alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya
4.43 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be58830d9d770680f8b4588/quotvirallquot-nenek-nenek-pembuat-panel-surya

"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya



Tenaga Surya !! Sudah pasti tahu dong fungsinya untuk apa ? Ya menerangi bumi dengan pasokan listrik yang tersimpan lewat batere yang ditangkap oleh panel-panel tenaga surya.

"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya

Tenaga surya bukanlah hal baru dan saat ini terasa sudah menjadi barang umum, namun bagaimana dengan teknisinya yang bekerja adalah nenek-nenek ? Nampaknya itu baru luar biasa ya gan.

"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya

Hal ini terjadi di Madagascar, dengan banyaknya rumah penduduk yang belum teraliri listrik maka WWF mengadakan program untuk memperbaiki kehidupan disana. Mereka memberikan pendidikan para orang tua untuk berkarya menjadi teknisi untuk membuat rangkaian panel surya.

Jadi tentu saja hal itu sangat bermanfaat buat penduduk yang ada disana, dimana biasanya mereka hanya menggunakan penerangan dari hangatnya lilin, dan juga api obor serta rembulan di malam hari. Kini dengan adanya listrik kehidupan mereka di malam haripun lebih bercahaya, satu kata buat program ini adalah "amazing".

"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya

Memang panel surya yang dihasilkan hanya untuk menerangi satu desa saja, tapi hal ini sangat bermanfaat untuk mereka dimana banyak anak-anak bisa belajar di malam hari tanpa harus takut dengan gelap. Uniknya semua teknisi yang membuat panel surya tersebut adalah nenek-nenek , walau pemasangan di bantu kaum lelaki tapi tetap saja bila ada panel surya yang rusak maka mereka yang akan memperbaikinya.

Hal ini memberikan kita makna yang mendalam, tak perduli umur tak perduli juga gender, asal ada kemauan siapapun bisa berkarya. Bahkan sukses bukanlah milik orang yang berpendidikan tinggi saja, kesuksesan itu datang dari kemauan dalam diri kita sendiri. Ada kesempatan, kemauan, dan kerja keras sukses hanya tinggal waktu untuk mengiringi. Bahkan harusnya para pemuda itu malu, dimana mereka yang sudah tua mampu untuk berkarya, lalu anak muda sibuk mabok air rebusan pembalut ?

"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya

Begitu bodohnya pemuda kita, yang katanya pulau madagascar itu dihuni pertama kali oleh nenek moyang kita. Namun disana nenek-nenek saja bisa lebih berkarya di bandingkan negara ini yang banyak sekali hal yang lucu namun membuat masyarakat bingung dan tertawa geli.

Monggo yang mau coment yukklah ngupi dolo...

emoticon-coffee

c4punk@2018


Referensi

https://www.worldwildlife.org/storie...ble-revolution




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
di nusa tenggara juga ada kalo gak salah... ibu2 yg jagain baterai tenaga surya... semacam jadi teknisi sumber listrik tenaga surya di desanya. Bahkan sudah ditraining ke India.
Energi terbarukan emoticon-Wowcantik

Sinar Matahari terdiri dari partikel sangat kecil yang disebut dengan Foton. Ketika terkena sinar Matahari, Foton yang merupakan partikel sinar Matahari tersebut menghantam atom semikonduktor silikon Sel Surya sehingga menimbulkan energi yang cukup besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya... (Kutip dari teknikelektronika com)

emoticon-Big Grin ane jadi penasaran cara kerja solar cel
Mending nenek nenek bikin panel surya daripada muda mudi bikin 'wedang' rebusan pembalut.
emoticon-Najis
Jadi apa bae di jadiin viral..
emoticon-Hammer2
Quote:


"Virall" Nenek-Nenek Pembuat Panel Surya
Jahh Nol besar lagi, itu mah bukan bikin, gan emoticon-Cape d...
itu ngerakit listrik tenaga surya, bli2 tinggal tempel2 ame solder2.
gak ada yg bikin ndiri.
keren juga nih nenek nenek
Quote:


Iya gan keren dripada yg diatas ente bisanya kritik doank emoticon-Big Grin tapi karyanya nol besar emoticon-Embarrassment
Gokil nih nenek nenek emoticon-Big Grin

CENDOLIN ANE DONG
Ada yang membimbing itu, sel surya mahal banget masihan.
Iya sih dari foto nampaknya tinggal merakit.

Foto pertama itu yang dirakit nampaknya rangkaian tambahan, soalnya keluaran sel surya itu kan arus DC jadi dialirkan ke baterainya. Nah itu mungkin perangkat tambahan penghubung antara Lembaran sel surya dengan baterai berupa kotak panelnya mungkin, kayaknya pake baterai elemen basah alias aki.

Foto kedua...emmm seperti bikin potentio yang mungkin ada hubungannya juga dengan besarnya intensitas listrik berupa banyaknya daya yang dijeluarkan (satuan watt). Nah mungkin ada hubungannya dengan inverternya.

Patut diaprisiasi, indo kan juga bagus dipasang di daerah khatulistiwa. Cuman ya itu kalau mau efeknya mirip listrik 220 V AC PLN kudu nyiapin lapangan gede nan isinya sel surya berjejer karena efesiensi listrik yang dihasilkan tidak besar serta butuh baterei. Selain itu dari baterei harus dikonversi lagi pake inverter biar bisa digunain ke peralatan2 rumah yang listriknya AC.

Nunggu bbm harganya selangit2nya, kan harga sel surya mulai murah lama2.
Diubah oleh floriantito
sugoii
intinya sih niat nya ada dan dia punya panel surya , lah gw disini masih pln , asal mati lampu uda berserak aja sumpah'' in pln emoticon-Wakaka
dari pada nenek disini oplas trus ngakunya digebukin...eaaa
suryadi emang gokil
kakek2 disana ngapain?
Wah keren gan.. sudah nenek-nenek tapi masih berkarya emoticon-Matabelo
viral??
viral dimana?
judul kaskus doang.
Nice emoticon-Recommended Seller Super Grandma emoticon-Wow
Bagus nih kalo Budhe-Budhe & Emak-Emak calon Nenek-Nenek studi banding ke sana emoticon-Jempol
sip. canggih ya
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di