon-Wagelasehemoticon-Wagelaseh

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir

Tidur adalah bagian kehidupan, dan kebutuhan wajib untuk mengembalikan energi saat kita selesai bekerja, karena merupakan kebutuhan pokok. Nah, kualitas tidur juga berpengaruh kepada kesehatan, tentunya tempat tidur wajib diperhatikan untuk kenyamanan dan meningkatkan kualitas tidur. Apa jadinya jika tempat tidur beralaskan pasir? Ini ada sebuah tradisi di Indonesia Loh!

Tradisi unik tidur dipasir yang ada di Madura ini, tepatnya di ujung Pulau Garam, Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur merupakan sebuah tradisi turun-temurun.

Jika masyarakat modern memilih rumah dengan tempat tidur nyaman berlapiskan seprai yang bersih dan lembut, berbeda dengan masyarakat Desa Legung yang memilih kasur pegas untuk alas tidur. Desa ini lebih dikenal dengan nama kampung pasir yang memiliki tradisi tidur di atas pasir.

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
©Liputan6
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
Memang terdengar aneh, tetapi itulah yang sebenarnya terjadi dan sudah menjadi kebiasaan warga sekitar untuk tidur di atas pasir. Kegiatan unik itu memang sudah menjadi tradisi turun-temurun bagi warga setempat.

Tradisi yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini tentu membuat banyak anak Desa Legung dilahirkan di atas pasir. Jika masyarakat lainnya menganggap bahwa pasir adalah sesuatu yang kotor dan menyimpan banyak kuman serta penyakit, nyatanya anggapan tersebut tidak berlaku bagi masyarakat yang tinggal di kampung pasir.

Manfaat tidur di atas kasur pasir
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
© Liputan6
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
Kasur pasir dianggap memiliki banyak manfaat yang tidak mungkin dapat dirasakan masyarakat perkotaan. Kasur unik itu juga dapat memberi kehangatan bagi tubuh ketika cuaca sedang dingin, sebaliknya jika cuaca panas kasur pasir akan terasa lebih dingin. Bahkan, kasur ini juga baik bagi peregangan tubuh lo.

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
©Liputan6
Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
Pasir yang digunakan sebagai alas tidur ini bukanlah sembarang pasir. Sebelum digunakan, warga memastikan betul bahwa pasir tidak menyimpan batu atau benda tajam dan benda berbahaya lainnya.

Pasir yang digunakan pun berasal dari sekitar Pantai Lombang dengan tekstur lembut, bersih, dan mengkilap. Bahkan bila pasir terkena tubuh dalam keadaan basah, pasir ini tidak akan lengket dan menempel pada bagian tubuh.

Setiap perumahan warga di Desa Legung ini pasti memiliki ruangan khusus untuk menempatkan kasur pasir di sana. Nah, apakah Gansis tertarik untuk mencoba tidur di atas kasur pasir?

Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir


Sumber : Link

Quote:


Quote:


Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir


Tradisi Unik Turun-menurun Warga Madura, Tidur Beralaskan Pasir
Diubah oleh BowoSan
Halaman 1 dari 2
Apa enak tidur dipasir ya? Heemmm.
emoticon-Takut

Gak takut kemasukan pasir kupingnya?
Namanya tradisi
pasir hangat mungkinemoticon-Wow
Warga disana mungkin gak ada yg pelihara kucing emoticon-Leh Uga
Kayak kucing
Yg ane tau orang madura itu doyan make gelang tangan segambrengemoticon-Ngakak
vangke, bayangin aja udah gatelemoticon-Busa
ga masuk kuping..emoticon-Confused
Coba yg punya kucing ekspor tuh ke situ,? Biar ada aroma terapi nya tuh pasir emoticon-Leh Uga
bisa gitu ya
Bahkan bila pasir terkena tubuh dalam keadaan basah, pasir ini tidak akan lengket dan menempel pada bagian tubuh.

Lah itu di foto terakhir anak tidur...tangan nya banyak nempel pasir emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Ye ane pernah nyampe ketempat ini breh,kwand ane dari legung
Ane pernah nih ke tempat ini tapi dulu banget, kasur hampir gak guna di sana cuma modal pasir pante doangemoticon-Hammer (S)
Jauhkan dari jangkauan kucing tetangga !
Quote:


Ente asli mana emang brey emoticon-Cendol Gan
pasir2 putih
Quote:


Asli bromo ane breeemoticon-Big Grin
Simbah temen ane asli madura.. dulu sering di ajakin mudik sama tetangga soalnya ane comel bingitemoticon-Big Grin
Quote:


Wah deket dong ama malang, cewek malang cantik2 gak brey emoticon-Big Kiss
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di